Ini Seragam Baru Satpam, Mirip Sama Polisi

Updateinfoo.com - Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono membeberkan alasan perubahan warna seragam satpam yang menyerupai polisi. Awi mengatakan, perubahan warna seragam satpam sudah diatur dalam peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia nomor 4 tahun 2020 tentang pengaman swakarsa.

"Jadi sesuai dengan peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia nomor 4 tahun 2020 tentang pengaman swakarsa bahwa ada perubahan warna seragam satpam," kata Awi saat konferensi pers yang disiarkan langsung di akun youtube Divisi Humas Polri, Senin (14/9).

Awi menyebutkan, ada lima macam pakaian dinas anggota satpam yang akan disertai dengan pangkat seperti polisi. Pakaian pertama yakni pakaian dinas harian atau PDH. Kedua, pakaian dinas lapangan khusus PDL Khusus. Ketiga, pakaian dinas lapangan satu atau PDL 1. Keempat, pakaian sipil harian atau PSH, dan terakhir, pakaian sipil lengkap atau PSL.

Dia menambahkan, pemberlakuan seragam dan atribut satpam sebelumnya diatur dalam peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2007 tentang sistem manajemen pengamanan organisasi perusahaan atau instansi lembaga pemerintah.

"Aturan itu (aturan tahun 2007) tetap dapat digunakan namun wajib menyesuaikan dengan peraturan kepolisian yang baru paling lambat satu tahun. Terhitung sejak peraturan Kepala Kepolisian nomor 4 tahun 2020 diundangkan," ujarnya.

Kemudian, Awi menjelaskan makna filosofis dari pakaian seragam satpam yang baru itu. katanya, warna coklat identik dengan warna tanah, bumi, kayu dan batu. Cokelat merupakan warna netral yg melambangkan kebersahajaan pondasi, stabilitas, kehangatan, rasa aman dan nyaman serta rasa percaya keanggunan, ketabahan dan kejujuran.

"Filosofi kemiripan seragam satpam dengan polri diharapkan akan terjalin kedekatan emosional antara polri dan satpam, serta menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas," tuturnya.

"Kemudian, diharapkan bisa memuliakan profesi satpam dan menambah pergelaran fungsi kepolisian di tengah-tengah masyarakat," tambahnya.

Sumber: Merdeka.com

Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Ini Seragam Baru Satpam, Mirip Sama Polisi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel