Soal Hortikultura tentang mengenten (Menyambung) Tanaman


Pertanyaan 
Judul Presentasi        : Mengenten

1.      Kenapa produksi lebih cepat pada proses mengenten ini?
Jawab : karena pada teknik mengenten ini tidak perlu melakukan penyemaian. Sebagai dampak dari tidak dilakukannya penyemaian, maka ada penghematan biaya dan tenaga kerja untuk persemaian. Maka produksi yang dihasilkan akan lebih cepat.

2.      Bagaimana cara mengatasi kelemahan teknik mengenten?Jelaskan
Jawab : kelemahan mengenten yaitu :
·         Pada saat mengenten, ukuran kedua batang harus sama, karena kambium pada kedua batang harus bertemu dengan tepat. Bila tidak, proses mengenten akan gagal. Maka solusinya yaitu dengan menggunakan batang atas dan batang bawah yang memiliki diamter sama, minimal berdiameter 5 mm, agar kambium pada kedua batang bertemu dengan tepat.
·         Jenis pohon yang bisa disambung jumlahnya terbatas, karena harus pohon yang sekeluarga. Maka solusinya pada teknik menyambung digunakan jenis tumbuhan yang sekeluarga.
·         Menggunakan batang atas dan batang bawah yang sehat dan memiliki sifat unggul agar tidak terjadi kegagalan.
·         Tanamanan yang disambung pada bagian yang disambung dibungkus dengan plastik, kemudian bungkusan tersebut jangan sering dibuka karena mengakibatkan kelembaban tanaman yang tidak stabil dan terjadi pembusukan pada bagian yang disambung.

3.      Apakah tingkat keberhasilan sistem mengenten tinggi? Jika iya jelaskan dan jika tidak jelaskan
Jawab : Tidak, karena teknik mengenten ini dipengaruhi banyak faktor yang menyebabkan kegagalan dalam penyambungan yaitu :
1.      Pengikatan sambungan terlalu kuat. Jika terlalu kuat dapat menyebabkan sebagian jaringan kaplier tertekan.
2.      Pengikat sambungan kurang kuat. Bila pengikat tidak kuat akan menyebabkan beberapa masalah seperti batang atas mudah terlepas atau berubah posisi, batang atas tidak menempel dengan sempurna dengan batang bawah sehingga menghalangi penyatuan jaringan atas dan transmisi supply dari batang bawah menjadi tidak lancar dan akibatnya batang akan menjadi kering.
3.      Terjadi penguapan yang berlebihan. Bila penguapan terjadi secara berlebihan, maka menyebabkan pembusukan pada bagian yang terkena uap air. Dan juga bisa menyebabkan tumbuhnya jamur pada batang atas terutama bila peralatan yang digunakan tidak steril ditambah faktor kelembaban tinggi.
4.      Batang bawah dan batang atas terlalu muda. Penggunaan batang bawah dan atas yang terlalu muda akan membawa resiko kegagalan.
5.      Batang atas terlalu pendek. Penggunaan batang sebaiknya menggunakan batang yang panjangnya 5-8 cm, bila menggunakan batang yang terlalu pendek makan tingkat keberhasilan akan kecil.
6.      Terlalu cepat terkena sinar matahari lanngsung. Hal ini menyebabkan penguapan yang berlebih, dan nantinya akan membusuk atau berjamur.
7.      Terlalu cepat kena air. Bila tanaman terlalu cepat terkna air kemungkinan sambungan akan ikut terkena dan akan mengakibtakan batang membusuk atau berjamur.
8.      Suhu tempat terlalu tinggi untuk mendukung keberhasilan penyambungan maka suhu harus lah sesuai, bila terlalu panas atau dingin nanti hasilnya tidak akan baik.
9.      Kelembaban relatif terlalu tinggi. Kelembaban setempat akan berpengaruh tumbuhnya jamur pada sekitar penyambungan.
10.  Ketermapilan. Ketrampilan disini adalah cara kita memoyong sudsh benar atau tidak, karena bila pemotongan salah bisa-bisa akan merusak jaringan pada batang yang akan disambung.

4.      Mengapa mangenten tidak bisa dilakukann pada tanaman yang tidak sejenis?Jelaskan
Jawab : mengenten hanya bisa dilakukan pada tanaman sejenis/satu keluarga saja, karena dilakukannya mengenten bertujuan  untuk memperoleh satu tanaman yang memiliki sifat-sifat unggul. Dan biasanya mengenten dilakukan pada tanaman buah-buahan dan ketela pohon, jadi jika dilakukan pada tanaman yang berbeda maka tidak diketahui hasil dari mengenten tersebut. Dan pada teknik mengenten, batang antara 2 tanaman sejenis harus memiliki ukuran yang sama agar teknik mengenten berhasil. Jadi jika dilakukan pada tanaman yang berbeda akan gagal.

5.      Jelaskan perbedaan teknik mengenten dengan teknik stek batang?
Jawab : perbedaan teknik mengenten dengan teknik stek batang yaitu : pada mengenten, perkembangbiakan  dilakukan dengan menggabungkan batang bawah dan batang atas dua tanaman yang sejenis yang bertujuan menggabungkan sifat-sifat unggul dari dua tanaman sehingga diperoleh satu tanaman yang memiliki sifat-sifat unggul. Sedangkan pada teknik stek batang, perkembangbiakan dengan cara memotong bagian atau memotong bagian pucuk tanaman induk yang kemudian ditanaman dalam wadah pembibitan.

6.      Kenapa metode mangenten dilakukan?Jelaskan
Jawab : karena mengenten memilki banyak manfaat yaitu dapat memperbaiki kualitas dan kuantitas hasil tanaman, dihasilkan gabungan tanaman baru yang memiliki keunggulan dari segi perakaran dan produksinya, dapat mempercepat waktu berbunga dan berbuah, serta menghasilkan tanaman yang sifat berbuahnya sama dengan induknya.


7.      Dahan atau pohon yang di sambung yang bagaimana? Dalam bentuk ukuran nya yg baik seperti apa?
Jawab : pada penyambungan tanaman, dipilih batang bagian bawah dan batang atas yang memiliki pertumbuhan yang sehat dengan ukuran diameter yang sama besar, minimal berdiameter 5 mm. Dan batang bawah dipotong setinggi 25 cm dari atas permukaan tanah di polybag. Bagian pangkal disayat pada kedua sisinya sepanjang 2 cm, untuk mendapatkan bidang lekat yang sama baiknya. Kemudian bagian pangkal batang atas dan ujung batang bawah disambungkan dengan menggunakan tali plastik selebar 1 cm.


8.      Sifat-sifat unggul bagaimanakah cara dalam proses menyambung pada vegetatif buatan itu?
Jawab : sifat-sifat unggul pada teknik megenten/menyambung yaitu :
1.      Tanaman yang dihasilkan memiliki akar yang kuat dan produktivitas yang tinggi.
2.      Apabila menggunakan batang atas yang memiliki rasa buah yang manis, maka menghasilkan tanaman dengan buah yang manis.
3.      Tanaman dapat berproduksi lebih cepat.
4.      Mempercepat berbuah nya tanaman ( untuk tanaman buah-buahan) dan mempercepat pertumbuhan pohon dan kelurusan batang (pada tanaman kehutanan).

9.      Apa akibatnya jika kita mengikat/ menyambung terlalu kuat ?Jelaskan
Jawab : Jika mengikat tanaman yang disambung terlalu kencang atau kuat dapat menyebabkan sebagian jaringan kapiler tertekan, maka dapat menyebabkan kegagalan dalam teknik penyambungan tanaman. Selain itu, jika pengikatan nya tidak kencang dapat mengakibatkan batang atas akan mudah lepas atau berubah posisi, batang atas tidak menempel sempurna dengan batang bawah sehingga menghalangi penyatuan jaringan atas dan transmisi supply dari batang bawah menjadi tidak lancar, akibatnya batang akan menjadi kering dan dapat menyebabkan kegagalan dalam teknik menyambung tanaman.



Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Soal Hortikultura tentang mengenten (Menyambung) Tanaman "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel