SOAL ANFISMAN (Anatomi Fisiologi Manusia)


SOAL 
1. Bagaimana mekanisme pengaruh aromaterapi terhadap insomnia pada lansia dan apakah manfaat bagi sistem syaraf pada manusia?
Jawab :
Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi akibat dari insomnia pada lansia diatas diperlukan upaya penanganan yang tepat untuk mengatasinya. Cara yang dapat digunakan untuk mengatasi insomnia antara lain terapi non farmakologi, salah satunya pemberian aroma terapi pada lansia.
Aroma terapi merupakan salah satu bentuk terapi relaksasi. Mekanisme aroma terapi adalah dimulai dari aroma yang dihirup memasuki hidung dan berhubungan dengan silia, penerima di dalam silia dihubungkan dengan alat penghirup yang berada di ujung saluran bau. Bau-bauan diubah oleh silia menjadi impuls listrik yang dipancarkan ke otak melalui sistem penghirup. Semua impulsi mencapai sistem limbik di hipotalamus selanjutnya akan meningkatkan gelombang alfa di dalam otak dan akan membantu kita untuk merasa rileks. Posisi rileks akan menurunkan stimulus ke sistem aktivasi retikular (SAR), yang berlokasi pada batang otak teratas yang dapat mempertahankan kewaspadaan dan terjaga akan diambil alih oleh bagian otak yang lain yang disebut BSR (bulbar synchronizing regoin) yang fungsinya berkebaikan dengan SAR, sehingga bisa menyebabkan tidur yang diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas tidur.
Aroma terapi yang diberikan memberi rangsangan pada korteks olfaktorius yang menstimulasi otak dan impuls mencapai sistem limbik sehingga mempengaruhi suasana hati. Pemberian terapi ini dapat membuat seseorang menjadi rileks dan mempengaruhi suasana hati sehingga adanya pengaruh tersebut membuat lansia mudah untuk tertidur dengan nyenyak dan kualitas tidur akan menjadi baik.
Manfaat bagi sistem saraf pada manusia yaitu, Aromaterapi lavender  memiliki kandungan utama yaitu linalool asetat yang mampu mengendorkan dan melemaskan sistem kerja urat-urat saraf dan otot-otot yang tegang. Menghirup aromaterapi meningkatkan frekuensi gelombang alfa dan keadaan ini diasosiasikan dengan bersantai (relaksasi) sehingga dapat mengobati insomnia. Aromaterapi juga membantu keseimbangan kesehatan tubuh yang sangat bermanfaat dalam menghilangkan sakit kepala, premenstrual sindroma, stress, ketegangan, kejang otot dan regulasi jantung
2.      Bagaimana mekanisme pengaruh pemberian senam hamil terhadap peningkatan kapasitas vital paru pada ibu hamil dan manfaat bagi sistem pernafasaan pada ibu hamil?
Jawab :
Senam hamil merupakan kebutuhan aktifitas fisik, pada kegiatan ini terjadi peningkatan metabolisme yang pada dasarnya dengan peningkatan metabolisme diperlukan peningkatan penyediaan oksigen sehingga senam hamil akan meningkatkan kebutuhan oksigen. Penanggulangan aspek fisik dari persalinan dan pemeliharaan kehamilan yang bertujuan melindungi ibu dan anak adalah dengan jalan memberikan bimbingan pada ibu hamil dalam persiapan persalinan yang fisiologis melalui penerangan, berdiskusi, dan memberikan latihan fisik kepada wanita hamil. “Senam adalah terapi latihan gerak untuk mempersiapkan seorang ibu hamil baik fisik maupun mental pada persalinan yang aman, spontan dan lancar sesuai waktu yang diharapkan”. Pada prinsipnya senam hamil adalah exercise therapy atau terapi latihan yang merupakan bagian dari ilmu fisioterapi yang dilaksanakan dibagian obstetric pada ibu hamil oleh seorang fisioterapis.
Volume dan kapasitas paru merupakan kesanggupan seseorang untuk menyimpan udara didalam paru-paru. Volume dan kapasitas paru seseorang dipengaruhi oleh anatomi (bentuk tubuh), usia, tinggi badan, posisi tubuh, daya renggang paru dan ada tidaknya penyakit didalam paru. Besarnya volume udara pernafasan tersebut dapat juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain ukuran alat pernafasan, kemampuan dan kebiasaan bernafas, serta kondisi kesehatan. Jumlah oksigen yang diambil melalui udara pernafasan tergantung pada kebutuhan dan hal tersebut biasanya dipengaruhi oleh jenis pekerjaan, ukuran tubuh, serta jumlah maupun jenis bahan makanan yang dimakan. Pada pekerja berat, atlet maupun ibu hamil banyak membutuhkan oksigen dibanding pekerja biasa. Dengan demikian juga seseorang yang memiliki ukuran tubuh lebih besar dengan sendirinya membutuhkan oksigen lebih banyak. Kisaran volume paru jauh dari batas volume pengembangan maupun pengempisan paru. Udara yang akan dikeluarkan paru dapat ditngkatkan akan tetapi isi paruparu tidak akan pernah kosong walaupun seseorang melakukan ekspirasi maksimal. Sehingga kelangsungan pertukaran udara dapat dipertahankan. Dalam keadaan normal, volume udara paru-paru manusia mencapai 4500 cc, udara ini dikenal sebagai kapasitas total udara pernafasan manusia. Walaupun demikian, kapasitas vital udara yang digunakan dalam proses bernafas mencapai 3500 cc, yang 1000 cc merupakan sisa udara yang tidak dapat digunakan tetapi senantiasa mengisi bagian paru-paru sebagai residu atau udara sisa. Kapasitas Vital adalah jumlah udara maksimum yang dapat dikeluarkan seseorang setelah mengisi paru-paru secara maksimum. Dalam keadaan normal, kegiatan inspirasi dan ekspirasi dalam bernafas hanya menggunakan sekitar 500 cc volume udara pernafasan (kapasitas tidal = -/+ 500 cc).  
Faktor yang mempengaruhi penurunan kapasitas vital paru dikarenakan adanya perubahan yang terjadi pada ibu hamil seperti peningkatan berat badan, rahim yang membesar kira-kira sampai seribu kali lebih besar dari ukuran normal. Rahim ini akan mendorong diafragma sehingga akan mengganggu sistem respirasi. Selain itu juga terjadi perubahan hormon diantaranya meningkatnya hormon estrogen, progesteron, relaxin, dan insulin. Senam hamil adalah latihan-latihan olahraga bagi ibu hamil yang bertujuan untuk penguatan otot-otot tunggai, mengingat otot tungkai akan menopang berat tubuh  ibu yang makin lama makin berat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Memperpanjang nafas, karena seiring bertambah besarnya janin maka dia akan mendesak isi perut ke arah dada, hal ini akan membuat rongga dada lebih sempit dan nafas tidak bisa optimal. Sedangkan, upaya peningkatan kapasitas vital paru dapat dilakukan melalui senam bagi ibu hamil dan diharapkan dapat memperbaiki fungsi ventilasi paru.
Alat ukur yang dapat digunakan dalam mengukur kapasitas vital paru adalah spirometri. Spirometri merupakan suatu metode sederhana yang dapat mengukur sebagian terbesar volume dan kapasitas paru-paru. Melalui spirometri ini, bisa diketahui gangguan obstruksi, sumbatan dan restriksi atau pengembangan paru.
Manfaat bagi sistem pernapasan pada ibu hamil yaitu meningkatkan fungsi kardiorespirasi dengan menguasai teknik pernapasan diafragma, dengan pernapasan diafragma yang teratur dan berirama, diafragma menjadi kuat, sehingga dapat membantu ibu pada saat mengejan, karena pada waktu mengejan selain his dan otot-otot dinding perut, diafragma juga ikut aktif mendorong bayi keluar.
3.      Bagaimana mekanisme sistem pencernaan pada pemberian makanan tambahan untuk bayi usia 0-6 bulan?
Jawab :
Pemberian makanan tambahan usia dini merupakan pemberian makanan pada sistem pencernaan yang belum sempurna sehingga organ yang belum siap serta makanan yang belum sesuai untuk dikonsumsi pada organ pencernaan yang belum sempurna akibatnya akan terjadi kompensasi tubuh dan gangguan terutama pada istem pencernaan seperti diare, muntah, sembelit dan lain sebagainya. Hal tersebut pada dasarnya memaksakan sebuah organ pencernaan untuk bekerja belum pada waktunya sehingga menyebabkan kompensesi tubuh serta mekanisme yang terjadi  adalah dapat langsung terjadi sekaligus dengan cara memuntahkan makanan yang baru saja masuk, timbul diare karena faktor makanan  itu sendiri atau adanya infeksi dari sistem penyajian yang kurang hygiene serta timbulnya sembelit pada anak karena gangguan dalam penyerapan usus. Adanya hal itu akan berdampak pada status gizi dan perkembangan serta pertumbuhan anak.
4.      Bagaimana mekanisme manusia dapat melihat dan mendengar?
Jawab :
·         Melihat terjadi karena adanya objek, lalu objek tersebut memantulkan cahaya yang diterimanya. Pantulan cahaya dari objek itu masuk menuju mata, lalu menuju ke retina mata. Retina yang peka cahaya, akan memberi respon terhadap intensitas dan warna dari cahaya yang diterima, lalu mengubahnya dalam signal-signal listrik yang lembut. Signal-signal listrik ini akan disampaikan menuju otak manusia. Kemudian otak manusia menterjemah setiap signal-signal itu sebagai suatu pandangan mata dalam wujud tertentu.
·         Suara merambat melalui media yaitu udara. Getaran suara itu masuk kedalam telinga dan mengetarkan gendang telinga yang sensitif, lalu gendang telinga mengubah getaran suara menjadi signal-signal listrik lembut yang diteruskan ke otak manusia, otaklah yang memproses apa yang didengar tersebut.
5.      Bagimana mekanisme pembuluh darah yang membuat jantung tidak berfungsi baik dan membuat organ tubuh lain terganggu?
Jawab :
Sistem peredaran darah manusia  atau yang disebut juga sistem kardiovaskuler merupakan suatu sistem pemindahan nutrisi dan zat-zat tertentu melalui sistem peredaran darah  dari jantung ke seluruh sel-sel organ dalam tubuh, dan begitu pula sebaliknya. Sistem peredaran darah dibangun oleh jantung, pembuluh arteri, pembuluh vena, dan pembuluh kapiler.
Sistem kardiovaskular berfungsi untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh yang melibatkan jantung dan pembuluh darah. Namun jika terjadi gangguan pada kedua bagian tersebut, sirkulasi darah akan terganggu dan berpotensi menimbulkan penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular merupakan penyebab kematian nomoe 1 di dunia. Adapun berbagai jenis penyakit kardiovaskular yaitu :
1)      Serangan jantung, terjadi ketika aliran darah ke jantung tersumbat oleh pembekuan darah. Penggumpalan darah tersebut bisa menyebabkan otot jantung mati karena tidak mendapat pasokan darah yang cukup.
2)      Aterosklerosis/radang pembuluh darah yang terjadi ketika terbentuknya plak disepanjang dinding pembuluh darah, hal ini bisa membuat pembuluh darah menyempit dan membuat aliran darah menjadi terbatas sehingga menyebabkan berbagai masalah pada tubuh. Penyempitan pembuluh darah ini dapat memicu penyakit stroke, emboli paru, serangan jantung.
3)      Aritmia adalah kondisi dimana jantung memiliki iram atau ritme yang tidak normal. Aritmia bisa mempengaruhi seberapa baik jantung bekerja. Jika detak jantung tidak teratur, maka jantung tak dapat memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh.
4)      Penyakit jantung koroner terjadi karena adanya penyempitan pada pembuluh darah arteri koroner akibat penumpukan plak. Kondisi ini bisa menyebabkan pasokan darah kejantung menjadi berkurang sehingga tubuh tidak mendapat cukup oksigen dan nutrisi penting.
5)      Stroke terjadi ketika pembuluh darah yang memasok darah ke otak mengalami penyumbatan.
6)      Penyakit katub jantung adalah penyakit yang terjadi akibat adnya masalah atau gangguan pada salah satu atau leih dari keempat katub jantung.
7)      Depp vein thrombosis (DVT) terjadi karena terbentuknya gumpalan darah di pembuluh darah vena biasanya dikaki. Gumpalan darah tersebut bisa mengalir melalui aliran darah ke paru-paru hingga menyebabkan terjadinya emboli paru.
8)      Gagal jantung terjadi ketika jantung tidak dapat berkontraksi dan rileks secara normal sehingga ggal memompa darah keseluruh tubuh.
Jantung merupakan organ utama penyokong hidup manusia. Bila jantung terganggu, maka kelangsungan hidup manusia pun juga akan terpengaruh dan organ-organ lainnya akan terganggu.

6.      Bagaimana mekanisme proses kehamilan pada wanita ?
Jawab :
Kehamilan terjadi ketika sel sperma dari pria bertemu dengan sel telur. Agar dapat hamil, seorang wanita memerlukan sel telur, rahim yang sehat, serta sperma yang dihasilkan laki-laki untuk membuahi sel telur tersebut. Saat yang tepat untuk proses pembuahan sendiri umumnya terjadi pada 2 minggu sebelum jadwal menstruasi atau pada hari ke 12 hingga 16 setelah hari pertama menstruasi. Peristiwa munculnya sel telur satu kali selama sebulan ini disebut ovulasi.
Saat berovulasi, kantung-kantung folikel di dalam ovarium yang berisi sel-sel telur akan menjadi matang dan pecah, sehingga sel telur di dalamnya tadi terlepas keluar. Setelah itu sel telur akan merayap melalui tuba fallopi (saluran penghubung rahim dan ovarium) sejauh 10 cm menuju rahim.
Sel telur yang sampai dan berdiam di tuba fallopi akan menghasilkan suatu hormon yang membantu rahim untuk menebalkan lapisan dindingnya. Proses tersebut berguna untuk mempersiapkan proses terjadinya kehamilan. Jika selama masa ovulasi sel telur tidak dibuahi oleh sperma, maka lapisan tebal dinding rahim akan meluruh perlahan sehingga terjadilah menstruasi.
Lalu terjadilah proses pembuahan atau yang biasa dikenal dengan fertilisasi yang terjadi melalui hubungan seksual antara laki-laki dan wanita. Saat seorang wanita memasuki masa ovulasi, ia akan menjadi sangat bergairah dan muncul daya tarik untuk memikat lawan jenis untuk berhubungan seksual. Proses inilah yang akan akan membuat laki-laki mengeluarkan air mani yang mengandung sel sperma.
Apabila sel telur berhasil dibuahi, maka akan langsung mengubah bentuknya menjadi cikal bakal janin (zigot). Ingat, zigot tidak akan lagi bisa dimasuki oleh sel sperma lain selama 9 bulan ke depan. Tidak perlu menunggu lama, saat proses pembuahan kita sudah dapat mengetahui jenis kelamin sang jabang bayi lho.
Sel telur wanita hanya dihasilkan satu bulan sekali di masa ovulasi, berbeda dengan para pria. Waktu yang diperlukanpun tergolong singkat,anya bertahan selama 24 – 72 jam di masa subur wanita. Hal ini berarti, kesempatan terjadinya kehamilan hanya ada sekali di setiap bulannya. Bentuk sperma sendiri adalah berupa sel-sel serupa kecebong mini ini yang akan menghasilkan sebanyak 40 juta setiap kali berejakulasi, namun hanya 1 yang nantinya akan menjadi sel telur. Saat ejakulasi, sperma dapat berenang sekitar 10 ml/jam dalam menempuh perjalanan lebih dari 30 cm menuju sel telur. Lingkungan asam vagina yang mematikan sperma dan lendri serviks yang sulit ditembus adalah hal-hal yang akan mengeliminasi 39.999.999 sel sperma. Di sinilah hanya satu yang cukup kuat untuk menembus dinding sel telur menuju intinya, kemudian membuahinya.
Proses yang terakhir adalah perjalanan zigot yang berdiam sekitar 3 hingga 4 hari di tuba fallopi hingga menuju rahim. 24 jam setelah dibuahi, zigot akan mulai membelah diri menjadi sel-sel yang sangat banyak, yang kemudian disebut embrio. Selama perjalanan menuju rahim, embrio akan terus membelah, sebelum kemudian menempel dan tertanam pada dinding rahim seorang wanita. Lalu, dari waktu ke waktu, dinding rahim seorang wanita akan terus menebal hingga si jabang bayi lahir, hal ini berguna untuk melindungi janin.




Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "SOAL ANFISMAN (Anatomi Fisiologi Manusia)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel