Komisi VIII: Oknum MUI Pengunggah Kolase Ma'ruf-Kakek Sugiono Layak Dipidana

Politikus PKB Marwan Dasopang (Tsarina/detikcom)
UpdateInfoo.com - Ketua MUI Kecamatan Tanjungbalai mengunggah potret kolase Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan bintang porno Jepang, 'Kakek Sugiono'. Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Marwan Dasopang meminta pengunggah diberi efek jera dan pantas dipidana.

"Itu dia yang saya sesalkan, ini struktur organisasi, kemasyarakatan Islam yang bahwasannya lembaga MUI tersebut orang-orang yang telah kredibel lah, telah teruji, tidak dapat sembarang menerima informasi, tidak sembarang menerima pesan-pesan keagamaan, dia bakal menelaah, kroscek, dia mesti mengerjakan tabayyun lagipula yang akan dikatakan ke masyarakat lewat meme tersebut sangat menyesalkan," kata Marwan, untuk wartawan, Kamis (1/10/2020).

Marwan menilai oknum MUI tersebut tidak layak lagi jadi pengurus MUI. Dia pun menyarankan supaya oknum itu diserahkan efek jera, yakni hukuman pidana.

"Jadi bila dalam kode etik organisasi, sebenarnya dia tidak pantas lagi di situ sebagai pengurus MUI. Kalau masalah hukumnya boleh saja damai bila polisi anggap pantas damai, silakan saja. Tapi, bila menurut keterangan dari saya, sebab ini kejadian berulang bukan sesuatu terjadi baru, ini pantas efek jera, ya pidana cocok UU yang berlaku," tegasnya.

Alasan butuh adanya efek jera sebab meme laksana ini sudah tidak jarang terjadi di media sosial. Efek jera di sini, kata Marwan, untuk menyerahkan pelajaran untuk siapa juga yang merendahkan seseorang di media sosial.

"Karena tersebut sudah menciptakan kegaduhan, sebab sudah menciptakan kegaduhan, layaklah diserahkan efek jera, kebijakannya ya dijalankan UU yang berlaku, UU ITE-nya," ucapnya.

Kasus ini berawal ketika tangkapan layar berisi potret Ma'ruf disandingkan dengan gambar animasi wajah 'Kakek Sugiono' yang diunggah di antara akun FB viral. Ada narasi 'Jangan kau jadikan dirimu laksana Ulama namun kenyataannya kau penjahat agama. Diusia Senja Banyaklah Berbenah guna ketenangan di Alam Barzah. Selamat mengemban Ibadah Shalat Jumat' yang ditulis empunya akun.

Namun, unggahan tersebut sudah tak terdapat lagi di akun FB itu saat diperiksa detikcom. Di samping itu, empunya akun telah mencatat permohonan maaf untuk keluarga besar Ma'ruf sampai keluarga besar Ansor, terutama Tanjungbalai.

sumber : detik.com 

Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Komisi VIII: Oknum MUI Pengunggah Kolase Ma'ruf-Kakek Sugiono Layak Dipidana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel