TUGAS OBSERVASI STRATEGI PEMBELAJARAN

LAPORAN OBSERVASI STRATEGI PEMBELAJARAN IPA DI MTS N 2 BANDAR LAMPUNG
( Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Strategi Pembelajaran )

KATA PENGANTAR
Semoga berkah dan keselamatan tercurah kepada kita semua. Puji syukur ke hadirat Allah SWT, yang dengan berkat, rahmat, dan karunia-Nya, telah memberikan kemudahan dan kelancaran dari persiapan, proses observasi hingga terselesaikannya penyusunan laporan observasi ini. 
Observasi ini dilaksanakan di MTs N 2 Bandar Lampung dengan alamat Jalan Pulau pisang No.20 harapan jaya, kecamatan sukarame kota bandar lampung kode pos 35131. Observasi dilaksanakan pada Kamis, 5 Maret 2020. Pelaksaan observasi dilakukan oleh kelompok observer dalam satu kali pertemuan, atau satu kali tatap muka. Observasi pembelajaran IPA di sekolah sebagai tugas mata kuliah Strategi Pembelajaran Biologi. Kelompok observer mendapat pengalaman yang menarik dan berharga dengan pelaksanaan observasi tersebut.
Penulis berharap agar penyusunan laporan observasi ini dapat memberikan sumbangan pengetahuan yang berkaitan dengan aplikasi teori belajar dalam pembelajaran IPA di kelas IX. Penulis menyadari bahwa penyusunan laporan observasi ini masih banyak kekurangan, sehingga penulis mengundang saran, kritik, serta masukan dari pembaca sekalian.

Penulis,
DAFTAR ISI 

HALAMAN JUDUL............................................................................................................i
KATA PENGANTAR..........................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang...........................................................................................................1
  2. Rumusan Masalah......................................................................................................1
  3. Tujuan Observasi.......................................................................................................1
BAB II PEMBAHASAN
  1. Penerapan Kurikulum di MTs N 2 Bandar Lampung..........................................2
  2. Penerapan Strategi Pembelajaran di MTsN 2 Bandar Lampung............................2
  3. Penerapan Media Pembelajaran di MTsN 2 Bandar Lampung..............................3
BAB III PENUTUP
  1. Kesimpulan................................................................................................4
  2. Saran........................................................................................................4
LAMPIRAN OBSERVASI 
BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Kegiatan Observasi
Istilah observasi berasal dan bahasa Latin yang berarti ”melihat” dan “memperhatikan”. Istilah observasi diarahkan pada kegiatan memperhatikan secara akurat, mencatat fenomena yang muncul, dan mempertimbangkan hubungan antar aspek dalam fenomena tersebut. Pada dasarnya observasi bertujuan untuk mendeskripsikan setting yang dipelajari, aktivitas-aktivitas yang berlangsung, orang-orang yang terlibat dalam aktivitas, dan makna kejadian dilihat dan perspektif subjek yang terlibat dalam kejadian yang diamati tersebut. Deskripsi harus kuat, faktual, sekaligus teliti tanpa harus dipenuhi berbagai hal yang tidak relevan. Dari konsep tersebut, dalam mendeskripsikan hasil kegiatan observasi pembelajaran, diungkapkan secara detail dan sesuai dengan kenyataan yang terjadi dalam setting observasi. 
Mempelajari berbagai teori belajar akan lebih lengkap bilamana  disertai dengan kegiatan observasi. Oleh karena itu, sebagai kelanjutan dalam mempelajari berbagai teori belajar yang telah dilaksanakan dalam perkuliahan, baik yang telah dilakukan melalui diskusi dan pembahasan bersama, maka dilaksanakan pula kegiatan observasi pembelajaran. Kegiatan observasi dimaksudkan untuk mengamati pelaksanaan pembelajaran di kelas pada jenjang pendidikan tertentu. 
Dalam kegiatan observasi ini berangkat dari kegiatan pengamatan yang dilakukan oleh kelompok observer terhadap proses pembelajaran IPA di kelas IX MTs N 2 Bandar Lampung. 

B. Rumusan Masalah
  1. Apa kurikulum yang digunakan di MTs N 2 Bandar Lampung?
  2. Bagaimana strategi pembelajaran pada  MTs N 2 Bandar Lampung?
  3. Bagaimana media yang digunakan MTs N 2 Bandar Lampung? 
C. Tujuan Observasi
  1. Untuk mengetahui kurikulum yang digunakan di MTs N 2 Bandar Lampung
  2. Untuk mengetahui strategi pembelajaran pada  MTs N 2 Bandar Lampung
  3. Untuk mengetahui media yang digunakan MTs N 2 Bandar Lampung

BAB II
PEMBAHASAN

  1. Penerapan Kurikulum di MTs N 2 Bandar Lampung
Secara umum MTs N 2 Bandar Lampung menerapkan secara utuh kurikulum k13 (K13) dan menyeluruh di setiap tingkatan kelas dan semua rombel. Namun dalam teknisnya  MTs N 2 Bandar Lampung memiliki konsep pembagian kelas beradasarkan kemampuan kognitif siswa nya , yakni terdapat kelas unggul, kelas khusus, dan kelas reguler. Kelas unggul berfokus pada pembelajaran mata pelajaran B.Ingrris , B. Arab , Matematika dan Thfidz. Kemudian kelas khusus, yang terpecah lagi pada tiap rombelnya, kelas A menekankan  mata pelajaran B. Inggris dan Tahfidz, kelas B untuk Matematika dan Tahfidz sedangkan  kelas C untuk mata pelajaran Ipa dan Tahfidz. Selanjutnya kami akan fokus untuk observasi di kelas khusus 9C.
Pengelompokan/penggolongan kelas ini akhirnya menuntut sekolah untuk memodifikasi jam pelajaran KBM yang artinya RPP di MTs N 2 Bandar Lampung berbeda tiap tingkatan kelas dan rombel nya. Sehigga bisa dikatakan MTsN 2 Bandar Lampung menerapkan k13 termodifikasi. Untuk mata pelajaran IPA sendiri, pada kelas khusus, penerapan k13 lebih berjalan efektif karena jam pelajaan yang tersedia lebih memungkinkan guru  untuk  menggunakan variasi model/metode pemebelajaran dan praktikum dalam pembelajaran.
  1. Penerapan Strategi Pembelajaran di MTsN 2 Bandar Lampung
1. Model Pembelajaran
Pembelajaran IPA  di MTs N 2 Bandar Lampung menggunakan metode pembelajaran yang masih cukup kovnensional yakni ceramah, sebab menurut ibu Ambar siswa masih mengandalkan sumber utama yakni guru sebagai sumber materi. Namun pembelajaran ipa (khusunya kelas khusus) sering diselingi pelaksakan praktikum dengan panduan LKPD buatan guru masing-masing kelas, juga sesekali diselingi penggunaan metode diskusi kelas.
Kemudian menurut ibu Ambar penggunaan model pembelajaran  yang bersifat kooperatif atau inkuiri sebagai implementasi pendekatan saintifik  pada pembelajaran ipa jarang sekali diterapkan. Adapun penerapannya dilakukan guru-guru bila ada kunjungan dari pengawas atau ketika sedang melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas pada tes kenaikan jabatan, contoh yang pernah dilakukan adalah menggunakan model pembelajaran jigsaw. Walaupun model pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik jarang dilaksanakan, namun MTs N 2 Bandar Lampung sudah menerapkan pembelajaran di luar kelas sebagai upaya untuk mengenalkan peserta didik kepada objek langsung yang diajar.  Adapun dalam 1 tahun kelas khusus yang diampu oleh  bu Ambar melaksanakan kunjungan satu kali, pada semester in dilaksanakan pembelajaran di Taman Nasiona way kambas  , dengan metode pembelajaran pesan berantai (artikulasi)  dan ditambah dengan game-game yang mengasah soft skil. Sedangkan untuk meningkakan sikap ilmiah peserta didik biasanya guru memberi tugas pengamatan tertentu di lokasi tersbut dengan menggunaan LKPD.
  1. Penerapan Media Pembelajaran di MTsN 2 Bandar Lampung
Pada pembelajaran Ipa di MTsN 2 Bandar Lampung media yang digunkaan biasanya berupa LCD Proyektor dan LKPD praktikum. Kemudian pembelajaran juga ditunjang oleh lab yang sangat memadai utuk tingkat sekolah SLTP. Alat-alat lab juga sangat lengkap untuk materi fisika dan biologi, seprti tersediaya kit ipa untuk berbagai bab materi fisika. Kemudian untuk materi biologi alat-alat dasar praktikum juga tersedia dan disimpan dengan baik. Sedangkan cairan-cairan kimia masih minim digunakan karena sifatnya yang keras dan kebutuhan praktikum yang masih sedikit. Dengan lengkapnya alat dan bahan praktikum tersebut, terkadang peserta didik juga masih menggunakan bahan atau alat yang tidak ada di lab, namun memafaatkan barang-barang yang ada di sekitar lingkungan. Seperti menurut ibu ambar ketika melakukan praktikum teknologi sederhana penyari ngan air, ala yang digunakan bisa dari botol bekas dan serabut kelapa ditambah pasir atau batu, sehingga memanfaatkan bahan-bahan di sekitar.
Adanya laboratorium IPA yng lengkap dan menunjag KBM peserta didik ini juga diimbangi dengan pengelolaan yang baik. Adapun saat ini laboran di MTsN 2 Bandar lampung adalah Ibu Yeni Astuti, S.Pd., M.Si. Di sini laboran berfungsi selain mengelola pengadaan alat dan bahan praktikum, juga menjaga kebersihan dan kerapihan laboratorium ipa.
Dengan segala fasilitas yang menunjang pembelajaran ipa di MTsN 2 Bandar Lampung, menurut ibu ambar tetap saja ada kendala yang dihadapi dalam KBM. Salah satu yang menghambat adalah sikap peserta didik yang saat ini kuranhg fokus dlam pembelajaran, ia menuturkan salah satu alasannya adalah dengan keberadaan gadget yang dibawa oleh peserta didik. 
Selain penuruan sikap ilmiah, peserta diidk juga dirasa memngalami penurunan kegemaran membaca atau literasi. Ini berbanding lurus dengan penuturan bu ambar terhadap materi yang pasling susah diserap siswa adalah materi pewarisan sifat (persilangan). Di mana dari tahun-tahun belakang peserta didik mengeluhkan soal cerita yang terlalu panjang sehingga peserta diidk merasa malas terlebih dahulu untuk mengerjakannya. Adapun bila dikerjakan siswa biasanya kurang teliti apalagi jika sudah persilahan dihibrid. Sehingga bu ambar selaku guru di kelas selalu memotivasi siwa untuk meningkatkan sikap ilmiah khsusnya ketelitian dan kegemaran untuk membaca.
Di MTsN 2 Bandar Lampung, guru menerapkan penilaian atau asesmen sesuai dengan k13 revisi di mana penilaian ki1 dan ki2 disubtitusikan ke peilaian ki3 dan ki4, sehinga guru tidak menggunakan instrumen asesmen seperti lembar observasi sikap spriritual dan sosial peserta diidk, kemuadian tidak digunakannya juga metode self assesment dan penilain sebaya. Adapun tes penilaian hasil belajar di MTsN 2 Bandar Lampung  terbagi menjadi beberapa tipe seperti Ulangan Harian berkala , Uji Kompetensi, Ulangan Tengah Semester dan Penilaian Akhir Semester. Khusus Uji Kompetensi adalah tes internal sekolah di mana tes tersebut digunkaan untuk mengukur kognitif dan mengeliminasi siswa di kelas unggul dan khusus.
BAB III
PENUTUP
  1. Kesimpulan
  1. Kurikulum yang berlaku di MTs N 2 Bandar Lampung adalah Kurikulum 2013 Revisi yang sudah diberlakukan sejak tahun ajaran 2017/2018 
  2. Pembelajaran IPA  di MTs N 2 Bandar Lampung menggunakan metode pembelajaran yang masih cukup kovnensional yakni ceramah. Media pembelajaran dikelas yang digunakan yaitu power point, sedangkan di laboratorium menggunakan media gambar.  Kondisi laboratorium sudah lengkap karena terdapat ruang persiapan, ruang alat dan ruang praktikum. Adapun Silabus, RPP, dan LKPD sudah tersedia dan sudah cukup baik.
  3. Pada pembelajaran Ipa di MTsN 2 Bandar Lampung media yang digunkaan biasanya berupa LCD Proyektor dan LKPD praktikum. Kemudian pembelajaran juga ditunjang oleh lab yang sangat memadai utuk tingkat sekolah SLTP.
  1. Saran
Adapun saran-saran dari laporan observasi ini yaitu, sebaiknya dalam melakukan observasi dilakukan dengan baik dan teliti. Sebagai calon guru yang baik tidak hanya mampu mengajar dengan baik tetapi yang lebih penting mampu mendidik untuk membentuk generasi yang bermartabat berakhklak mulia, nermoral, dan berkepribadian yang baik untuk memajukan bangsa. 


BUKU PANDUAN PRAKTIKUM
D:\Pictures\2019 redmi note 7\wa picture 1\IMG-20200307-WA0088.jpg D:\Pictures\2019 redmi note 7\wa picture 1\IMG-20200307-WA0090.jpg D:\Pictures\2019 redmi note 7\wa picture 1\IMG-20200307-WA0094.jpg
 D:\Pictures\2019 redmi note 7\wa picture 1\IMG-20200307-WA0091.jpg D:\Pictures\2019 redmi note 7\wa picture 1\IMG-20200307-WA0095.jpg D:\Pictures\2019 redmi note 7\wa picture 1\IMG-20200307-WA0092.jpg 



Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "TUGAS OBSERVASI STRATEGI PEMBELAJARAN "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel