Inilah 6 Manfaat Sarapan bagi Kesehatan, Bantu Kinerja Otak dan Tingkatkan Produktivitas

Updateinfoo.com - Sarapan sering kali disebut sebagai 'makanan terpenting', dan hal tersebut memiliki alasan yang bagus. Sarapan mengisi kembali pasokan glukosa Anda setelah tubuh beristirahat semalaman. Sarapan meningkatkan energi dan kewaspadaan, sekaligus menyediakan nutrisi penting lainnya yang diperlukan untuk kesehatan yang baik.

Banyak penelitian telah menunjukkan manfaat sarapan pagi bagi kesehatan. Sarapan meningkatkan energi dan kemampuan tubuh untuk berkonsentrasi dalam jangka pendek, dan dapat membantu manajemen berat badan yang lebih baik, mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung dalam jangka panjang.

Terlepas dari manfaat sarapan untuk kesehatan dan kesejahteraan tubuh, banyak orang sering melewatkannya dengan berbagai alasan. Padahal sarapan jelas membawa banyak manfaat yang sayang untuk dilewatkan. Berikut beberapa manfaat sarapan yang perlu Anda ketahui.

1. Mengontrol Gula Darah

Manfaat sarapan yang pertama untuk membantu mengontrol kadar gula darah. Mengutip dari webmd.com, sarapan membantu menjaga gula darah Anda tetap stabil sepanjang hari, terlepas dari apakah Anda menderita diabetes atau tidak.

Bagi orang dengan hasil tes glukosa normal, ini dapat membantu Anda menghindari resistensi insulin, yang dapat menyebabkan diabetes. Penurunan dan lonjakan gula darah juga dapat memengaruhi suasana hati, membuat Anda semakin gugup, pemarah atau marah. 

2. Baik Untuk Kesehatan Hati

Manfaat sarapan yang kedua untuk kesehatan hati. Studi menunjukkan hubungan antara sarapan dan kesehatan jantung. Pada 2017, Journal of American College of Cardiology melaporkan bahwa orang yang melewatkan sarapan lebih cenderung mengalami aterosklerosis.

Kondisi ini menyebabkan arteri Anda menyempit dan mengeras karena penumpukan plak. Ini dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Penderita aterosklerosis juga cenderung memiliki lingkar pinggang yang lebih besar, lebih berat, dan memiliki tekanan darah dan kadar kolesterol yang lebih tinggi.

Hal ini terkait dengan gula darah yang lebih tinggi, yang seiring waktu dapat meningkatkan peluang untuk terkena masalah jantung. Atau mungkin tanpa sarapan Anda akan kesulitan mendapatkan jumlah serat harian yang disarankan. 

3. Bantu Tingkatkan Konsentrasi

Manfaat sarapan yang ketiga adalah untuk membantu meningkatkan konsentrasi. Karbohidrat sangat penting untuk fungsi otak yang sehat. Dengan mengonsumsi sarapan berkualitas tinggi untuk memulai hari, Anda dapat meningkatkan daya ingat dan tingkat konsentrasi, serta meningkatkan mood dan menurunkan stres.

Berbagai penelitian di antara anak-anak menunjukkan bahwa anak-anak yang makan sarapan cenderung memiliki keterampilan kognitif yang lebih baik dan kinerja yang lebih baik di sekolah. 

4. Bantu Kontrol Nafsu Makan

Manfaat sarapan yang keempat untuk membantu mengontrol nafsu makan. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan tinggi protein — seperti telur dadar atau yoghurt Yunani — membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, mencegah Anda makan berlebihan atau membuat pilihan makanan yang buruk di kemudian hari.

Dalam sebuah penelitian, magnetic resonance imaging (MRI) menunjukkan berkurangnya aktivitas di bagian otak yang membuat kebutuhan makanan selama beberapa jam setelah makanan pertama yang mengandung banyak protein. 

5. Bantu Kontrol Berat Badan

Manfaat sarapan yang kelima untuk membantu mengontrol berat badan. Orang yang rutin sarapan pagi cenderung tidak mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Makan pagi dianggap dapat membantu Anda mengontrol berat badan karena:

  • Mencegah fluktuasi besar dalam kadar glukosa darah, membantu Anda mengendalikan nafsu makan.
  • Sarapan membuat Anda kenyang sebelum benar-benar lapar, sehingga Anda cenderung tidak makan sembarangan saat lapar (misalnya makanan berenergi tinggi, makanan berlemak tinggi dengan tambahan gula atau garam).

6. Bantu Cegah Diabetes Tipe 2

Manfaat sarapan yang keenam untuk membantu mencegah Anda terkena diabetes tipe 2. Terdapat penelitian signifikan yang menunjukkan bahwa Anda mungkin dapat mencegah diabetes dengan makan sarapan yang sehat secara teratur.

Dalam studi yang dilakukan selama program 10 tahun, peneliti menemukan bahwa orang yang rutin sarapan pagi menurunkan risiko diabetes hingga hampir 30%. Penjelasan yang mungkin untuk hal ini adalah bahwa melewatkan sarapan pagi dapat menyebabkan resistensi insulin, yang merupakan ciri Diabetes Tipe 2.

Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Inilah 6 Manfaat Sarapan bagi Kesehatan, Bantu Kinerja Otak dan Tingkatkan Produktivitas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel