SOAL TULANG DAN PERSENDIAN

1.    Perhatikan gambar berikut!



 a. Apa nama sendi yang ditunjukkan oleh gambar tersebut?

b. Bagaimana arah gerakan sendi tersebut?

c. Dimana letak persendian tersebut? 

 

2.    Pak Andi melakukan pemeriksaan di rumah sakit khusus tulang. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa tulang Pak Andi mengalami kerusakan. Kerusakan terjadi pada selaput tulang yang menyebabkan sel-sel tulang mati dan mengering. Berdasarkan hasil pemeriksaan, pak Andi didiagnosis menderita penyakit nekrosis. Menurut Anda, benarkah hasil diagnosis tersebut?, Berikan alasannya!

 

JAWAB

1.     

A.   Sendi Engsel

B.   Sendi engsel adalah tipe sendi yang mempunyai gerakan satu arah, ke depan atau ke belakang seperti engsel pintu. Sendi engsel memiliki ruang gerak yang lebih sempit dibandingkan sendi peluru.

C.   Sendi engsel ada pada tulang lutut dan siku.

 

2.    Nekrosis (dari bahasa yunani νέκρωσις "kematian, tahap kematian, tindak pembunuhan" dari νεκρός "mati") adalah bentuk cedera sel yang mengakibatkan kematian prematur sel-sel pada jaringan hidup dengan autolisis.

Nekrosis disebabkan oleh faktor-faktor eksternal sel atau jaringan, seperti infeksi, racun, atau trauma yang mengakibatkan pencernaan tidak teratur komponen-komponen sel.

Pak Andi memliki gejala yang dapat diyakini sebagai penyakit nekrosis, singkatnya jika periosteum rusak, suplai makanan terhenti dan sel-sel akan mati. Sehingga Pak Andi dapat dikatakan menderita penyakit nekrosis.



Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "SOAL TULANG DAN PERSENDIAN "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel