CONTOH BAB 1 LAPORAN KKN


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ketiga yaitu pengabdian kepada masyarakat, maka tanggung jawab mahasiswa setelah mendapatkan ilmu dari kampus adalah mentransfer, menginformasikan, dan mengaplikasikan ilmunya kepada masyarakat pada umumnya dan lingkungan kependidikan khususnya. Dari hasil pengaplikasian itu seorang mahasiswa dapat diukur mengenai kesiapan dan kemampuannya sebelum akhirnya menjadi bagian dari masyarakat luas. Beranjak dari hal itu maka diadakanlah program KKN sebagai implementasi dari pengabdian kepada masyarakat dan pengaplikasian keterampilan dan ilmu pengetahuan yang dimiliki kepada masyarakat. KKN adalah mata kuliah praktik yang dilaksanakan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat. Disamping itu, program ini juga sebagai proses pengasah ketajaman kemampuan mahasiswa yang kelak nantinya akan diaplikasikan kepada masyarakat secara menyeluruh. KKN dijadikan sebagai pengalaman yang nyata bagi mahasiswa dalam upaya mempersiapkan seluruh potensi diri sebelum terjun langsung menjadi bagian masyarakat luas termasuk di dalamnya lembaga edukatif seperti sekolah dan institusi pendidikan lainnya.
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu kebutuhan dari instansi dalam rangka pengembangan sumber daya manusia dalam hal in service training. KKN merupakan salah satu bentuk pengembangan sumber daya manusia yang bersifat praktis dan diharapkan memiliki dampak langsung yang dapat dirasakan dan diimplementasikan di masyarakat. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan memberikan pelatihan dan pengalaman belajar yang berhubungan dengan masyarakat, khususnya dunia pendidikan, sehingga dapat mengidentifikasi permasalahan yang muncul dan cara mengatasinya yang berkaitan dengan dunia pendidikan.
Harapan yang ingin dicapai adalah mahasiswa dapat meningkatkan pengertian, pemahaman, dan penghayatan tentang bermasyarakat, mendapat kesempatan untuk mempraktikan bekal yang telah diperoleh selama perkuliahan kedalam proses bersosialisasi, serta mampu mendewasakan cara berpikir dan meningkatkan daya penalaran mahasiswa dalam melakukan penelaahan, perumusan, dan pemecahan masalah sosial yang ada di masyarakat.

B.     Maksud dan Tujuan KKN
Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah kegiatan kurikuler mahasiswa program S1 tingkat terakhir, yang dilaksanakan di luar kampus pada waktu tertentu, yang mencakup kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, yang dilaksanakan secara interdisipliner dan lintas sektoral. Dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid", program garapan kegiatan KKN adalah program fisik dan nonfisik. Program fisik adalah program pembuatan sarana fisik, sedangkan program nonfisik adalah program penyuluhan, pelatihan, kursus dan lain-lain. Kedua jenis program tersebut meliputi berbagai bidang seperti pendidikan, agama, sosial kemasyarakatan. Program-program tersebut disesuaikan dengan keadaan desa tempat KKN berlangsung.
1.      Tujuan
Secara umum KKN mempunyai empat tujuan, yakni :
a.       Mahasiswa memperoleh pengalaman belajar yang berharga melalui keterlibatannya dalam masyarakat, yang secara langsung menemukan, merumuskan, memecahkan dan menanggulangi masalah secara pragmatis dan interdisipliner.
b.      Mahasiswa dapat memberikan pemikiran berdasarkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan agama dalam upaya menumbuhkan, mempercepat gerak, serta mempersiapkan kader-kader pembangunan.
c.       Perguruan tinggi dapat menghasilkan lulusan yang siap menghadapi permasalahan komplek yang dihadapi oleh masyarakat dalam melaksanakan pembangunan. Dengan demikian, tamatan perguruan tinggi secara relatif menjadi siap pakai dan terlatih dalam menanggulangi permasalahan pembangunan secara lebih pragmatis dan interdisipliner.
d.      Meningkatkan hubungan antar perguruan tinggi dengan pemerintah daerah, instansi teknis, dan masyarakat sehingga perguruan tinggi dapat lebih berperan dan mampu menyesuaikan kegiatan pendidikan serta penelitiannya dengan tuntutan nyata masyarakat yang sedang membangun.

2.      Manfaat KKN
a.      Mahasiswa
1)      Memperdalam pengertian tentang cara berfikir dan bekerja secara interdisipliner sehingga dapat menghayati keterkaitan dan ketergantungan antar sektor, dan memahami perlunya kerja sama antar sektor.
2)      Memperdalam pengertian dan penghayatan terhadap manfaat ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang dipelajari.
3)      Memperdalam penghayatan dan pengertian terhadap kesulitan yang dihadapi masyarakat.
4)      Memperdalam pengertian dan penghayatan terhadap seluk-beluk keseluruhan masalah pembangunan dan perkembangan masyarakat.
5)      Mendewasakan cara berpikir dan meningkatkan daya nalar mahasiswa dalam menelaah, merumuskan, dan memecahkan masalah dalam pragmatis.
6)      Memberikan keterampilan kepada mahasiswa untuk melaksanakan pembangunan dan pengembangan masyarakat berdasarkan ilmu, teknologi, dan seni secara interdisipliner dan antar sektor.
7)      Membina mahasiswa menjadi motivator, dinamisator dan fasilitator.
8)      Memberikan pengalaman belajar dan bekerja sebagai kader pembangunan sehingga terbentuk sikap dan rasa optimis terhadap kemajuan masyarakat karena melalui pengalaman kerja dalam penelaahan, perumusan, dan pemecahan masalah secara langsung akan
b.      Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten
1)      Memperoleh bantuan pemikiran, dan tenaga, ilmu, teknologi dan seni dalam merencanakan dan melaksanakan pembaharuan.
2)      Memperoleh cara-cara baru yang dibutuhkan untuk merencanakan, merumuskan, dan melaksanakan pembangunan.
3)      Memperoleh pengalaman dalam menggali dan menumbuhkan potensi swadaya masyarakat.
4)      Memperoleh bantuan pembentukan kader-kader pengurus pembangunan dapat terjamin.
5)      Memanfaatkan bantuan pembangunan yang berada di bawah tanggung jawabnya.
c.         Perguruan Tinggi
a.       Memperoleh umpan balik sebagai hasil pengintegrasian mahasiswa sehingga kurikulum, materi perkuliahan, dan pengembangan ilmu yang dibina di perguruan tinggi dapat lebih disesuaikan dengan tuntutan nyata dan pembangunan.
b.      Memperoleh berbagai kasus yang berharga yang dapat digunakan sebagai contoh dalam memberikan materi perkuliahan dan menemukan berbagai masalah untuk pengembangan penelitian.
c.       Meningkatkan, memperluas, dan mempererat kerja sama dengan instansi serta departemen lain melalui rintisan kerja sama mahasiswa peserta KKN.


Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "CONTOH BAB 1 LAPORAN KKN "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel