KUIS ILMU PENDIDIKAN ISLAM (SISTEM PENDIDIKAN ISLAM)



Intruksi : Jawablah pertanyaan bawah ini dengan singkat dan jelas!

  1. Uraikan dengan jelas apa yang dimaksud dengan :
  1. Pendekatan 
Jawab : Pendekatan dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Pendekatan yang berpusat pada guru menurunkan strategi pembelajaran langsung (direct instruction), pembelajaran deduktif atau pembelajaran ekspositori. Sedangkan, pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa menurunkan strategi pembelajaran discovery dan inkuiri serta strategi pembelajaran induktif 

  1. Metode
Jawab : Metode merupakan jabaran dari pendekatan. Satu pendekatan dapat dijabarkan ke dalam berbagai metode. Metode  adalah prosedur pembelajaran yang difokuskan ke pencapaian tujuan. Teknik dan taktik mengajar merupakan penjabaran dari metode pembelajaran.

  1. Media
Jawab : media adalah sesuatu yang digunakan oleh tenaga pendidik untuk meningkatkan kemauan siswa mengikuti proses belajar mengajar.

  1. Materi 
Jawab : Materi pendidikan Islam adalah segala sesuatu yang hendak diberikan kepada kepada peserta didik dan dicerna,diolah, dihayati serta diamalkan oleh peseta didik dalam proses kegiatan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan Islam.

  1. Evaluasi 
Jawab : evaluasi secara umum adalah suatu proses untuk menyediakan informasi tentang sejauh mana pencapaian suatu kegiatan, bagaimana perbedaan pencapaian itu dengan suatu standar tertentu untuk mengetahui apakah ada selisih di antara keduanya, serta bagaimana manfaat yang telah dikerjakan itu bila dibandingkan dengan harapan-harapan yang ingin diperoleh.

  1. Sistem Pendidikan Islam
Jawab : Sistem pendidikan Islam merupakan usaha pengorganisasian proses kegiatan kependidikan yang berdasarkan ajaran Islam. Ajaran yang berdasarkan atas pendekatan sistemik sehingga dalam pelaksanaan operasionalnya terdiri dari berbagai sub-subsistem dari jenjang pendidikan dasar, menengah, dan perguruan tinggi yang harus memiliki vertikalitas dalam kualitas keilmuan-pengetahuan dan teknologinya. Contoh sistem pendidikan islam yaitu Al-qur’an, As-sunnah, ijtihad.
  1. Lembaga Pendidikan Islam
Jawab : Lembaga pendidikan Islam ialah suatu bentuk organisasi yang diadakan untuk mengembangkan lembaga-lembaga Islam yang baik, yang permanen, maupun yang berubah-ubah dan mempunyai struktur tersendiri yang dapat mengikat individu yang berad adalam naungannya, sehingga lembaga ini mempunyai kekuatan hukum tersendiri.
Contoh lembaga pendidikan islam yaitu :
  1. lembaga pendidikan islam formal seperti MI, SDI, MTS, SMPI, MA, dll. 
  2. Lembaga pendidikan islam nonformal seperti kursus-kursus keislaman, majlis ta’lim, TPA, masjid, mushallah langgar,badan pembinaan rohani, musabaqah tilawah Al-qur’an, dll.
  3. Lembaga pendidikan islam informal yaitu jalur pendidikan keluarga dan lingkungan.

  1. Pendidikan Islam
Jawab : Pendidikan Islam adalah bimbingan jasmani dan rohani berdasarkan hukum-hukum islam menuju kepada terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran-ukuran Islam.

  1. Pendidikan Nasional
Jawab : Pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman. Sistem pendidikan nasional adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
Catatan : untuk item f dan g berikan contohnya !

  1. Bagaimana pendapat saudara mengenai perkembangan materi dari zaman permulaan islam sampai sekarang? 
Jawab
  1. Zaman permulaan Islam 
Pada masa permulaan Islam, macam-macam ilmu pengetahuan yang berkembang dan sekaligus menjadi materi pendidikan Islam adalah sebagai berikut:
  1. Al-‘Ulum  al-Islamiyah, yakni ilmu-ilmu yang dihayati oleh Islam, meliputi ilmu-ilmu Al-Qur’an, Hadits, Fikih, Lughah, dan Tarikh. Ilmu-ilmu ini juga disebut “al-Adab al-Islamiyah” atau “al-‘Ulum al-Naqliyah”.
  2. Al-Adab al-Arabiyah, syair dan khitabah, yang di zaman jahiliyah telah ada dan kemajuannya memuncak di zaman permulaan Islam. Karen itu ilmu-ilmu ini juga disebut “Al-Adab al-Jahiliyah”.
  3. Al-‘Ulum al-‘Aqliyah, yaitu ilmu-ilmu thib, hadasah, falsafah, falak, dan     segala macam “al-‘Ulum al-thabi’iyyah” dan “al-‘ulum al-riyadliyah.
2. Zaman Umaiyah
  1. Al-Adab al-Haditsah, yang meliputi: (1) al-‘ulum al-islamiyah yaitu ilmu Al-Qur’an, ilmu Hadits, ilmu fikih, al-‘ulum al- lisaniyah, tarikh, dan al-jughrafi; (2) al-‘ulum al-Dakhliyah, yaitu ilmu-ilmu yang diperlukan oleh kemajuan Islam, seperti ilmu-ilmu thib, filsafat, ilmu pasti, ilmu-ilmu eksakta, dan lain-lainnya.
  2. Al-adab al-Qadimah (ilmu-ilmu lama) yaitu ilmu-ilmu yang telah ada di zaman jahiliyah dan di zaman khulafaur rasyidin, seperti: ilmu-ilmu lughah, syair, khitbah dan amsal.

3. Zaman Abbasiyah
  1. Ilmu Naqli, yaitu ilmu tafsir, ilmu hadits, ilmu kalam, ilmu tasawuf, ilmu bahasa, ilmu fikih, dan ushul fikih.
  2. Ilmu Aqli, yaitu ilmu falsafah, ilmu thib, ilmu farmasi dan kimia, ilmu falak dan nujum, ilmu riyahiyah, ilmu tarikh, dan ilmu jughrafi.
  3. Ilmu seni, yaitu ilmu seni bahasa, ilmu seni kisah dan riwayat, ilmu seni drama, ilmu senirupa, ilmu senisuara, dan musik dan ilmu seni bangunan.
Pada saat ini umat Islam pada umumnya berpendapat bahwa materi pendidikan Islam itu terdiri atas; AL-Qur’an, Al-Hadits, Akidah akhlak, ibadah, muamalah dan tarikh, terutama pada lembaga pendidikan Madrasah(MI s/d MA) dan sekolah umum (SD s/d SMA) dan perguruan tinggi umum.
  1. Jelaskan perkembangan materi pendidikan Islam  pada zaman umaiyah?
Jawab :
a.  Al-Adab al-Haditsah, yang meliputi: (1) al-‘ulum al-islamiyah yaitu ilmu Al-Qur’an, ilmu Hadits, ilmu fikih, al-‘ulum al- lisaniyah, tarikh, dan al-jughrafi; (2) al-‘ulum al-Dakhliyah, yaitu ilmu-ilmu yang diperlukan oleh kemajuan Islam, seperti ilmu-ilmu thib, filsafat, ilmu pasti, ilmu-ilmu eksakta, dan lain-lainnya.
b.  Al-adab al-Qadimah (ilmu-ilmu lama) yaitu ilmu-ilmu yang telah ada di zaman jahiliyah dan di zaman khulafaur rasyidin, seperti: ilmu-ilmu lughah, syair, khitbah dan amsal.

  1. Uraikan dengan singkat :  
  1. Lembaga pendidikan Islam
Jawab : Lembaga pendidikan Islam ialah suatu bentuk organisasi yang diadakan untuk mengembangkan lembaga-lembaga Islam yang baik, yang permanen, maupun yang berubah-ubah dan mempunyai struktur tersendiri yang dapat mengikat individu yang berad adalam naungannya, sehingga lembaga ini mempunyai kekuatan hukum tersendiri.

  1. Jenis lembaga  pendidikan Islam
Jawab
  1. Lembaga pendidikan islam formal contoh nya MI,SDI,MTS,MA,dll.
  2.  lembaga pendidikan nonformal yaitu kursus-kursus keislaman, majlis ta’lim, TPA, masjid, mushallah langgar,badan pembinaan rohani, musabaqah tilawah Al-qur’an, dll.
  3. lembaga pendiikan informal yaitu pendidikan keluarga dan lingkungan.

  1. Prinsip – prinsip lembaga pendidikan Islam
Jawab :
  1. Prinsip pembebasan manusia dari ancaman kesesatan yang menjerumuskan manusia pada api neraka (QS. At-Thamrin:6).
  2. Prinsip pembinaan umat manusia menjadi hamba-hamba Allah yang memiliki keselarasan dan keseimbangan hidup bahagia dunia dan akherak (QS. Al-Baqarah: 201; Al-Qashash: 77).
  3. Prinsip pembentukan kepribadian manusia yang memancarkan sinar keimanan yang kaya dengan ilmu pengetahuan, yang satu sama lain  mengembangkan hidupnya untuk menghambakan diri pada Khaliknya (QS. Al-Mujadilah: 11).
  4. Prinsip amar ma’ruf nahi dan munkar dan membebaskan manusia dari belenggu-belenggu kenistaan (QS. Ali-Imran: 104, 110).
  5. Prinsip pengembangan daya pikir, daya nalar, dan daya rasa sehingga dapat menciptakan anak didik yang kreatif dan dapat memfungsikan daya cipta, rasa dan karsa.

  1. Hal- hal apa saja yang harus diperhatikan dalam penggunaan media?
Jawab : 
  1. Prinsip umum dalam memilih dan menggunakan media pendidikan antara lain 
  1. Media tidak 100% dapat menggantikan peran guru
  2. Perlu persiapan yang matang baik guru, peserta didik, alat program maupun tempat yang akan digunakan
  3. Perimbangan mutu media yang akan digunakan, dalam artian harus andal, sistem kerjanya mudah dipahami, spesifiknya dari bahan yang bermutu, praktis penggunaannya, serta menjamin keselamatan/keamanan bagi penggunaannya
  4. Media harus jelas dan menarik
  5. ketersediaan media yang akan digunakan
  6. pertimbangan waktu yang tersedia, mulai dari persiapan penggunaan dan penyempurnaan kembali media yang digunakan
  1. Secara khusus, penggunaan media pendidikan harus memerhatikan hal-hal berikut
  1. Pemilihan media berdasarkan tujuan pembelajaran
  2. pemilihan media sesuai dengan karakter peserta didik
  3. pemilihan media sesuai dengan kondisi, situasi, waktu, dan tempat.
  4. pemilihan media sesuai dengan ketersediaan media tersebut

  1. Menurut saudara bagaimanakah hubungan pendidikan islam dan pendidikan Nasional?
Jawab :  Dari bunyi UU No. 2 tahun 1989 beserta peraturan yang menyertai jelas bahwa pendidikan agama islam adalah kurikulum wajib bagi yang harus diberikan. Jika pendidikan agama (islam) tidak diberikan, berarti tujuan pendidikan nasional tidak akan pernah tercapai secara maksimal, karena ada sebagian siswa, khususnya yang berada pada satuan pendidikan tertentu tidak mendapat pendidikan agam islam. Karena itu kehadiran guru pendidikan agama islam yang prefesional sangat dibutuhkan. Dan jika kita menengok kepada tujuan pendidikan sebagaimana tertuang dalam tujuan pendidikan nasional ( pasal 4 UU no. 2 tahun 1989) yang berbunyi “mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan menusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan,kesehatan jasmani dan rohani kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan”, maka tegas sekali tercermin disana bahwa pendidikan agama menempati peran yang sangat penting.
Dengan melihat kedua tujuan pendidikan diatas, baik tujuan pendidikan nasional maupun tujuan pendidikan islam ada kesamaan yang ingin di wujudkan yaitu: dimensi transcendental (ukhrowi) dan dimensi duniawi (material).
  1. Perbedaan sistem pendidikan islam dan sistem pendidikan barat?
Jawab
  1. sistem pendidikan Islam merupakan suatu cara dalam pemberian ilmu kepada murid tentang ilmu-ilmu Islam. Islam memiliki Al-qur’an, sunnah dan ijtihadnya para ulama sebagai konsep pendidikannya. Jadi di sini di tegaskan bahwa dalam sistem pendidikan Islam hanya membahas tentang tata cara pengajaran yang di ajarkan oleh Islam. Dari cara yang klasik hingga cara modern.
  2. Sistem pendidikan barat akan menerapkan konsep yang jauh berbeda dengan islam. Mereka akan menerapkan banyak paham dalam bidang pendidikan mereka, seperti rasionlisme, kapitalisme, feminisme, liberalisme, atheisme, dan masih banyak isme lainnya yang mereka terapkan, dan berkembang pesat di barat. Tentu saja, hal ini amat sangat bertolak belakang dengan agama islam. 

  1. Tuliskan satu ayat yang berkaitan dengan lembaga pendidikan Islam informal beserta penjelasannya?
Jawab :
  • At-tahrim ayat 6
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْوَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُون 
Artinya: Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” 
Keluarga merupakan bagian dari pendidikan informal. Karena besarnya peran keluarga dalam pendidikan, dikategorikannya sebagai lembaga pendidikan primer, utamanya untuk masa bayi dan masa kanak-kanak sampai usia sekolah. Dalam lembaga ini, sebagai pendidik adalah orang tua, kerabat, famili, dan sebagainya. Orang tua selain sebagai pendidik, juga sebagai penanggung jawab.
Oleh karena itu, orang tua dituntut menjadi teladan bagi anak-anaknya, baik berkenaan dengan ibadah, akhlak, dan sebagainya. Dengan begitu, kepribadian anak yang Islami akan terbentuk sejak dini sehingga menjadi modal awal dan menentukan dalam proses pendidikan selabjutnya yang akan ia jalani.  




Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "KUIS ILMU PENDIDIKAN ISLAM (SISTEM PENDIDIKAN ISLAM)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel