Pemerintah Proyeksi Vaksin Corona untuk Seluruh Rakyat RI Terpenuhi Akhir 2021


Updateinfoo.com
- Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN), Airlangga Hartarto, memastikan 36 juta dosis vaksin Covid-19 akan tersedia di kuartal IV 2020. Airlangga bilang, pengadaan dosis vaksin untuk 160 juta orang akan dilakukan secara bertahap.

Hal-hal teknis terkait pengadaan vaksin dan vaksinasi akan ditentukan melalui Peraturan Presiden (Perpres), berikut dengan roadmap imunisasinya yang tengah disiapkan.

"Ada beberapa tahapan di kuartal IV 2020 ditargetkan ada 36 juta dosis vaksin, lalu kuartal I 2021 ada 75 juta dosis, kuartal II ada 105 juta dosis, kuartal III ada 80 juta dosis dan kuartal IV ada 80 juta dosis," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Jumat (2/10).

Lanjutnya, hingga akhir 2021, akan ada total 376 juta vaksin yang diterima Indonesia. Di sisi lain, 160 juta masyarakat membutuhkan setidaknya 320 hingga 370 juta vaksin, di mana nanti vaksin ditargetkan akan disuntikkan ke masyarakat usia produktif dari rentang 19 tahun hingga 59 tahun.

Daftar Urutan Penerima Vaksin

Kemudian, vaksinasi juga akan diutamakan kepada petugas garda depan dalam penanganan Covid-19 terlebih dahulu. "Baik tenaga kesehatan, tenaga medis, TNI, Polri, Satpol PP dan dipertimbangkan pasien yang comorbid," ujarnya.

Vaksinasi massal nanti akan melibatkan sebanyak 10.134 puskesmas, 2.877 rumah sakit, kemudian pemerintah baik RS kementerian, TNI, Polri, Pemerintah Daerah, serta pihak swasta dan 49 KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) di wilayah kerja masing-masing.

"Kemudian pemerintah akan menyiapkan SDMnya, lalu terkait logistik baik sarana, penyimpanan, distribusi, pelatihan semua berpedoman dari Kemenkes," kata Airlangga.

Sumber: Liputan6


Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Pemerintah Proyeksi Vaksin Corona untuk Seluruh Rakyat RI Terpenuhi Akhir 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel