SOAL DAN JAWABAN UTS BIOLOGI UMUM


SOAL UTS BIOLOGI UMUM SEMESTER 1
JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN
  1. Jelaskan pengertian botani?...
  2. Jelaskan perbedaan dan persamaan tumbuhan tingkat tinggi dengan tumbuhan tingkat rendah?...
  3. Jelaskan manfaat mempelajari ilmu botani?...
  4. Jelasakan ruang lingkup dari ilmu botani?...
  5. Jelasakan sistematika / taksonomi pada tumbuhan?...
  6. Jelaskan kategori takson pada tumbuhan?...
  7. Jelaskan mengenai tata nama / nomenklatur pada tumbuhan?...
  8. Jelaskan ciri-ciri dari tumbuhan tingkat tinggi?...
  9. Jelaskan pengertian serta cakupan dari alat hara(organum natrivum) dan alat perkembangbiakan (organum reproductivum)?...
  10. Jelaskan ciri-ciri daun, batang dan akar pada tumbuhan?...
  11. Jelaskan fungsi daun, batang dan akar pada tumbuhan?...
  12. Jelaskan bagian-bagian: daun, batang serta akar tumbuhan?...
  13. Jelaskan mengenai divisi schyzophyta?...
  14. Jelaskan mengenai  divisi thallophyta?...
  15. Jelaskan mengenai divisi bryophyte?...

  1. Jelaskan mengenai divisi pteridophyta?...
  2. Jelaskan mengenai divisi spermatophyte?...
  3. Jelaskan perbedaan dan persamaan hewan bertulang belakang dan tidak bertulang belakang?...
  4. Jelaskan ciri-ciri dan klasifikasi dari hewan bertulang belakang?...
  5. Jelaskan ciri-ciri dan klasifikasi dari hewan tidak bertulang belakang?...
        
JAWABAN
  1. Botani adalah ilmu tumbuh-tumbuhan, termasuk juga jamur dan alga dengan mikologi dan fikologi berada didalam cabang ilmu botani. Dengan demikian, dalam botani di pelajari semua disiplin ilmu biologi, seperti genetika, pertumbuhan, reproduksi, metabolisme, perkembangan, interaksi dengan komponen biotik dan komponen abiotik, serta evolusi yang berhubungan dengan tumbuhan.

  1. Perbedaan dari tumbuhan tingkat rendah dan tumbuhan tingkat tinggi, yakni Tumbuhan tingkat rendah tidak mempunyai jaringan pembuluh, sehingga materi disalurkan dengan cara difusi antar sel. Tumbuhan tingkat tinggi telah mempunyai jaringan pembuluh.
Persamaan dari tumbuhan tingkat rendah dan tumbuhan tingkat tinggi, yakni
Memiliki organ, berbatang, berakar dan berdaun walaupun pada tumbuhan tingkat rendah masih sangat sederhana. 

  1. Manfaat belajar ilmu botani adalah :
1. Botani membuat kita paham bagaimana cara tumbuhan hidup sehingga kita dapat mempertahankan tanaman.
2. Botani mempelajari interaksi tumbuhan dengan organisme lain sehingga kita dapat memanfaatkan organisme yang menguntungkan untuk tanaman
3. Botani mempelajari interaksi tumbuhan dengan kondisi lingkungan tertentu sehingga kita dapat mengatur kondisi di sekitar tanamanyang dapat membuat tanaman berkembamg secara maksimal. 

  1. Ruang lingkup dari ilmu botani adalah klasifikasi taksonomi struktur anatomi dan morfologi atau fungsi fisiologi dari kehidupan tumbuh-tumbuhan, genetika dan biokimia melalui organel sel, jaringan, organ, individu, populasi tumbuhan, dan komunitas tumbuhan.
  2. Taksonomi tumbuhan mempelajari penelusuran penyimpanan contoh: pemerian, pengenalan (identifikasi), pengelompokan (klasifikasi), dan penamaan tumbuhan.Takasonomi tumbuhan sering kai dikacaukan dengan sistematika tumbuhan dan klasifikasi tumbuhan. Klasifikasi tumbuhan merupakan bagian dari taksonomi tumbuhan. Sistematika tumbuhan adalah ilmu yang berkaitan sangat erat dengan taksonomi tumbuhan. 

  1. a. Kingdom
       Kingdom merupakan tingkatan paling tinggi dari semua takson yang ada. Memiliki anggota paling banyak. Untuk tumbuhan sendiri termasuk kedalam kingdom plantae yang berarti tumbuhan. Memiliki ciri-ciri tidak dapat bergerak, serta tidak memilki alat indera, mampu untuk menghasilkan makanan sendiri.
b. Divisi
    Terdapat tiga divisi tumbuhan antara lain divisi Bryophyta (tumbuhan lumut) , Pteridopyta (tumbuhan paku) , Spermatophyta (tumbuhan biji).
c.Class atau kelas
      Berdasarkan beberapa persamaan yang dimiliki, beberapa divisi di bedakan menjadi beberapa kelas. Nama kelas pada tumbuhan biasanya memiliki akhiran akhiran yang berbeda yaitu opsidauntuk lumut, edoneae untuk tumbuhan berbiji tertutup. 
d. Ordo
      Ordo atau yang disebut dengan bangsa ini biasanya memilki beberapa karakteristik yang sama. Nama ordo dalam tumbuhan biasanya memiliki akhiran khusus seperti ales.
e. Familia
      Setiap anggota takson ordo yang memiliki persamaan khusus di kelompokkan lagi menjadi beberapa famili. Dalam kingdom tumbuhan’ takson famili biasanya memiliki akhiran berupa aceae.

f. Genus
      Famili yang memiliki ciri khusus kemudian di kelompokkan lebih spesifik lagi menjadi genus. Misalnya genus familia poaceae terdiri dari genus zea (jagng dan saccharum (tebu). Aturan penulisan genus biasanya huruf pertama haruslah kapital, dan dicetak miring atau digaris bawahi.
g. Spesies
      merupakan tingkatan paling rendah dari tingkatan takson tumbuhan. Misalnya genus rosa memiliki spesies rosa rugosa dan lain-lain. 

  1. Tata nama binomial / binomial merupakan aturan penamaan baku bagi semua organisme ( makhluk hidup ) yang terdiri dari dua kata (binomial berarti dua nama) dari sistem taksonomi (biologi), dengan mengambil nama genus dan nama spesies. Nama yang dipakai adalah nama baku yang diberikan dalam bahasa lain yang dilatinkan.
  2. Ciri-ciri tumbuhan tingkat tinggi yaitu berkormus sehingga disebut cormophyta, organ dapat dibedakan dengan nyata/jelas antara akar,daun, dan batang. Dan mempunyai jaringan pengangkut/vasikuler contoh: Angiospermae ( Dikotil dan Monkotil) dan Gymnospermae.
  3. Alat hara atau organum natritivum merupakan suatu bagian alat pada tumbuhan yang penting dan pada umumnya tiap tumbuhan mempunyai sejumlah besar organum natrivum. Bagian batang tempat duduknya atau melekatnya daun dinamakan buku-buku (nodus)batang. Dan tempat diatas daun yang merupakan sudut antara batang dan ketiak daun (axilla). Warna hijau dan duduk nya pada batang yang menghadap keatas itu sudah selaras dengan fungsi daun bagi tumbuh-tumbuhan yaitu sebagai alat :
a.) Pengambilan zat makanan ( Resorbsi) terutama yang berupa zat gas ( CO2).
b.) Pengolahan zat-zat makanan ( Asimilasi ).
c.) Penguapan air ( Transpirasi )
d.) Pernafasan ( Respirasi )
alat perkembangbiakan (organum Reproductivum) :
a.)  Bunga, adalah struktur reproduksi seksual pada tumbuhan berbunga. Pada bunga terdapat organ reproduksi yaitu benang sari dan putik.
b.) Buah, adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buat atau ovarium. Buah biasanya membungkus dan melindungi biji.
c.)  Biji, adalah bakal biji atau ovulum dari tumbuhan berbunga yang telah masak dari sudut pandang evolusi, biji merupakan embrio atau tumbuhan kecil yang termodifikasi sehingga dapat bertahan lebih lama.
d.) Umbi, adalah satu organ dari tumbuhan yang merupakan modifikasi dari organ lain dan berfungsi sebagai penyimpan zat tertentu umumnya karbohidrat. 

  1. a. ciri-ciri daun
Daun tumbuhan kebanyakan berwarna hijau. Namun tidak jarang juga daun memiliki warna selain hijau. Warna hijau ada karena daun memiliki pigmen klorofil. Daun merupakan organ tumbuhan yang berperan sebagai tempat terjadinya fotosintesis.
Daun memiliki bentuk yang beragam. Umumnya daun terdiri atas helai daun pipih dan tangkaidaun (petiola). Tangkai daun bersambung dengan buku batang.
b. Ciri-ciri batang
 Umum nya berbentuk panjang bulat seperti silinder atau dapat pula mempunyai bentuk lain, akan tetepi selalu bersifat aktinomorf. Terdiri atas ruas-ruas yang masing-masing dibatasi oleh buku-bukudan pada buku-buku inilah muncul tunas yang membentuk cabang batang,daun,atau akar. Arah tumbuh nya bersifat fototrop. Dan tidak berwarna hijau, kecuali tumbuhan yang berumur pendek dan batang muda.
c. ciri- ciri akar
Akar yakni salah satu bagian tumbuhan yang biasanya berada didalam tanah, pertumbuhan akar mengarah ke arah dalam tanah.pada umumnya akar menjauhi sebuah cahaya agar dalam pertumbuhannya akan menjadi lebih cepat.Akar tidak seperti bagian tumbuhan yang lainnya seperti misalnya pada batang dan juga daun yang mempunyai warna hijau karena pada daun mengandung sebuah klorofil, warna akar yakni keputih-putihan atau kekuning-kuningan.Pertumbuhan nya terjadi di ujung akar yang merupakan salah satu titik pertumbuhan primer yang dimana terdapat sebuah jaringan meristimatik, serta mekanisme dominasi apikal yang terjadi pada suatu akar.pada ujung akar mempunyai suatu bentuk yang meruncing dan berfungsi untuk menembus tanah serta bisa memecahkan bebatuan.
  1. a. Daun
       Organ daun tersusun atas beberapa macam jaringan yaitu epidermis          ( epidermis atas, epidermis bawah, dan derivatnya seperti trikoma dan sel kipas), jaringan dasar/mesofil yang dapat berdiferensiesi menjadi jaringan tiang dan jaringan bunga karang, jaringan pengangkut yang membentuk tulang daun dan jaringan sekretoris. Fungsi daun sebagai tempat fotosintesis, tempat pengeluaran air melalui transpurasi dan gutasi, menyerap CO2, dari udara dan respirasi.
b. Batang 
      Batang berfungsi sebagai tempat duduk daun, transfortasi dari akar ke daun dan dari daun keseluruh tubuh, serta sebagai alat pekembangbiakan vegetatif dan penyimpangan bahan makanan.
c. Akar
      fungsi akar pada tumbuhan antara lain untuk mengikat tubuh tumbuhan pada tanah, dapat berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan, menyerap air dan garam-garam mineral terlarut.

  1. Berikut adalah penjelasan mengenai bagian bagian akar : 
1. tudung akar – Tudung akar adalah akar yang hidup dibagian ujungnya yang bernama Kaliptra yang memiliki sel jaringan parenkim yang didalamnya mengandung  sari tepung. Fungsi Kaliptra adalah menjaga dan merawat sistem kinerja nya sekaligus bertugas melembabkan akar agar tidak mengalami gesekan dengan partikel tanah. Daerah pengembangan sel akar yang berbeda fungsi. Jenis sel akar yang dimaksud adalah akar tumbuhan monokotil dan dikotil sebagai pembelahan sel untuk proses pertumbuhan akar selanjutnya sebagai daerah menetapnya rambut rambut akar.
2. Inti akar – Inti akar adalah bagian akar yang berada pada pusat akar yaitu ditengah seputar bonggol akar. Inti akar terbagi menjadi dua bagian, terdiri dari:
  • Pembuluh tapis yang berfungsi membantu dan melancarkan proses fotosintesa
  • Pembuluh kayu yang berfungsi menyebarkan air dan nutrisi makanan menuju tulang daun
3. Rambut akar – Rambut akar mempunyai karakter unik yaitu berserabut tidak beraturan tetapi berstruktur halus yang melekat kuat pada kulit akar bagian luar yang berfungsi menyerap semua air dan garam mineral yang ada dikedalamam tanah.
 4. Batang akar – Batang akar adalah batang yang terletak ditengah tengah diantara pangkal akar dan ujung akar yang berkembang dan tumbuh bercabang cabang  dalam skala bentuknya yang kecil kecil.
5. Ujung akar – Bagian akar yang termuda dan seperti tunas yang terus menerus mengalami pertumbuhan dan pergantian akar baru pada waktu yang sudah menjadi ketentuan sel akar.

Berikut ini bagian-bagian daun berdasarkan struktur luarnya:
  1. Helai Daun (lamina)
Helai daun pada berbagai macam tumbuhan dapat berbeda-beda, ada yang berbentuk tipis atau yang berbentuk tebal. 
Helai daun juga bisa dikatakan sebagai bagian yang paling penting dari sebuah daun karena di helai daun inilah proses fotosintesis pada tumbuhan berlangsung.
  1. Tangkai Daun (petiolus)
Tangkai daun merupakan bagian yang menempel pada bagian batang dan sebagai penopang helaian daun. Namun, tentu tidak semua tumbuhan memiliki tangkai daun, seperti contohnya rumput.
  1. Pelepah Daun (folius)
Pelepah daun memiliki fungsi untuk mendudukan daun pada batang. Pelepah daun ini ada kalanya memiliki tambahan organ di bagian kanan maupun kirinya.Biasanya pelepah daun memiliki suatu bagian yang dinamakan ketiak daun, dimana dibagian ini terletak sebuah kuncuk yang akan berkembang menjadi tunas cabang.

Berikut ini bagian-bagian dari batang :
1)Epidermis
Epidermis merupakan jaringan berbentuk sel-sel pipih yang tersusun rapat dan tidak memiliki ruang antarsel. Epidermis berfungsimelindungi jaringan di dalamnya. Dinding sel epidermis mengalami penebalan dan dilapisi zat kitin atau kutikula.Setelah batang mengalami pertumbuhan sekunder, pada tempat tertentu epidermis membentuk lentisel. Lentisel berfungsi sebagai tempat keluar masuknya udara pada tumbuhan.
2)Korteks
Korteks merupakan jaringan yang terletak dibawah epidermis, tersusun atas sel-sel epidermis yang berbentuk bulat, berdinding tipis, dan memiliki vakuola besar. Korteks memiliki fungsi untuk menyimpan cadangan makanan.Bagian terdalam korteks adalahendodermis. Endodermis merupakan pemisah antara korteksdan silinder pusat (stele). Pada tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae), endodermisnya mengandung zat tepung. Sedangkan, pada tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) tidak memiliki zat tepung.
3)Stele
Stele atau silinder pusat merupakan lapisan terdalam batang. Lapisan terluar stele dibatasi oleh perisikel atau perikambium. Disebelah dalam perisikel terdapat parenkimempulurdan ikatan pembuluh.Empulur merupakan parenkim yang terdapat dibagian tengah stele yang berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan. Ikatan pembuluh,yaitu xilem dan floem terletak berdampingan, xilem di sebelah dalam dan floem di sebelah luar.Pada tumbuhan dikotil yang berkayu keras dan hidup menahun, pertumbuhan sekundernya berlanjut terusmenerus. Karena perbedaan musim hujan dan musim kemarau, pertumbuhan sekunder ini tidak sama setiap tahun.Pada musim hujan, pertumbuhan xilem sekunder lebih aktif dibandingkan musim kemarau sehingga menimbulkan batas yang jelas yang dinamakan lingkaran tahun. Batang Monokotil Tumbuhan monokotil memiliki anatomi batang yangsangat berbeda dengan tumbuhan dikotil. Pada batang monokotil terdapat epidermis yang memiliki dinding sel yang tebal.Epidermis ini biasanya dilengkapi dengan stomatadan bulu-bulu. Di bawah epidermis terdapat jaringan tipis yang terdiri atas jaringan sklerenkim yang merupakan kulit batang.Jumlah ikatan pembuluh atau pengangkut sangat banyak. Floem berdampingan dengan xilem yang dikelilingi oleh sklerenkim. Tipe ikatan pembuluh ini adalah kolateral tertutup karena antara xilem dan floem tidak ada kambium. Tidak adanya kambium ini menyebabkan pertumbuhan monokotil hanya memanjang. 

  1. Schizophyta atau tumbuhan belah merupakan kelompok yang mempunyai ciri khusus yaitu berkembang biak dengan membelah diri. Schizophyta berasal dari bahasa yunani scizein artinya membelah dan phyton adalah tumbuhan. Tumbuhan belah dianggap sebagai kelompok tumbuhan dengan tingkat perkembangan filogenetik yang paling rendah sehingga dari segi evolusi merupakan kelompok tumbuhan yang paling primitif. 

  1. Divisi Thallophyta (tumbuhan Talus), divisi ini meliputi tumbuhan-tumbuhan yang memiliki ciri utama tubuh yang berbentuk talus. Tumbuhan talus merupakan tumbuhan yang struktur tubuhnya masih belum bisa dibedakan antara akar, batang dan daun. Sedangkan tumbuhan yang sudah dapat dibedakan antara akar, batang dan daun disebut dengan tumbuhan kormus. Ciri lain dari tumbuhan talus ini adalah tersusun oleh satu sel yang berbentuk bulat hingga banyak sel yang kadang-kadang mirip dengan tumbuhan tingkat tinggi (sudah mengalami diferensiasi). Perkembangbiakan pada umumnya secara vegetatif (aseksual) dan generatif (seksual) dengan spora sebagai alat perkembangbiakannya. Perkembangbiakan secara generatif terjadi melalui peleburan gamet yang terbentuk didalam organ yang disebut gametangium. Cara hidup pada tumbuhan talus ada tiga cara yaitu : autotrof (asimilasi dengan fotosintesis), heterotrof dan simbiosis. 

  1. Bryophyta (lumut) digolongan ke dalam tumbuhan tak berpembuluh (Atracheophyta) karena  tidak memiliki pembuluh sehingga tidak memiliki jaringan yang berfungsi mengangkut zat makanan, air, dan mineral. Pengangkutan tidak dilakukan oleh pembuluh, hanya melalui antarsel.   Tumbuhan lumut merupakan tumbuhan pelopor (perintis) yang tumbuh di suatu tempat sebelum tumbuhan lain mampu tumbuh. Ini terjadi karena tumbuhan lumut berukuran kecil, tetapi membentuk koloni yang dapat menjangkau area yang luas. Ciri-ciri tumbuhan lumut sebagai berikut:
    a. Berwarna hijau karena mempunyai klorofil.
    b. Gametofit lebih dominan daripada sporofit.
    c. Hidup di tempat basah atau lembap dan terlindung dari cahaya matahari.
    d. Pada permukaan luar tubuh terdapat lapisan berlilin untuk menahan masuknya air.
    e. Peralihan dari Thallophyta (tidak dapat dibedakan antara akar, batang, dan daun) ke Cormophyta (dapat dibedakan antara akar, batang, dan daun).
Tumbuhan lumut merupakan generasi gametofit, yaitu generasi yang menghasilkan sel kelamin (gamet). Gamet jantan (spermatozoid) dihasilkan oleh anteridium dan gamet betina (ovum) dihasilkan oleh arkegonium. Anteridium didukung oleh anteridiofor dan arkegonium didukung oleh arkegoniofor. Sporofit merupakan badan pembentuk spora yang berkembang. dari zigot (peleburan ovum dan spermatozoid). 
  1. Pada Bryophyta gametofit merupakan tumbuhan lumut tetapi pada     pteridophyta gametofit berupa suatu tumbuhan kecil yang bersifat seperti talus sedang tumbuhan nya sendiri adalah sporofit yang pada golongan tumbuhan telah jelas dapat dibedakan dalam akar,batang,daun. Jad pteridophyta bedasarkan susunan tubuhnya merupakan warga Cormophyta. Pada Pteridophyta akar itu tidak merupakan terusan pertumbuhan dari kutub yang berhadapan dengan pucuk melainkan dari suatu bagian calon batang yang lalu membentuk akar kesamping.

  1. Tumbuhan yang tergolong dalam divisi ini merupakan golongan dari alam tumbuhan yang mempunyai tingkatan perkembangan yang paling tinggi,dan telah menghasilkan biji,dari itu disebut tumbuhan biji (Spermatophyta). 

  1. Perbedaan antara vertebrata dan invertebrata yaitu:
a. Vertebrata memiliki tulang punggung dengan sum sum tulang belakang, sedangkan invertebrata tidak 
b. Keragaman ini sangat tinggi diantara invertebrata dibandingkan dengan vertebrata.
c. Vertebrata selalu simetri bilateral sementara invertebrata bisa menunjukan simetri bilateral atau simetri radial.
d. Vertebrata biasanya berbadan besar dan berbadan cepat dan bergerak cepat dibandingkan dengan invertebrata.
e. Vertebrata memiliki sistem peredaran darah tertutp , otak berkembang dengan baik , baik insang maupun paru-paru untuk respirasi, dan sistem saraf yang kompleks dan canggih, sedangkan mereka adalah primitif dalam invertebrata.

  1. Klasifikasi hewan bertulang belakang dibedakan menjadi 5 kelas,antara lain pisces, amphibian,aves, reptile, mamalian.
Ciri-ciri hewan bertulang belakang yaitu :
a. Memiliki kepala dan tubuh 
b. Memiliki notokord, berupa kerangka yang memiliki bentuk berupa batangan keras namun fleksibel atau lentur. Terletak antara tali saraf dan saluran pencernaan serta memanjang sepanjang tubuh hewan tersebut sehingga membentuk tubuh kerangka.
c. Kerangka internal berfungsi untuk melindungi organ-organ inti didalam nya dan memungkinkan untuk di gerak kan.
d. Memiliki tali syaraf tunggal, berlubang dan berada di dorsal terhadap notokord.selain itu, memiliki ujung anterior yang membesar berbentuk otak.
e. Memiliki ekor yang memanjang kearah anus.
f. Memili celah faring. 

  1. Hewan tidak bertulang belakang (Invertebrata ) di klasifikasikan menjadi 7 filum yaitu:
1. Hewan bersel satu/protozoa
2. Hewan berpori (Porifera)
3. Hewan berongga (Coelenterata)
4. Cacing (Vermes)
5. Hewan berbuku-buku ( Arthepoda)
6. Hewan lunak (Mollusca)
7. Hewan berkulit duri (Echidermata)
Ciri-ciri dari Invertebrata adalah tidak adanya tulang belakang dan tulang punggung, organisme multiseluler, tidak memiliki dinding sel, tidak dapat menempati beberapa lingkungan meskipun mereka ditemukan di lingkungan yang keras, tinggal di seluruh dunia dalam berbagai dunia dalam berbabagai habitat, tubuh dibagi menjadi 3 bagian yaitu kepala,dada,dan perut, tidak memiliki paru-paru untuk respirasi karna respirasinya melalui kulit.


Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "SOAL DAN JAWABAN UTS BIOLOGI UMUM "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel