Kisah Petugas TPU Pondok Ranggon Pernah Makamkan 40 Jenazah Dalam Sehari Saat Pandemi


Updateinfoo.com
- Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon ditunjuk menjadi salah satu tempat pemakaman jenazah dengan protokol kesehatan Covid-19. Sejak pandemi melanda Tanah Air, petugas mesti memakamkan puluhan jenazah masing-masing harinya.

Jumlah jenazah dimakamkan mulai merasakan peningkatan semenjak Juni 2020. Sedangkan, ketika Idul Fitri 2020, jumlah yang dimakamkan tidak lebih dari 10 jenazah dalam sehari.

Adang, di antara penggali kubur di TPU Pondok Ranggon, bercerita. Beberapa hari yang lalu, dia bareng teman-temanya sempat memakamkan 40 jenazah dalam satu hari yang sama.

"Pokoknya dari mula Agustus hingga sekarang penambahan tinggi terus," kata Adang laksana yang dilansir Liputan6.com dalam video di Instagram Dinkes DKI Jakarta, Minggu (20/9).

Bila dikomparasikan dengan sebelum pandemi, jumlah yang dimakamkan meningkat berkali-kali lipat. Biasanya dalam sehari penggali kubur di Pondok Ranggon melulu menyediakan dua atau tiga liang lahat.

Saat ini, Adang bareng teman-temannya mesti dapat meluangkan liang lahat sebanyak-banyaknya. Untuk masa-masa kerja, mereka mesti mulai bersiap semenjak pukul 07.00 WIB sampai berlalu pemakaman.

"(Pulang) sangat malam tersebut pukul 22.00 WIB. Jam 05.00 WIB mobil (jenazah) telah antre delapan mobil," ucapnya.

Ada peristiwa yang tidak terlupakan Adang ketika bekerja sebagai penggali kubur di masa pandemi. Mobil jenazah telah mengantre dan liang lahat belum tersedia.

Dia dan semua penggali kubur bekerja keras untuk meluangkan liang lahat meskipun malam hari dan situasi saat tersebut tengah hujan deras.

"Kalau kami-kami di sini enggak kerja tambahan kasihan juga tidak sedikit jenazah yang terlantar," ujarnya.

Adang mengakui situasi lelah tentu dia rasakan bareng teman-temannya. Oleh sebab itu, dia sangat menginginkan masyarakat bisa mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan.

"Jangan berkumpul, tidak boleh ngeyel, virus tersebut memang ada," jelasnya.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat mengerjakan inspeksi ke Tempat Pemakaman Umum atau TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur, Sabtu (19/9/2020) malam.

Hal itu menurut unggahan Anies di media sosial instagram @aniesbaswedan. Dia pun menyempatkan membual dengan semua penggali kubur.

"Gundukan tanah tersebut belum memadat. Ada 45 jenazah hari ini (Sabtu) dikuburkan. Malam sudah larut, penggali kubur belum pulang. Menanti andai datang keharusan lagi di tengah malam," kata Anies.

TPU Pondok Ranggon adalahsalah satu tempat pemakaman khusus guna jenazah dengan protokol kesehatan berhubungan virus corona atau Covid-19.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut mengimbau supaya masyarakat selalu mengemban protokol yang telah diputuskan saat mengerjakan aktivitas.

"Jangan tinggalkan rumah, kecuali paling penting. Tetaplah di lokasi tinggal dulu. Jika mesti pergi keluar, selalu pakai masker," ucapnya.


Sumber: merdeka.com


Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Kisah Petugas TPU Pondok Ranggon Pernah Makamkan 40 Jenazah Dalam Sehari Saat Pandemi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel