MAKALAH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS)


MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS)
(Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Strategi Pembelajaran)


A.    Pengertian Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS)
Model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) merupakan model pembelajaran yang dikembangkan oleh Driver (Widiyarti, Widayanti, dan Winarti 2012). Driver menyatakan bahwa faktor bahasa dalam proses berpikir termasuk dalam perubahan konseptual seperti yang tercantum pada tahap pengungkapan dan pertukaran gagasan. Model pembelajaran ini dilandasi pandangan konstruktivisme dari Piaget, dimana dalam proses belajar anak membangun pengetahuannya sendiri dan banyak memperoleh pengetahuannya di luar sekolah. Oleh karena itu melalui kegiatan belajar mengajar siswa tidak hanya diberi penekanan pada penguasaaan konsep saja tetapi juga latihan kreatif dengan melakukan pengamatan dan percobaan.
Model CLIS merupakan model pembelajaran yang berusaha mengembangkan ide atau gagasan siswa tentang suatu masalah tertentu dalam pembelajaran serta merekonstruksi ide atau gagasan berdasarkan hasil pengamatan atau percobaan. Jadi siswa dilatih untuk berpendapat setelah melakukan pengamatan ataupun percobaan. Selain itu model CLIS merupakan model pembelajaran yang sesuai dengan hakikat IPA. Menurut Bacon (1956) dalam Subiyanto (2008), dalam mempelajari IPA harus mempraktekan tiga hal, yaitu :
1.      Harus melakukan observasi dan memilih fakta-faktanya,
2.      Harus menyusun suatu hipotesis yang memuat kesimpulan dari pertautan fakta-fakta tersebut dan memberikan penjelasannnya, dan
3.      Harus melakukan eksperimen untuk membuktikan kebenaranya.
Dari ketiga hal tersebut, semua unsur dalm IPA tercakup dalam model CLIS, oleh karena itu model CLIS merupakan model yang paling sesuai dengan pembelajaran IPA yang seharusnya.[1]
Tujuan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) adalah memberi kesempatan siswa untuk mengungkapkan berbagai gagasan tentang topik yang dibahas dalam pembelajaran. Lalu mengungkapkan gagasan tersebut serta membandingkan dan mendiskusikanaya dengan siswa lainnya untuk menyamakan presepsi. Selanjutnya siswa diberi kesempatan merekonstruksi gagasan tersebut setelah membandingkan gagasan tersebut hasil pengamatan atau percobaan. Disamping itu, siswa juga menerapkan hasil rekontruksi gagasan dalam situasi baru.[2]
B.     Sintak Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS)
Model pembelajaran CLIS terdiri dari sederetan tahapan-tahapan kegiatan yang dilakukan siswa dalam memepelajari konsep- konsep IPA. Model pembelajaran CLIS terdiri dari lima tahapan yaitu Langkah-langkahnya adalah :
1.      Pada langkah orientasi, guru memusatkan perhatian siswa dengan dengan cara mengajak siswa melihat fenomena yang terjadi pada kehidupan sehari-hari, yang berkaitan dengan topik yang dipelajari dengan menggunakan lingkungan sebagai media pembelajaran sedangkan siswa melakukan pengamatan terhadap fenomena yang ada dengan bantuan pemanfaatan lingkungan sekolah.
2.      Pada langkah pemunculan gagasan, guru mengeksplorasi pengetahuan siswa sedangkan siswa dihadapkan dengan permasalahan yang mengandung teka-teki untuk memunculkan konsepsi awal siswa.
3.      Pada langkah penyusunan ulang gagasan, terdapat 3 tahap diantaranya (a)pada langkah pengungkapan dan pertukaran gagasan, guru tidak membenarkan serta menyalahkan jawaban siswa sedangkan siswa membentuk kelompok kecil, kemudian di dalam kelompok siswa mengungkapkan dan mendiskusikan gagasan pada langkah kedua. Salah satu anggota kelompok melaporkan hasil diskusi, (b) pada langkah situasi konflik, guru mengarahkan siswa mencari informasi terkait materi sedangkan siswa diberi kesempatan untuk mencari pengertian ilmiah yang sedang dipelajari di dalam buku teks kemudian mencari perbedaan antara konsepsi awal dengan konsep ilmiah yang ada di buku, (c) pada langkah konstruksi gagasan baru dan evaluasi, guru membimbing siswa dalam mengkonstruksi gagasan baru sedangkan siswa diberikan kesempatan untuk melakukan observasi dengan memanfaatkan kembali lingkungan lalu mendiskusikannya.
4.      Pada langkah penerapan gagasan, guru memeriksa jawaban siswa yang belum konsisten dengan jawaban ilmiah sedangkan siswa diminta menjawab pertanyaan yang disusun untuk menerapkan konsep ilmiah yang telah dikembangkan siswa melalui percobaan atau observasi ke dalam situasi baru.
5.      Pada langkah pemantapan gagasan, guru mengarahkan siswa untuk menyampaikan simpulan informasi yang diperoleh sedangkan siswa mengemukakan argumentasi dan gagasan barunya melalui penguatan dengan konsep ilmiah.[3]

C.    Kelebihan dan kelemahan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS)
Keunggulan dari model pembelajaran CLIS antara lain :
1.      adanya interaksi yang baik antar siswa karena terbentuknya kerjasama dalam mengkonstruksi gagasan,
2.      siswa terlibat langsung dalam pembelajaran
3.      guru mengajar dengan efektif sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna.[4]
4.      Membiasakan siswa belajar mandiri dalam memecahkan suatu masalah
5.      Menciptakan kreativitas siswa untuk belajar sehingga tercipta suasana kelas yang lebih nyaman dan kreatif, terjlainnya kerja sama sesama siswa dan siswa terli bat secara langsung dalam melakukan kegiatan.
6.      Menciptakan belajar lebih bermakna, karena timbulnya kebanggaan siwa mewnentukan sendiri konsep ilmiah yang sedang dipelajari dan siswa akan bangga dengan hasil temuanya.
7.      Guru dalam mengajkar akan lebih mudah, karena dapat menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, sehingga guru hanya menyediakan berbagai masalah yang berhubungan dengan konsep yang diajarkannya, sedangkan siswa bisa mencari sendiri jawabannya.
8.      Guru dapat menciptakan alat-alat atau media pembelajaran yang sederhana yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
Sedangkan kelemahan model pembelajaran CLIS menurut Salwin adalah guru dituntut untuk menyiapkan model pembelajaran untuk setiap topik pelajaran dan sarana laboratorium harus lengkap. Selainitu, bagi siswa yang belum ternbiasa belajar mandiri atau berkelompok akan merasa asing dan sulit untuk dapat menguasai konsep.[5]
D.    Implementasi Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS)
Peristiwa belajar yang terjadi pada siswa dapat diamati dari perbedaan perilaku sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan pembelajaran. Tidak semua perilaku siswa dapat dikatakan sebagai kegiatan belajar, sebab belajar merupakan perubahan perilaku setelah seseorang melaksanakan pembelajaran yang bersifat tetap.
Belajar adalah suatu proses maka dari proses itu akan menghasilkan produk yang disebut hasil belajar. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh pembelajar setelah mengalami aktivitas belajar. perolehan aspek- aspek perubahan perilaku tersebut tergantung oleh apa yang dipelajari pembelajar. Mengajar yang efektif sangat tergantung pada pemilihan dan penggunaan Model Pembelajaran yang sesuai dengan tujuan mengajar. Model Pembelajaran yang digunakan akan menentukan suksesnya pekerjaan seorang guru. Oleh karena itu, Langkah-langkah dalam Model Pembelajaran CLIS merupakan salah satu usaha yang dapat diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran di kelas.
Penerapan Model Pembelajaran CLIS menjadi salah satu solusi sebagai hubungan penting dalam hal peningkatan hasil belajar siswa. Guru dapat mengetahui secara cermat perkembangan keterampilan, dan keinginan belajar siswa terhadap proses pembelajaran yang berlangsung dikelas. Penerapan Model Pembelajaran CLIS bisa dilaksanakan oleh sebagian guru yang menyukai cara belajar yang melibatkan eksperimen dan pengamatan di dalamnya. Hal ini bertujuan untuk melihat kemampuan siswa dalam memecahkan suatu permasalahan dalam pembelajaran. keaktifan dan kreatifitas menjadi peran utama untuk melihat hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.[6]


DAFTAR PUSTAKA
Arisantiani, Putra, Ganing. 2017. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDRENS LEARNING IN SCIENCE (CLIS) BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA. Journal of Education Technology. Vol. 1 No. (2).
Asih, Fihrin dan Kendek, yusuf. 2014. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 PALU. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT) vol 2 no 3.
Budiarto,Faiz. 2015. KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA, Journal of Elementary Education. vol4 no 1. 

Fajrian, Muhammad Oryza. 2017. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) PADA MATERI GERAK LURUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH. Skripsi.

Ismail, Ali. Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Tekonologi dan Informasi.



[1] Fariz Budiarto. KEEFEKTIFAN MODELPEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA, Journal of Elementary Education vol4 no 1. 2015. Hal : 54.
[2] Asih, Fihrin dan Yusuf Kendek. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 PALU. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT) vol 2 no 3. 2014. Hal : 21.
[3] Arisantiani, Putra, Ganing.PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDRENS LEARNING IN SCIENCE (CLIS) BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA. Journal of Education Technology. Vol. 1 No. (2) 2017. Hal : 127.
[4] Ibid. Hal : 126.
[5] Ali Ismail. Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Tekonologi dan Informasi. Hal :22.
[6] Muhammad Oryza Fajrian. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) PADA MATERI GERAK LURUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH. Skripsi. 2017. Hal: 14-15.


Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "MAKALAH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel