Laporan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung,

 


PENGESAHAN LAPORAN PPL

Laporan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, yang di laksanakan dari tanggal 06 Oktober 2020 sampai dengan tanggal 16 November 2020 di SMA Negeri 1 Bandar Lampung oleh kelompok 01 dengan nama-nama mahasiswa sebagai berikut :

Nama

NPM

Jurusan

Setelah diteliti dan periksa hasil laporan dimaksud, maka laporan tersebut dapat diserahkan ke Panitia Pelaksana kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL).




Bandar Lampung,  November 2020

Dosen Pembimbing Lapangan









DINAS PENDIDIKAN KOTA BANDAR LAMPUNG

SMAN 1 BANDAR LAMPUNG

JL. Jenderal Sudirman Telp/Fax. 0721 - 252190 Tanjung Karang

Bandar Lampung

NPSN : 10807020                STATUS TERAKREDITASI     NSS : 30112605001


SURAT KETERANGAN MELAKSANAKAN TUGAS

Nomor :


Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala Sekolah Menengah Atas Bandar Lampung, menerangkan bahwa:

1.








2.




3.




4.




5.




6.




7.




8.




9.




10.




11.




12.




13.





Telah melaksanakan praktek pengalaman lapangan (PPL) di SMAN 1 Bandar Lampung, selama 40 hari, sejak tanggal 6 oktober 2020 sampai tanggal 16 November 2020 secara luring dan daring.


Demikian surat keterangan ini di buat, untuk dapat di pergunakan sebagaimana mestinya. 


Bandar Lampung,  November 2020 

Kepala Sekolah SMA N 1 Bandar Lampung























KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr. Wb 

Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT, Sang Pemilik dunia dan seisinya, tiada Tuhan selain Allah dan hanya kepada-Nya lah kita patut memohon dan berserah diri. Hanya karena nikmat kesehatan dan kesempatan dari Allah lah penyusun dapat melaksanakan semua kegiatan PPL serta menyelesaikan laporan PPL ini. Shalawat selalu kita haturkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW.

Penyusun meyadari bahwa keberhasilan dalam menyelesaikan laporan ini tidak lepas dari bantuan, bimbingan dan dorongan berbagai pihak. Oleh karena itu penyusun mengucapkan banyak terimakasih kepada :

  1. Allah SWT yang telah memberikan kehidupan, keselamatan dan kesehatan baik jasmani maupun rohani.

  2. Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan, dan panutan bagi umat manusia. 

  3. Orang Tua saya yang telah memberikan motivasi dan dukungannya sehingga saya dapat menyelesaikan laporan PPL ini.

  4. Bapak Prof. Dr. H. Moh. Mukri, M. Ag selaku rektor UIN Raden Intan Lampung.

  5. Seluruh panitia pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) 2020 UIN Raden Intan Lampung.

  6. Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Dr. Nanang Supriadi, M.sc, yang telah memberi arahan dan bimbingan selama melaksanakan PPL. 

  7. Bapak Drs. Hi. Ngimron Rosadi, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMA N 1 Bandar Lampung yang telah memberikan kesempatan dan fasilitas selama melaksanakan kegiatan PPL.

  8. Bapak Rudiyanto, S.Pd selaku Koordinator Guru Pamong di sekolah yang telah mengkoordinir kegiatan PPL. 

  9. Siswa-siswi SMA N 1 Bandar Lampung  yang berkenan menerima kami.

  10. Teman-teman PPL kelompok 1, terimakasih atas kerjasama nya.

  11. Semua pihak yang telah ikut membantu kesuksesan kegiatan PPL yang tidak mungkin disebutkan satu persatu.

Atas dukungan, kerjasama, dan partisipasi dalam melaksanakan PPL, penulis mengucapkan terimakasih. Dan dalam penulisan laporan ini , penulis menyadari banyak kekurangannya, untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi sempurna nya laporan ini. Semoga laporan ini akan bermanfaat bagi kita semua. Aamiin. 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Bandar Lampung, 16  November 2020 

Penulis 














DAFTAR ISI

halaman 

HALAMAN JUDUL i

HALAMAN PENGESAHAN ii

SURAT KETERANGAN MELAKSANAKAN TUGAS ii

KATA PENGANTAR iv

DAFTAR ISI v

DAFTAR LAMPIRAN


BAB I PENDAHULUAN 

  1. PROFIL SMA N 1 Bandar Lampung

  1. Sejarah SMA N 1 Bandar Lampung 1

  2. Visi dan Misi SMA N 1 Bandar Lampung 4

  3. Letak Geografis SMA N 1 Bandar Lampung 5

  1. DATA TENAGA PENGAJAR 

  1. Nama Guru, Pendidikan Terakhir, PT, dan Bidang Studi/Mapel 5

  2. Tugas Tambahan 9

  1. DATA JUMLAH SISWA 

  1. Data Jumlah Siswa Antar Tahun  10

  2. Data Jumlah Siswa Sekarang 11

  1. DATA SARANA DAN PRASARANA 

  1. Sarana Gedung 11

  2. Sarana Fasilitas Belajar 11

  3. Sarana Penunjang 11

  1. KONDISI OBYEKTIF SEKOLAH/MADRASAH 

  1. Kondisi intern madrasah/sekolah 12

  2. Kondisi ekstern madrasah/sekolah 13


BAB II PROGRAM KERJA PPL 

  1. PERSIAPAN 14

  1. Pemberangkatan dan Perkenalan 14

  2. Observasi kegiatan sekolah/madrasah 14

  3. Koordinasi dengan guru pamong 14

  4. Penjadwalan program kegiatan PPL 14

  1. PELAKSANAAN KEGIATAN 

  1. Kegiatan Peserta PPL di Intra sekolah/madrasah 15

  1. KEGIATAN AKHIR PPL 15


BAB III LAPORAN KEGIATAN DAN PENYAJIAN DATA PPL 

  1. LAPORAN PERSIAPAN 16

  1. Pemberangkatan dan Perkenalan 16

  2. Observasi kegiatan sekolah/madrasah 16

  3. Koordinasi dengan guru pamong 18

  4. Penjadwalan program kegiatan PPL 18

  1. LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN 

  1. Kegiatan Peserta PPL di Intra sekolah/madrasah 22

  1. LAPORAN KEGIATAN AKHIR PPL 24


BAB IV KESIMPULAN, SARAN DAN PENUTUP 

  1. KESIMPULAN 27

  2. SARAN 28

  3. PENUTUP 29


LAMPIRAN-LAMPIRAN 







DAFTAR LAMPIRAN

  1. RPP

  2. Fotocopy Rekapitulasi Nilai

  3. Format Penilaian dari Guru Pamong

  4. Dokumentasi Kegiatan Peserta PPL 

  5. Jurnal kehadiran

  6. Absensi Mahasiswa PPL
















BAB I

PENDAHULUAN

  1. PROFIL SEKOLAH 

  1. Sejarah 

Tanjung karang adalah sebuah kota kecil yang merupakan pusat pemerintahan kepresidenan Lampung sampai dengan tahun 1964 masih merupakan bagian dari provinsi Sumatra Selatan. Sejalan dengan perkembangan zaman, kepresidenan lampung berubah status menjadi daerah suantara tingkat satu Lampung/dawati 1 Lampung (pada saat disebut provinsi lampung). Berdasarkan peraturan pemerintah pengganti Undang-undang Perpu No.3 tahun 1964 tersebut kota tanjung karang teluk betung ditetapkan sebagai ibu kota provinsi lampung, dan kota ini pada tahun 1950 telah berdiri suatu lembaga pendidikan swasta yang bernama yayasan Pendidikan Rakyat (YPR) yang diketuai oleh bapak Mr. gillie Haroen yang waktu itu menjabat sebagai Residen Lampung. Yayasan Pendidikan Lampung merupakan pengelola pendidikan tingkat atas diprovinsi Lampung dan merupakan cikal bakal berdirinya SMA ABC atau saat ini lebih dikenal dengan SMA Negeri 1 Bandar Lampung. 

Setelah terbentuknya Lembaga Pendidikan Swasta Tingkat Atas (SMA Swasta) pada tahun 1950, kemajuan yang dicapai YPR dalam membina pendidikan dari tahun ketahun semakin meningkat. Oleh karna itu, lembaga pendidikan tersebut ditingkatkan statusnya menjadi Lembaga Pendidikan Negeri dan pada tanggal 22 mei 1953 dilakukan peletakan batu pertama pembangunan SMA ABC tersebut oleh Bapak Gillie Haroen.

Pada tahun 1953, pembangunan gedung SMA ABC selesai. Saat itu ditunjukanlah Kepala Sekolah yang pertama yaitu bapak Ismangoen, seorang putra kelahiran Purwodadi Jawa Tengah. Beliau memimpin SMA ABC selama 12 tahun yaitu dari tahun 1953-1965.

Setelah Bapak Ismangoen pindah tugas dari SMA ABC, jabatan Kepala Sekolah selanjutnya dipercayakan kepada Bapak Yansen Nadapdap, seorang putra kelahiran Sumatra Utara. Kepemimpinan  beliau cukup baik, ini terbukti ketika beliau mengabdikan dirinya selama 8 tahun, yaitu dari tahun 1965-1973. Pada masa kepemimpinan Bapak Yansen Nadapdap telah terjadi perubahan nama Sekolah yang semula bernama SMA ABC menjadi SMA Negeri Tanjung Krang. Pada masa kepemimpinan Bapak Yansen Nadapdap tahun 1965 SMA Negeri Tanjung Karang dipecah menjadi  dua bagian yaitu : SMA Negeri 1 Tanjung Karang yang dipimpin oleh Bapak Yansen Nadapdap dan SMA Negeri 2 Tanjung Karang yang dipimpin oleh Drs. Hi. Thabrani Daud. Selanjutnya estafet kepemimpinan SMA Negeri 1 Tanjung Karang bergilir kepada Bapak Soetardjo, seorang pendidik yang berprestasi tinggi yang tidak kenal lelah dalam memajukan anak didiknya. Meskipun masa baktinya hanya 7 tahun yaitu 1973-1980.

Keberhasilan Bapak Soetardjo dalam memimpin SMA Negeri 1 tanjung Karang ini dilanjutkan oleh Bapak Soeroto. Beliau memimpin SMA Negeri 1 Tanjung Karang selama 12 tahun yaitu dari tahun 1980-1992. Kepemimpinan beliau merupakan kepemimpinan terlama setelah bapak Ismangoen.

Pada periode selanjutnya, jabatan kepala SMA Negeri 1 Bandar Lampung dipercayakan kep ada Bapak Hi. Thabrani Dalil. Beliau adalah seorang putra terbaik dari Kabupaten Lampung Barat, dan juga pernah mengukir sejarah SMA Negeri 1 BandarLampung selama 4 tahun, sebagai kepala sekolah periode 1992-1995.

Selanjutnya, Bapak Hi. Akbar Makki Siuni, menjabat sebagai Kepala SMA Negeri 1 Bandar Lampung periode 1995-2002 selama lebih kurang 7 tahun. Beliau mencurahkan segala kemampuan  demi kemajuan anak didik dan sekolah yang beliau  pimpin. Dalam periode kepemimpinannya inilah nama SMA Negeri 1 Bandar Lampung kembali mengubah nama untuk yang keenam kalinya menjadi SMU Negeri 1 Bandar Lampung. 

Kemudian berdasarkan surat Keputusan Bapak Walikota Bandar Lampung No.821.29.4/01/25/2002 tanggal 19 Juni 2002 tentang pengangkatan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 bndar Lampung, maka sejak saat itulah terjadi estafet kepemimpinan untuk yang ketujuh kalinya. Kepemimpinan SMA 1 Bandar Lampung kemudian dipercayakan kepada Drs.M. Ilyas effendi,M.M. beliau adalah alumni FKIP Universitas Sriwijaya (UNSRI) tahun 1985 dan menyelesaikan studi S2 Jurusan Ekonomi STIE Widjaya Jakarta pada tahun 2000. Pada periode kepemimpinan beliau inilah kembali berubah nama menjadi SMA Negeri 1 Bandar lampung.

Selanjutnya berdasarkan surat keputusan 3 Desember 2004 perihal pengangkatan Kepala SMA Negeri 1 Bandar Lampung, maka kepemimpinan SMA Negeri 1 Bandar lampung dipercayakan kepada Drs. Hi. Ahyauddin. Beliau adalah Alumni FKIP UNILA Jurusan  Ilmu pengetahuan social Program Studi Akuntansi tahun 1988. Meski usianya dalam memimpin SMA Negeri 1 Bandar Lampung hanya 1 tahun 2 bulan, namun strateginya dalam membangun anak didiknya tidak  dapat dianggap dengan mudah. Hal ini jelas terbukti dari meningkatnya disiplin siswa dan guru dalam kegiatan mengajar. Pada masa kepemimpinan beliau ini juga telah berlaku kurikulum baru yaitu kurikulum Berbasis kompetensi.

Kemudian pada tahun 2006-2007 kepemimpinan SMA Negeri 1 Bandar lampung dipercayakan kepada Ali Imron, M.Sc.  Dan di tahun 2007 kepemimpinan SMA Negeri 1 Bandar lampung dipegang oleh Bapak Hi. Badruzzaman, S.Pd.,MM.Pd. Sejak Berdiri Hingga sekarang, SMA Negeri 1 Bandar Lampung telah mengalami pergantian Kepala Sekolah, Yaitu :

PERIODE

NAMA

TAHUN

I

ISMANGOEN

1953-1965

II

YANSEN NADAPDAP

1965-1973

III

SOETARDJO

1973-1980

IV

SOEROTO

1980-1992

V

Hi. THABARANI DALIL 

1992-1995

VI

Hi. AKBAR MAKKI SIUNI

1995-2002

VII

Drs. M.ILYAS EFFENDI,M.M.

2002-2005

VIII

Drs. Hi.AHYAUDDIN

2005-2006

IX

ALI IMRON,M.Sc.

2006-2007

X

Hi. BADRUZAMAN.S.Pd,MM.Pd 

2007-2016

XI

TRIYATMO, S.Pd., M.Pd.

2016-2020

XII

Drs. Hi. NGIMRON ROSADI., M. Pd

2020-sekarang

Tabel 1.1 Data kepala sekolah


  1. Visi dan Misi

Adapun visi dan misi yang ada di SMA Negeri 1 Bandar Lampung yaitu sebagai berikut:

  1. Visi 

Visi Sekolah yaitu Menjadi Sekolah yang BERTAQWA, TERAMPIL dan BERMUTU Menuju PRESTASI.

Indikator Visi tersebut adalah :

  1. Unggul dalam etika keagamaan 

  2. Unggul dalam disiplin

  3. Unggul dalam bidang pembelajaran

  4. Unggul dalam bidang akademik dan perolehan nilai UN

  5. Unggul dalam kegiatan ekstra kurikuler

  6. Tercapainya suasana kerja yang kondusif antara warga sekolah

  7. Terciptanya kesejahteraan guru dan karyawan

  1. Misi 

Misi Sekolah yaitu :

  1. Meningkatkan semangat bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa

  2. Meningkatkan kedisiplinan guru, karyawan dan siswa

  3. Menciptakan situasi belajar yang kondusif, efektif dan inovatif

  4. Mengembangkan bahan ajar untuk semua mata pelajaran

  5. Mencakupi sarana/prasarana yang menunjang kegiatan belajar mengajar

  6. Meningkatkan koleksi buku di perpustakaan

  7. Meningkatkan perolehan nilai UN rata-rata 0,5 pertahun

  8. Meningkatkan dan mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler

  9. Meningkatkan kerjasama dengan masyarakat, komite sekolah, pengusaha, tenaga professional dan instansi terkait

  10. Terlaksananya dengan baik program pelaksanaan KTSP bagi siswa kelas X dan XI 

  11. Mewujudkan siswa mampu berbahasa inggris aktif lisan maupun tulisan

  12. Mewujudkan siswa mampu mengoperasikan computer dan pemanfaatan Internet

  1. Letak Geografis

Keadaan Geografis SMA Negeri 1 Bandar Lampung dalam keadaan baik. Letak sekolah tersebut sangat strategis yaitu di Jln. Sudirman No.41, sehingga transportasi tidak menjadi hambatan bagi siswa SMA Negeri 1 Bandar Lampung. Selain itu, di sekitar SMA Negeri juga terdapat beberapa sekolah seperti SMP, SMA, dan SMK Utama yang tergabung dalam rumpun yayasan, dan juga terdapat SMP N 1 Bandar Lampung dan Madrasah.


  1. DATA TENAGA PENGAJAR

Berdasarkan survei mahasiswa PPL terkait data tenaga pengajar bahwasanya di SMA Negeri 1 Bandar Lampung terdapat 63 tenaga pengajar. Data tenaga pengajar sebagai berikut :

  1. Nama Guru, Pendidikan Terakhir, PT, dan Bidang Studi atau Mapel


No

Nama / Mata pelajaran

NIP

Jabatan

1.

Drs. Hi. Ngimron Rosadi, M.Pd 

19670910 199403 1 001

Kepala Sekolah 

2.

Muh Farid, M.Pd


Waka kesiswaan  

3.

Rudiyanto, M.Pd

19670322198811100

Waka Kurikulum

Pendidikan Agama Dan Budi Pekerti

1.

Nelia Selta, S.Pd.I

195811251981012002

Guru

2.

Yanwinata, M.Pd.I

198601272011011009

Guru

3.

Erik Novianto, M.Pd.I

GTT

Guru

4.

Aris Munandar, S.Pd

GTT

Guru

5.

Drs. R. Tikto Srihartono

GTT

Guru

6.

Godwill Siahaan

GTT

Guru

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

1.

Dra. Herida, M.Pd

195908081984032004

Guru

2.

Dra. Suri Dirmiyati

196702241995122001

Guru

3.

Septi Andria, M.Pd

198601272011011009

Guru

Bahasa Indonesia

1.

Dra. Mudiasri Trikastini

195911221983022002

Guru

2.

Dra. Hernaini, M.Pd.

196207111992032004

Guru

3.

Karneli, S.Pd

196902222000072001

Guru

4.

Reliani, M.Pd

GTT

Guru

Matematika dan Matematika Lintas Minat (Kelas Teori)

1.

Hi.Teguh Budi S, M.Pd

195911241981031003

Guru

2.

Rudiyanto, S.Pd

196703221988111001

Guru

3.

Hi. Kiagus Suprianto, S.Pd

196905151991031007

Guru

4

Sutarmi, S.Pd., M.M

196904102006042014

Guru

5.

Dona Rani Maninja, S.Si

198601272010012008

Guru

6.

Hani Ervina Pansa, S.Pd

GTT

Guru

7.

M. Zakiyan Fadlen, S.Pd

GTT

Guru

Sejarah Indonesia dan Sejarah Indonesia Lintas Minat (Kelas Teori)

1.

Dra. Anggraini

196002271987022001

Guru

2.

Dra. Nurul Munawaroh

196602021994122003

Guru

3.

Dra. Siti Sa'adah, M.Pd

196011291980102001

Guru

4.

Endri Yunita, S.Pd

198707012011012006

Guru

Sejarah Indonesia Lintas Minat (Kelas Teori)

1.

Dra. Anggraini

196002271987022001

Guru

2.

Dra. Siti Sa'adah, M.Pd

196011291980102001

Guru

3.

Endri Yunita, S.Pd

198707012011012006

Guru

Bahasa Inggris

1.

Hj. Teti Hernawati, M.Pd

196907221996022001

Guru

2.

Dra. Kastiani

196102041989012001

Guru

3.

Dra. Dewi Aluna

196604151994122002

Guru

4.

Rima Roylitha, S.Pd

198002062011012003

Guru

Biologi

1.

Budi Susilo, S.Pd., Mm

196610091988111002

Guru

2.

Tri Maydhanigsih, S.Si

197305042006042015

Guru

3.

Nani Suryani, S.Pd

197912212006042013

Guru

Biologi Lintas Minat (Kelas Teori)

1.

Tri Maydhanigsih, S.Si

197305042006042015

Guru

2.

Nani Suryani, S.Pd

197912212006042013

Guru

Fisika dan Fisika Lintas Minat (Kelas Teori)

1.

Drs. Buyung Sukandar

195903241988021001

Guru

2.

Tri Septiani, S.Pd

197909222003122003

Guru

Kimia

1.

Muh Farid, S.Pd

196304161986011003

Guru

2.

Dra. Hardaliana

196610221995012001

Guru

3.

Diah Eko Ermi Wanti, S.Pd

197205081998032009

Guru

Kimia Lintas Minat (Kelas Teori)

1.

Diah Eko Ermi Wanti, S.Pd

197205081998032009

Guru

Ekonomi dan Ekonomi Lintas Minat (Kelas Teori)

1.

Dra. Hj. Ernani Juita Suri

19611212198503 2003

Guru

2.

Linda Krisnawati, M.Pd

19701017199903 2003

Guru

Sosiologi

1.

Camelia W., S.Sos., M.Pd

GTT

Guru

2.

Laelatun Hermaini K, S.Sos

GTT

Guru

Geografi

1.

Dra. Hj. Nurmalawati, M.Pd

196211211990022001

Guru

2.

Mertha Panca Diana Kesuma, S.Pd

198403162011012004

Guru

Geografi Lintas Minat (Kelas Teori)

1.

Mertha Panca Diana Kesuma, S.Pd

198403162011012004

Guru

Seni Budaya

1.

Beni Bertiana, S.Pd

197210232003122002

Guru

2.

Suci Fitri, S.Sn

198308112011012002

Guru

Pendidikan Jasmani, Olah Raga & Kes

1.

Drs. Hi. Syufni Rizal

196409161991031007

Guru

2.

Andre Hari Wibowo, S.Pd

198706132011011003

Guru

3.

Bakti Irawan, S.Pd

GTT

Guru

Prakarya Dan Kewirausahaan

1.

Nani Suryani, S.Pd

197912212006042013

Guru

2.

Dra. Hardaliana

196610221995012001

Guru

3.

Dra. Hj. Ernani Juita Suri

196112121985032003

Guru

4.

Prajna Paramita Sari, S.Pd

GTT

Guru

5.

Tri Septiani, S.Pd

197909222003122003

Guru

6.

Neti Herawati, S.Kom

GTT

Guru

Bahasa Dan Sastra Jerman Lintas Minat (Kelas Teori)

1.

Yulanda Aprilia, S.Pd

198404022010012015

Guru

Muatan Lokal / Seni Tradisional / Bahasa Daerah

1.

Beni Bertiana, S.Pd

197210232003122002

Guru

2.

Suci Fitri, S.Sn

198308112011012002

Guru

3.

Suhada, S.Pd

GTT

Guru

4.

Neli Sukanti, S.Pd

GTT

Guru

5.

Nelia Selta, S.Pd.I

GTT

Guru

Bimbingan Dan Penyuluhan (Bp/Bk)

1.

Dra. Ety Rahmawaty

196304111987022001

Guru

2.

Hj. Yulina Nur, S.Pd

196107061986032003

Guru

3.

Dra. Wartini

196610101993032006

Guru

4.

Elda Listyawatie, S.Pd

196206012014072001

Guru

Bimbingan Dan Pelayanan Teknik Informatika

1.

Supadi, S.Kom., M.T.I

197810032011011002

Guru

2.

Neti Herawati, S.Kom

GTT

Guru

Tabel 1.2 Data Tenaga Pengajar

  1. Tugas Tambahan

No.

Nama

Tugas Tambahan

1.

Muh Farid, M.Pd

Waka Kesiswaan

2.

Rudiyanto, M.Pd

Waka Kurikulum

3.

Ernani Juita Suri

Wali Kelas X IPS 1

4.

Yulanda Aprilia

Wali Kelas X IPS 2

5.

Budi Susilo

Wali Kelas X MIPA 1

6.

Tri Septiani

Wali Kelas X MIPA 2

7.

Andre Hari Wibowo

Wali Kelas X MIPA 3

8.

Suri Dirmiyati

Wali Kelas X MIPA 4

9.

Nani Suryani

Wali Kelas X MIPA 5

10.

Septi Andria

Wali Kelas XI IPS 1

11.

Camelia Widasari

Wali Kelas XI IPS 2

12.

Mertha Panca Diana Kesuma

Wali Kelas XI IPS 3

13.

Dona Rani Maninja

Wali Kelas XI MIPA 1

14.

Teti Hernawati

Wali Kelas XI MIPA 2

15.

Karneli

Wali Kelas XI MIPA 3

16.

Dewi Aluna

Wali Kelas XI MIPA 4

17.

Suci Fitri

Wali Kelas XI MIPA 5

18.

Syufni Rizal

Wali Kelas XII IPS 1

19.

Nurul Munawarokh

Wali Kelas XII IPS 2

20.

Tri Maydhaningsih

Wali Kelas XII MIPA 1

21.

Yanwinata

Wali Kelas XII MIPA 2

22.

Hernaini

Wali Kelas XII MIPA 3

23.

Beni Bertiana

Wali Kelas XII MIPA 4

Tabel  1.3 Data Tugas Tambahan


  1. Staf Tata Usaha (TU)

Jumlah tenaga tata usaha 20 orang, dengan rincian yang terdiri dari :

  1. 9 Pelaksana Tata Usaha

  2. 3 Orang Honor Tata Usaha

  3. 2 Orang Pesuruh Sekolah

  4. 1 Orang Petugas Kebersihan

  5.  Orang Penjaga Sekolah

  6. 3 Orang Tenaga Satpam

Tenaga-tenaga administratif ini telah dibekali dengan berbagai kemampuan dibidang yang relevan sebagai tenaga administratif.Sebagai tenaga pelayanan administratif mereka dituntut untuk memberikan kemampuan yang dimilikinya dengan maksimal dan mengutamakan kenyamanan dalam pelayanan.


  1. DATA JUMLAH SISWA

  1. Data Jumlah Siswa Antar Tahun

No

Tahun Ajaran

Jumlah Siswa

Total

Kelas X

Kelas XI

Kelas XII

1.

2014/2015

220

234

237

691

2.

2015/2016

292

230

232

754

3.

2016/2017

310

327

236

873

4.

2017/2018

204

305

238

747

5.

2018/2019

223

216

295

734

6.

2019/2020

284

233

216

733

Tabel 1.4 Data Jumlah Siswa Antar Tahun


  1. Data Jumlah Siswa Sekarang

No

Kelas

Jumlah

1.

X MIPA 1

36 Orang

2.

X MIPA 2

36 Orang

3.

X MIPA 3

36 Orang

4.

X MIPA 4

36 Orang

5.

X MIPA 5

36 Orang

6.

X IPS 1

36 Orang

7.

X IPS 2

36 Orang

8.

X IPS 3

36 Orang

9.

XI MIPA 1

32 Orang

10.

XI MIPA 2

32 Orang

11.

XI MIPA 3

32 Orang

12.

XI MIPA 4

31 Orang

13.

XI MIPA 5

34 Orang

14.

XI IPS 1

36 Orang

15.

XI IPS 2

36 Orang

16.

XII MIPA 1

36 Orang

17.

XII MIPA 2

36 Orang

18.

XII MIPA 3

36 Orang

19.

XII MIPA 4

36 Orang

20.

XII IPS 1

36 Orang

21.

XII IPS 2

36 Orang

Total

737 Orang

Tabel 1.5 Data Jumlah Siswa


  1. DATA SARANA DAN PRASARANA

Adapun data sarana dan prasarana yang ada di SMAN 1 Bandar Lampung yaitu sebagai berikut:

Keadaan Fisik

Permanen/Semi Permanen

Luas Tanah/Bangunan

: 5525/3232 M2

Jenis Ruang

: Sekolah/Tempat Pendidikan 

Ruang Kepala Sekolah 

: 1 Ruang 

Ruang Guru 

: 1 Ruang 

Ruang KTU/TU

: 2 Ruang 

Ruang Perpustakaan 

: 1 Ruang 

Ruang Lab. Komputer 

: 1 Ruang 

Ruang Lab. Internet

: 1 Ruang 

Ruang Lab. Fisika

: 1 Ruang 

Ruang Lab. Kimia

: 1 Ruang 

Ruang Lab. Biologi

: 1 Ruang 

Ruang Lab. Bahasa 

: 1 Ruang 

Ruang BP/BK

: 1 Ruang 

Ruang Belajar 

: 19 Ruang 

Ruang OSIS

: 1 Ruang 

Ruang WC Siswa

: 7 Ruang 

Kamar Mandi 

: 4 Ruang 

Masjid

: 1 Ruang 

Ruang Media 

: 1 Ruang 

Ruang Seni

: 1 Ruang 

Ruang Multi Guna 

: 1 Ruang 

Tabel 1.6 Sarana dan Prasarana


  1. KONDISI OBYEKTIF SEKOLAH 

  1. Kondisi Intern Sekolah

Kondisi internal di SMAN 1 Bandar Lampung:

  • SMAN 1 memiliki visi misi yang sudah jelas sebagai tujuan sebuah lembaga didirikan.

  • Struktur organisasi yang ada di SMAN 1 sudah di atur dan di kelolah dengan baik serta, penempatan para tenaga pendidik dan staf pegawai di tempatkan sesuai posisi dan tugasnya.

  • Komunikasi terjalin dengan baik antara kepala sekolah, guru, pegawai, dan siswa sehingga terciptanya rasa kekeluargaan di dalamnya.

  • SDM yang ada dalam sekolah dikelolah dengan baik oleh pihak lemabaga sekolah.

  • Motivasi kerja SDM di SMAN 1 masih memiliki tingkat profesionalisme yang berbeda-beda sehingga pencapaian tujuan lembaga menjadi terhambat.

  1. Kondisi Ekstern Sekolah

Kondisi eksternal di SMAN 1 Bandar Lampung :

  • Kebijakan pemerintah mengenai sistem zonasi menguntungkan sekolah sebab tidak banyak sekolah menengah kejuruan yang ada di kecamatan panjang, sehingga peminat dari sekitar kecamatan panjang cukup banyak.

  • Latar belakang sosial budaya masyarakat disekitar SMAN 1 yang berbeda-beda dapat dihadapi dengan baik oleh pihak sekolah sehingga terjalin hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar.

  • Perkembangan ilmu dan teknologi di luar lingkungan sekolah yang berjalan dengan pesat belum dapat diikuti dengan cepat oleh pihak sekolah.



BAB II

PROGRAM  KERJA PPL

  1. PERSIAPAN 

  1. Pemberangkatan dan Perkenalan 

  1. Perkenalan 

  1. Ramah tamah dan perkenalan peserta PPL dan DPL dengan pihak sekolah SMA N 1 Bandar Lampung.

  2. Serah terima peserta PPL oleh DPL ke pihak sekolah SMA N 1 Bandar Lampung.

  3. Pembagian guru pamong untuk masing-masing peserta PPL yang sesuai dengan jurusan.

  4. Masing-masing peserta PPL menemui pamong untuk membicarakan jadwal pembelajaran.

  5. Peserta PPL meninggalkan sekolahan.

  1. Observasi

  1. Observasi Proses Belajar Mengajar di SMA N 1 Bandar Lampung.

  2. Observasi Sarana dan Prasarana di SMA N 1 Bandar Lampung.

  3. Observasi Fasilitas  Pembelajaran

  1. Koordinasi Dengan Guru Pamong 

  1. Koordinasi tentang materi ajar yang sesuai dengan jurusan.

  2. Koordinasi tentang RPP sesuai dengan jurusan.


  1. Penjadwalan Program Kegiatan PPL

  1. Jadwal pelaksanaan PPL.

  2. Jadwal pelaksanaan piket.





  1. Pelaksanaan Kegiatan

  1. Kegiatan Peserta PPL di Intra sekolah

Jurusan Pendidikan Biologi

  1. Mengajar mata pelajaran Biologi pada siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2.

  2. Menyusun perangkat ajar 

    • Menyusun perangkat ajar berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) materi sistem gerak dan sistem sirkulasi

    • Membuat modul pembelajaran materi sistem gerak dan sistem peredaran darah

    • Membuat video pembelajaran materi sistem gerak dan sistem peredaran darah

    • Membuat soal ulangan harian materi sistem gerak

    • Membuat kartu soal dan kisi-kisi soal materi sistem gerak

    • Membuat analisis soal materi sistem gerak 


  1. KEGIATAN AKHIR PPL 

  1. Mengiventarisir Persiapan Kegiatan Perpisahan

  2. Merancang rundown acara perpisahan

  3. Berlatih jadi MC

  4. Menentukan gedung untuk perpisahan

  5. Mempersiapkan snack untuk perpisahan

  6. Pelaksanaan kegiatan perpisahan 







BAB III

LAPORAN KEGIATAN DAN PENYAJIAN DATA PPL

  1. LAPORAN PERSIAPAN

  1. Pemberangkatan dan Perkenalan 

  1. Perkenalan 

  1. Perkenalan Peserta PPL dan DPL dengan pihak sekolah SMA N 1 Bandar Lampung dilakukan pada hari Selasa, 06 Oktober 2020 pukul 10.00 – 12.00 di gedung perpustakaan SMA N 1 Bandar Lampung. Pada perkenalan tersebut dihadiri oleh Waka Kesiswaan, serta perangkat sekolah.

  2. Serah terima Mahasiswa PPL dari DPL kepada pihak Sekolah Serah terima mahasiswa PPL dilakukan oleh DPL, bapak Dr. Nanang Supriadai, M.Sc  kepada Kepala Sekolah SMA N 1 Bandar Lampung bapak Drs. Hi. Ngimron Rosadi, M.Pd  dan Waka Kurikulum bapak Rudiyanto, S.Pd secara langsung setelah kedua pihak menyampaikan sambutannya.

  3. Perkenalan mahasiswa PPL dengan guru pamong

Setelah mahasiswa PPL resmi diterima oleh pihak sekolah, maka masing-masing mahasiswa diperkenalkan oleh guru pamong secara singkat.

  1. Dialog antara mahasiswa PPL dengan pihak sekolah

Pihak sekolah menjelaskan keadaan sekolah dari sarana dan prasarana, kegiatan belajar mengajar serta kegiatan ekstrakulikuler, kemudian mahasiswa/i diberi kesempatan untuk bertanya sehingga mahasiswa mempunyai gambaran mengenai SMA N 1 Bandar Lampung secara umum.

  1. Observasi Kegiatan Sekolah

  1. Observasi Proses Pembelajaran

pada hari pertama pelaksanaan PPL kami mulai berinteraksi dengan tenaga pengajar, kami dijelaskan tentang sistem belajar di sekolah tersebut, dari kegiatan awal hingga kegiatan akhir. Kami mengamati proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan observasi media penunjang pembelajaran yang di gunakan untuk kegiatan belajar mengajar online selama pandemic covid-19 sehingga kami mengetahui kegiatan pembelajaran secara daring. Dan proses pembelajaran di SMA N 1 menggunakan e-learning.

  1. Observasi Sarana Prasarana

Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar dan penyelenggaraan kegiatan sekolah, maka SMA Negeri 1 BANDAR LAMPUNG telah dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana. Dalam tahapan ini, mahasiswa PPL mengobservasi sarana dan prasarana yang ada di SMA Negeri 1 yang nantinya akan menjadi penunjang dalam kegiatan PPL yang akan dilaksanakan. Dalam tahapan ini kami melihat bahwa sarana dan prasarana yang ada di SMA Negeri 1 termasuk kedalam kategori yang baik. Setiap ruang kelas memiliki 2 buah AC yang berfungsi untuk membuat kelas menjadi dingin dan akan membuat siswa nyaman dalam melakukan proses pembelajaran. Setiap ruang kelas di susun senyaman mungkin oleh siswa, hal ini terlihat dari berbagai macam perbedaan susunan denah dari setiap kelas. Untuk laboratorium, SMA Negeri 1 memiliki 4 laboratorium dalam keadaan baik yaitu laboratorium bahasa, kimia, fisika dan biologi. Selain itu SMA Negeri 1 juga memiliki perpustakaan yang baik karena memiliki buku-buku referensi yang cukup lengkap dan buku-buku kurikulum 2013 yang cukup lengkap. Untuk lapangan, SMA Negeri 1 memiliki lapangan footsal, volly, bulu tangkis dan juga lapangan basket dalam keadaan yang cukup baik.

  1. Observasi Fasilitas

Berdasarkan hasil observasi yang kami lakukan, fasilitas yang ada di SMA Negeri 1 Bandar Lampung dapat dikatakan dalam kondisi baik. Hal ini terlihat dari masih berfungsinya sebagian besar fasilitas yang ada di lingkungan SMA Negeri 1 Bandar Lampung. Salah satu fasilitas pembelajaran yang sering digunakan adalah LCD dan proyektor yang dipasang di setiap kelas untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.

  1. Koordinasi dengan Guru Pamong

  1. Koordinasi Tentang Materi Ajar

Pada kegiatan belajar mengajar kami berkoordinasi dengan Guru Pamong yang mana dalam kegiatan belajar mengajar penyesuaian kegiatannya sesuai dengan tema kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung atau dilaksanakan pada bulan ini. Kemudian, dirinci dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang kami buat. Selain itu kami juga membuat kesepakatan penentuan jadwal masuk dan absen dalam pelaksanaan PPL Jadwal yang dibuat dengan berkoordinasi dengan pihak sekolah, DPL dan kami (Mahasiswa PPL) menyesuaikan jadwal mengajar sesuai jadwal yang di berikan guru pamong.

  1. Koordinasi tentang RPP

Dalam pembelajaran setiap hari, peserta PPL berkoordinasi dengan Guru Pamong dalam pembahasan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kami diminta untuk menyesuaikan tema serta subtema pembahasan yang akan diajarkan kepada anak didik menggunakan media yang sesuai dengan kegiatan penunjang proses belajar mengajar guna memudahkan penyampaian tema yang akan di ajarkan, dan apa yang diajarkan mudah dipahami oleh anak didik di kelas. Pada bulan ini kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung yaitu setelah Penilaian Tengah Semester maka, materi pembelajaran melanjutkan materi bab materi sistem gerak dan sistem sirkulasi.

  1. Penjadwalan Program Kegiatan PPL

Penetapan jadwal mengajar akan berkoordinasi dengan kepala sekolah serta guru pamong, sehingga dalam kegiatan belajar mengajar sudah ditetapkan waktu kapan akan melaksanakan kegiatan tersebut dari masing-masing mahasiswa/i PPL.

  1. Jadwal Pelaksanaan PPL 

  2. Jadwal Mengajar 

  1. Laporan Pelaksanaan kegiatan

  1. Kegiatan Peserta PPL di Intra Sekolah

Jurusan Pendidikan Biologi

  1. Mengajar mata pelajaran Biologi pada siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2.

Dalam kegiatan belajar mengajar ini penulis berkesempatan untuk mengajar di kelas XI yang berlangsung dari tanggal 06 Oktober sampai tanggal 16 November 2020 (1 kali pertemuan di masing-masing kelas setiap pekannya)

  1. Pertemuan pertama

Pertemuan pertama di kelas XI MIPA 1 tanggal 13 Oktober 2020 dan XI MIPA 2 tanggal 15 Oktober 2020. Kegiatan belajar mengajar dengan menyampaikan materi Persendian (sendi, kelainan/gangguan pada sistem gerak, teknologi untuk mengatasi kelainan sistem gerak) melalui zoom meeting dan memberikan tugas sebagai penilaian pada pertemuan tersebut.


  1. Pertemuan kedua 

Pertemuan kedua dikelas XI MIPA 1 tanggal 20 Oktober 2020 dan XI MIPA 2 tanggal 22 Oktober 2020. Kegiatan belajar mengajar dengan menyampaikan materi menggunakan video mengenai Otot (Jenis-jenis otot dan mekanisme kerja otot, ) melalui e-learning dan memberikan tugas sebagai penilaian pada pertemuan tersebut.


  1. Pertemuan ketiga

Pertemuan ketiga dikelas XI MIPA 1 tanggal 27 Oktober dan XI MIPA 2 tanggal 29 oktober 2020 (libur). Kegiatan belajar mengajar dengan menyampaikan materi menggunakan video mengenai Otot (Sifat kerja otot dan kelainan pada otot ) melalui e-learning dan memberikan tugas sebagai penilaian pada pertemuan tersebut.

  1. Pertemuan keempat 

Pertemuan keempat Ulangan Harian materi sistem gerak di kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 tanggal 3 dan 5 November 2020. Kegiatan belajar mengajar berupa pengambilan nilai melalui ulangan harian yang dilaksanakan melalui e-learning SMA N 1 Bandar Lampung.

  1. Pertemuan kelima 

Pertemuan kelima dikelas XI MIPA 1 tanggal 10 November dan XI MIPA 2 tanggal 12 November 2020. Kegiatan belajar mengajar dengan menyampaikan materi menggunakan video mengenai sistem peredaran darah  (komponen darah, golongan darah,dan alat peredaran darah) melalui e-learning dan memberikan tugas sebagai penilaian pada pertemuan tersebut.

  1. Pertemuan keenam

Pertemuan keenam dikelas XI MIPA 1 tanggal 17 November 2020 dan kelas XI MIPA 2 tanggal 19 Oktober 2020. Kegiatan belajar mengajar dengan menyampaikan materi menggunakan video mengenai sistem peredaran darah  (kelainan/gangguan pada sistem sirkulasi dan teknologi untuk mengatasi kelainan sistem sirkulasi) melalui e-learning dan memberikan tugas sebagai penilaian pada pertemuan tersebut.

  1. Menyusun perangkat ajar  

    • Menyusun perangkat ajar berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) materi sistem gerak dan sistem sirkulasi dan mengkoordinasikan  dengan guru pamong

    • Membuat modul pembelajaran materi sistem gerak dan sistem peredaran darah digunakan sebagai bahan ajar dan  mengkoordinasi dengan guru pamong 

    • Membuat video pembelajaran materi sistem gerak dan sistem peredaran darah digunakan sebagai media pembelajaran

    • Membuat soal ulangan harian materi sistem gerak dan mengkoordinasi dengan guru pamong 

    • Membuat kartu soal dan kisi-kisi soal materi sistem gerak dan mengkoordinasi dengan guru pamong 

    • Membuat analisis soal materi sistem gerak dan mengkoordinasi dengan guru pamong 


  1. Kegiatan Perpisahan 

  1. Mengiventarisir Persiapan Kegiatan Perpisahan

  1. Beli kenang-kenangan Untuk SMA NEGERI  1 BANDAR LAMPUNG

Sebelum kegiatan perpisahan dilaksanaakan kami mempersiapkan salah satunya adalah membeli kenang-kenangan untuk SMA NEGERI  1 Bandar Lampung sebagai tanda terima kasih dan diberikan secara simbolis dalam acara perpisahan.

Kenang-kenangan yang dibeli adalah:

  • Plakat 

  • Mukenah

    1. Merancang rowndon acara perpisahan

Acara perpisahan yang kami rangcang adalah:

  • Pembukaan

Diawali dengan basmalah, tilawah Al-Quran, Sambutan-sambutan (kepala sekolah, DPL, dan Koordinator peserta PPL)

  • Acara inti

Penyerahan plakat dari kampus ke pihak sekolah, pemberian sertifikat dari kampus untuk guru pamong, penyerahan kenang-kenangan secara simbolis dari mahasiswa ke sekolah.

  • Penutup

Doa, baca hamdalah.

  • Acara bebas

Foto bersama dengan Kepala Sekolah, waka, guru dan mahasiswa.

    1. Berlatih Jadi  MC

Sebelum acara perpisahan dilaksanakan kami menunjuk MC dan diadakan pelatihan MC guna berjalannya acara dengan baik. Pelatihan berupa MC melakukan kegiatan selayaknya MC didepan rekan-rekan Mahasiswa dan jika terdapat kesalahan diberikan kritikan dan saran.

    1. Menentukan gedung untuk perpisahan

Dalam acara perpisahan kami mahasiswa-mahasiswa UIN RIL mengadakan perpisahan di perpustakaan SMAN 1 Bandar Lampung.

    1. Mempersiapkan snack dan makanan peserta perpisahan

Acara perpisahan yang kami rancang mengundang seluruh guru, waka, dan kepala sekolah untuk hadir, maka dari demi kenyamanan peserta kami menyiapkan snack dan makan siang untuk seluruh peserta dan juga staf  TU, dan juga satpam dan tak lupa mahasiswa PPL beserta DPL sebanyak 40 nasi kotak dan snack.

    1. Pelaksanaan Kegiatan Perpisahan

Kami melaksanakan agenda perpisahan pada hari Rabu, tanggal 18 November 2020 dengan konsep acara yang formal yang akan di hadiri oleh DPL Ibu Tri Maydhaningsih, S.Si , kepala SMA N 1 Bandar Lampung dan seluruh dewan guru, dan staf tata usaha beserta perangkat sekolah yang ada. Bertempat di ruang Perpustakaan SMA N 1 Bandar Lampung, dengan rincian acara sebagai berikut : 

    • Pembukaan 

    • Tilawah Al-Qur’an dan do’a

    • Sambutan sambutan

    • Penyerahan Plakat dan kenang-kenangan dari perserta PPL ke pihak sekolah SMA N 1 Bandar Lampung

    • Penutup 

    • Foto bersama 




BAB IV

KESIMPULAN, SARAN-SARAN/REKOMENDASI, PENUTUP

  1. KESIMPULAN

  1. Kegiatan Intra Sekolah/Madrasah (keterlibatan Peserta)

  1. Kelebihan

Kelebihan kegiatan belajar-mengajar di SMAN 1 Bandar Lampung  adalah terletak pada jajaran tenaga pendidik yang sangat ramah serta mengayomi para peserta PPL.

  1. Kekurangan

Kekurangan yang sangat dirasakan oleh penulis adalah terletak pada peserta didik yang kurangnya persiapan dalam menghadapi pembelajaran secara daring yang disebabkan covid 19. kurangnya  respon dalam mengikuti pembelajaran secara daring. Seperti, sedikitnya respon peserta didik ketika pembelajaran daring sedang berlangsung, kurangnya rasa kedisiplinan para peserta didik dalam setiap pembelajaran yang berlangsung, kurangnya penguasaan materi dan sumber materi, kurangnya feedback atau timbal balik dari peserta didik terhadap materi yang diberikan, misalnya setelah pembelajaran guru memberikan tugas namun peserta didik tidak mengerjakan serta mengumpulkan tugas yang telah diberikan. 

  1. Kegiatan Ekstra Sekolah/Madrasah (keterlibatan Peserta)

  1. Kelebihan

Ekstrakulikuler di SMAN 1 Bandar Lampung benar-benar menjadi ajang pengembangan potensi, itu terbukti dari pencapaian prestasi di berbagai cabang ekskul, baik itu yang bersifat akademis maupun non akademis. Kreatifitas siswa juga sangat mendukung di lingkungan SMAN 1 Bandar Lampung ini menyebabkan persaingan prestasi sangat terasa.

  1. Kekurangan 

Meskipun banyak prestasi yang sudah di raih menurut kami masih banyak hal yang perlu di benahi dalam segi pengembangan potensi siswa, di antaranya efektif jadwal, intensifitas pelatihan sehingga dengan potensi yang luar biasa dari masing-masing individu dapat di maksimalkan dan lebih berprestasi lagi.

  1. Saran/Rekomendasi

Berdasarkan kesimpulan laporan di atas, peserta PPL memberikan saran atau rekomendasi kepada masing-masing pihak sebagai berikut : 

  1. Pihak Sekolah (Kepala Sekolah, Guru, staff)

  1. Hendaknya pihak sekolah lebih memperhatikan siswa dari segala aspek, tidak hanya prestasi tetapi juga sikap.

  2. Pihak sekolah sebaiknya lebih meningkatkan kedisiplinan dan ketegasan terhadap peraturan yang berlaku.

  1. Pihak DPL dan panitia Pelaksana

  1. Hendaknya panitia pelaksana lebih akurat dalam menentukan waktu pelaksanaan PPL, tidak bersifat buru-buru sehingga proses persiapan mahasiswa PPL bisa terlaksana secara maksimal.

  2. Pihak panitia pelaksana PPL sebaiknya melakukan tugas secara gesit dalam memenuhi kebutuhan yang diperlukan oleh mahasiwa PPL seperti buku panduan pelaksaan PPL.

  1. Peserta PPL

  1. Perlu adanya komunikasi dan kerjasama yang harmonis untuk saling bertukar pendapat.

  2. Hendaknya para peserta PPL dalam satu kelompok saling menjaga nama baik almamater dan menjaga tutur kata serta tingkah laku dalam kebersamaaan.

  3. Peserta PPL  sebaiknya lebih disiplin, terutama terhadap jadwal piket yang sudah disepakati bersama. Serta tanggung jawab atas jadwal mengajarnya. Serta menjaga kesehatan supaya dapat melaksanakan tugas dengan baik. Komunikasi dan kerjasama yang harmonis juga diperlukan antar mahasiswa PPL  agar dapat saling bertukar pendapat, serta menjaga kekompakan.

  1. Penutup

Secara keseluruhan, kegiatan PPL kelompok 1 berlangsung dengan baik. Meskipun banyak ditemukan kendala namun program kerja yang direncanakan dapat terealisasi dengan baik. Kegiatan pembelajaran berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh masing-masing guru pamong.

Kesuksesan tersebut tidak luput dari kerjasama dan dukungan dari semua anggota kelompok PPL 1 UIN Raden Intan Lampung, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Bapak/Ibu Dewan Guru serta staf SMA N 1  Bandar Lampung, dan juga tak lepas dari pengawasan dari pihak panitia PPL UIN Raden Intan Lampung. Kami meminta maaf yang sebesar-besarnya dan kepada Allah kami memohon ampun.



Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Laporan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung,"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel