Inilah 6 Manfaat Teh Daun Kelor Kering Bagi Kesehatan, Cegah Diabetes dan Radang

Updateinfoo.com - Moringa oleifera Lam yang dikenal dengan nama Kelor adalah salah satu tanaman yang bergizi, sejak dahulu dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai tanaman yang berkhasiat. Mengutip Jurnal Kedokteran UPN Veteran Jakarta, ekstrak air daun kelor memiliki kandungan senyawa aktif alkaloid, saponin, tannin, fenol, flavonoid, triterpenoid, steroid, dan glikosida (Pradana, 2019).

Daun Kelor kering per 100g mengandung air 7,5%, kalori 205g, karbohidrat 38,2g, protein 27,1g, lemak 2,3g, serat 19,2g, kalsium 2003mg, magnesium 368mg, fosfor 204mg, tembaga 0,6mg, besi 28,2mg, sulfur 870mg, dan potasium 1324mg (Haryadi, 2011).

Daun kelor dalam pembuatan teh sangat bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung kandungan flavonoid sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Menurut Sashidhara et al. (2009) beberapa bagian dari kelor digunakan dalam pengobatan penyakit seperti rematik, kelumpuhan dan epilepsi, selain itu ekstrak daun, biji, dan akar dari pohon kelor telah dipelajari secara ekstensif dan analgesik.

Teh yang dibuat dari daun kelor kering lantas menjadi minuman populer berkat informasi kandungannya yang menakjubkan. Berikut adalah 6 manfaat teh daun kelor kering yang paling utama:

1. Kaya Antioksidan

Manfaat teh daun kelor kering yang pertama terdapat dalam kandungan antioksidannya. Antioksidan adalah senyawa yang bekerja melawan radikal bebas di tubuh. Kadar radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif, yang terkait dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2, mengutip dari healthline.com.

Beberapa senyawa tanaman antioksidan telah ditemukan di daun kelor kering. Selain vitamin C dan beta-karoten, kandungan lainnya adalah;
  • Quercetin: Antioksidan kuat ini dapat membantu menurunkan tekanan darah.
  • Asam klorogenat: Juga ditemukan dalam jumlah tinggi dalam kopi, asam klorogenat dapat membantu menurunkan kadar gula darah setelah makan.
Penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi 1,5 sendok teh (7 gram) bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan secara signifikan meningkatkan kadar antioksidan darah. Ekstrak daun kelor juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan. Ini meningkatkan umur simpan daging dengan mengurangi oksidasi.

2. Turunkan Kadar Gula Darah

Manfaat teh daun kelor kering yang kedua adalah untuk membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh Anda. Gula darah tinggi bisa menjadi masalah kesehatan yang serius. Faktanya, ini adalah ciri utama diabetes.

Seiring waktu, kadar gula darah yang tinggi meningkatkan risiko banyak masalah kesehatan yang serius, termasuk penyakit jantung. Untuk alasan ini, penting untuk menjaga gula darah Anda dalam batas yang sehat.

Daun kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah danjuga membantu orang yang menderita diabetes, karena mengandung asam klorogenat antioksidan. Selain itu, daun kelor juga kaya vitamin C, yang telah terbukti mengurangi gula darah dan tekanan darah pada pasien diabetes tipe-2.

3. Kurangi Peradangan

Manfaat teh daun kelor kering yang ketiga adalah untuk membantu mengurangi peradangan. Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Ini adalah mekanisme perlindungan yang penting tetapi dapat menjadi masalah kesehatan yang besar jika terus berlanjut dalam jangka waktu yang lama.

Faktanya, peradangan berkelanjutan dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker. Sebagian besar buah, sayuran, bumbu, dan rempah-rempah utuh memiliki sifat anti-inflamasi. Namun, sejauh mana mereka dapat membantu tergantung pada jenis dan jumlah senyawa anti-inflamasi yang dikandungnya.

Para ilmuwan percaya bahwa isothiocyanate adalah senyawa anti-inflamasi utama pada daun, polong, dan biji kelor. 

4. Hilangkan Lemak

Manfaat teh daun kelor kering yang ke empat adalah untuk membantu Anda menghilangkan lemak yang berlebihan dalam tubuh. Daun kelor dikenal kaya akan sejumlah vitamin dan mineral esensial dan juga dikatakan membantu memobilisasi lemak visceral yang tersimpan.

Teh kaya akan antioksidan, terutama polifenol atau senyawa tumbuhan di dalamnya. Mengutip food.ndtv.com, teh kelor terbukti memiliki efek penurunan berat badan. Produksi energi terjadi alih-alih penyimpanan lemak karena daun kelor rendah lemak dan padat nutrisi dan dapat mudah dilihat sebagai alternatif makanan berkalori tinggi.

5. Tingkatkan Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Manfaat teh daun kelor kering yang kelima adalah untuk membantu meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit. 

Kemampuan antioksidan yang kuat dari kelor dapat membantu meningkatkan kualitas kulit dan rambut, dengan melawan peradangan dan stres oksidatif dalam tubuh. Antioksidan dapat membantu menjauhkan racun dan berpotensi membersihkan kulit.

6. Kontrol Tekanan Darah

Manfaat teh daun kelor yang ke enam adalah untuk membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh Anda. Teh kelor, yang dibuat dari daun kelor kering yang digiling, dikatakan dapat membantu mengontrol tekanan darah.

Ini dihubungkan dengan adanya quercetin di dalamnya, yang dikatakan dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, ini juga dapat membantu pasien BP melawan peradangan, karena kemampuan anti-oksidatifnya.

Teh daun kelor kering dalam bentuk kemasan siap minum saat ini telah banyak tersedia di toko maupun supermarket. Anda bahkan bisa dengan mudah membelinya secara online. Namun jika Anda ingin yang segar dan alami, Anda bisa menanam dan memetik sendiri daun kelor di rumah dan mengeringkannya untuk kemudian diseduh menjadi teh.

Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Inilah 6 Manfaat Teh Daun Kelor Kering Bagi Kesehatan, Cegah Diabetes dan Radang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel