Yuk Saatnya Manfaatkan Krisis Akibat Covid-19 untuk Cari Pekerjaan Baru


Updateinfoo.com
- Virus Corona telah dominan  terhadap kehidupan tenaga kerja di Indonesia. Laporan Survei JobStreet edisi Agustus 2020 mencatat, 35 persen pekerja merasakan pemutusan hubungan kerja (PHK) dan 19 persen pekerja lainnya tidak bekerja sedangkan atau dirumahkan.

Yang sangat terkena imbasnya ialah para karyawan di Bali (79 persen), mereka yang tidak bekerja sarat waktu (67 persen), baru bekerja selama tidak cukup dari 12 bulan (64 persen), dan karyawan dengan gaji rendah. Hal ini paling memprovokasi pekerja di sektor perhotelan/katering (85 persen), pariwisata/biro perjalanan (82 persen), periklanan/hubungan masyarakat/jasa pemasaran (82 persen), pakaian/garmen/tekstil (71 persen), makanan dan minuman (69 persen), dan arsitektur/bangunan/konstruksi (64 persen).

Akibatnya, persentase kandidat yang bahagia dengan kualitas hidupnya turun secara signifikan dari 93 persen menjadi 38 persen. Penurunan ini sangat jelas tampak pada pekerja yang di-PHK secara permanen (-71 persen tingkat kebahagiaan) atau sedangkan tidak bekerja (-59 persen).

Meski demikian, meski kehilangan kegiatan dalam masa susah ini mengecilkan hati, ini merupakan peluang untuk mengasuh diri dan menata keuangan. Yang terpenting ketika ini ialah bagaimana teknik memaksimalkan masa-masa luang Anda.

Meskipun diperlukan sekian banyak  penyesuaian untuk memutuskan suatu rutinitas baru, ingat alangkah pentingnya guna tetap produktif dan konsentrasi pada prioritas Anda, bahkan saat sedang tidak bekerja. kita dapat mengawali dengan tugas-tugas simpel namun berfungsi yang akan menyerahkan motivasi guna menangani tugas-tugas yang sulit.

Berikut hal-hal yang dapat Anda kerjakan untuk memanfaatkan masa-masa istirahat sekitar pandemi, guna mendapatkan kegiatan baru, dilansir JobStreet.

1. Periksa suasana secara keseluruhan

Beberapa hari atau minggu kesatu sesudah kehilangan pekerjaan barangkali akan mengejutkan, dan Anda barangkali akan berjuang keras mencari teknik untuk kembali mengawali karier sesegera mungkin. Namun konsentrasi lah pada diri sendiri terlebih dahulu.

Periksa apakah situasi fisik, mental, dan emosional kita dalam suasana baik, supaya dapat menggarap tugas beda dengan sukses. Menjaga kesehatan adalahhal yang paling penting; beristirahatlah sejenak dan kerjakan hal-hal yang menciptakan Anda merasa rileks.

2. Tinjau situasi keuangan

Berdasarkan keterangan dari survei, finansial pribadi maupun family menjadi kekhawatiran terbesar 77 persen pribadi yang tidak bekerja. Memeriksa pulang keuangan, menyesuaikan perkiraan pribadi dan keluarga, dan menginformasikan statusmu untuk pemberi kredit mesti menjadi di antara prioritas utama guna menolong meredakan kekhawatiran yang ada.

3. Rencanakan tahapan karier kita selanjutnya

Evaluasi kinerja dan empiris dari kegiatan sebelumnya. Pertimbangkan tugas-tugas yang telah ditamatkan dan yang menurut keterangan dari Anda menantang. Kemudian, sempurnakan rencana dan target karier kita dan buat susunan hal baru yang ingin dijangkau dalam kegiatan berikutnya. Seperti peran dan tugas selanjutnya, industri atau sektor tertentu, dan kisaran gaji yang ideal untuk empiris dan kemampuan yang kita miliki.

4. Aktif menggali kerja

Berdasarkan hasil survei, 7 dari 10 kandidat sedang aktif menggali dan melamar pekerjaan, dengan proporsi yang lebih tinggi berasal dari mereka yang di-PHK (88 persen). Hal ini dapat menyebabkan persaingan yang ketat di pasar tenaga kerja, jadi urgen untuk menonjolkan diri kita di mata perekrut. Perbarui CV dan profil profesional Anda, catat kegiatan yang tidak sedikit diminati kandidat dalam sejumlah bulan mendatang.

5. Pertimbangkan kegiatan lepas (freelance) atau berbasis proyek (project-based)

Pekerjaan kontrak dapat menolong Anda mendapat pendapatan sambil menantikan pekerjaan baru. Pekerjaan freelance rumahan bahkan dapat menolong menyesuaikan diri dengan sistem bekerja dari lokasi tinggal yang diterapkan mayoritas perusahaan sekitar krisis covid-19.

Sembari mengerjakan ini, pantau terus kegiatan perekrutan sebab 80persen perusahaan di Indonesia diduga akan melanjutkan rekrutmen dan 56 persen tidak akan mempersoalkan pemutusan kerja dampak covid-19.

6. Ikuti webinar dan kursus online

Meskipun kita masih dalam tahap menggali pekerjaan, urgen untuk terus mempelajari kemampuan baru. Manfaatkan webinar dan kursus yang relevan dengan empiris dan posisi yang berkeinginan dilamar. Keterampilan baru yang didapatkan akan menambah CV kita dan bisa memperbesar kesempatan untuk direkrut.


Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Yuk Saatnya Manfaatkan Krisis Akibat Covid-19 untuk Cari Pekerjaan Baru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel