Yuk Kenali 5 Bahaya Makanan Beku bagi Kesehatan Tubuh, Ubah Pola Makan Anda

Updateinfoo.com - Bagi siapa saja yang menginginkan makanan cepat saji, makanan beku sering menjadi pilihan favorit. Selain karena mudah dan praktis, rasanya pun juga sangat lezat. Namun, bagi Anda yang sering mengonsumsi makanan beku, sebaiknya segera kurangi asupan makanan ini.

Mengonsumsi makanan beku bisa berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi makanan beku dapat memicu penyakit jantung, diabetes bahkan merusak dan merusak sel-sel tubuh. Dilansir dari stylecraze.com, berikut beberapa bahaya makanan beku bagi kesehatan tubuh:

Kandungan dalam Makanan Beku

Makanan beku terutama makanan siap saji seringkali mengandung banyak sodium. dilansir dari liputan6.com, kelebihan sodium ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, yang berkaitan dengan penyakit jantung dan stroke. Anda harus membatasi konsumsi sodium tidak lebih dari 2.300 miligram per hari.

Jika Anda berusia di atas 50 tahun, atau memiliki kondisi berupa tekanan darah tinggi, diabetes atau penyakit ginjal kronis, Anda harus membatasi natrium tidak lebih dari 1.500 miligram per hari. Sebagai perbandingan, satu potong lasagna beku dengan saus daging bisa mengandung lebih dari 900 miligram sodium.

Beberapa makanan beku mengandung lemak yang sangat tinggi. Karena lemak mengandung dua kali jumlah kalori dibandingkan dengan karbohidrat atau protein, makanan beku sering membuat konsumsi kalori menjadi berlebih. 

Bahaya Makanan Beku
Bahaya makanan beku yang pertama yaitu dapat menyebabkan diabetes. Pati digunakan untuk menjaga kesegaran makanan beku. Pati ini juga menambah rasa dan tekstur pada makanan. Namun, pati pada dasarnya adalah polimer glukosa.
 
Tubuh mengubah glukosa ini menjadi gula sebelum dicerna. Meskipun tidak mengonsumsi glukosa cukup berisiko dan dapat menyebabkan komplikasi, diet yang mengandung glukosa berlebih juga berdampak buruk bagi tubuh Anda. Gula berlebih dapat meningkatkan risiko tertular diabetes sekaligus merusak jaringan tubuh. Jika Anda memiliki kecenderungan diabetes, disarankan untuk menghindari makanan beku. 

Penyakit Jantung

Bahaya makanan beku yang kedua adalah dapat menyebabkan penyakit jantung. Makanan beku kaya akan lemak trans, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan juga berkontribusi pada penyumbatan arteri. Lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (jahat) dan juga menurunkan kadar kolesterol HDL (baik).

Garam biasanya digunakan cukup luas sebagai pengawet. Terkadang, makanan beku mengandung lebih banyak garam, sehingga dapat meningkatkan kadar kolesterol, sekaligus meningkatkan tekanan darah. Semua faktor ini membuat makanan beku berbahaya bagi tubuh. 

Tingkatkan Tekanan Darah

Bahaya makanan beku yang ketiga adalah dapat meningkatkan tekanan darah. Makanan beku mengandung berbagai jenis pengawet yang memiliki efek yang bervariasi pada tubuh. Makanan beku, yang tinggi gula atau garam, dapat berpengaruh buruk terhadap tekanan darah, dan menyebabkan lonjakan tekanan darah yang dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius seperti hipertensi.

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa garam berperan penting dalam menentukan tingkat tekanan darah. Penelitian lain menyimpulkan bahwa pengurangan konsumsi garam telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah. 

Kanker

Bahaya makanan beku yang keempat adalah dapat menyebabkan kanker. Studi menyimpulkan bahwa mengonsumsi makanan beku, khususnya daging, dapat menyebabkan kanker pankreas. Sebuah studi yang dilakukan menemukan bahwa hot dog dan sosis beku meningkatkan risiko tertular kanker lebih dari 65%.

Bahan pengawet seperti sirup jagung, yang terdiri dari glukosa, tercatat sebagai zat karsinogenik. Akrilamida, zat lain yang ditemukan pada makanan beku yang dimasak, juga menunjukkan kecenderungan karsinogenik. 

Resiko Lainnya

Bahaya makanan beku yang lainnya adalah bahan kimia yang ada pada makanan beku. Kita tahu bahwa makanan beku dilapisi dengan bahan kimia berbahaya yang membantu makanan bertahan lebih lama.

Salah satu zat aditif yang paling populer, Monosodium Glutamate atau MSG, menyebabkan kesemutan pada anggota badan, mual, sakit kepala, nyeri dada, jantung berdebar, kelelahan, dan pusing. Terlalu banyak zat tambahan ini juga dapat menyebabkan kesulitan bernapas yang serius.

Ini adalah beberapa bahaya makanan beku. Akan lebih baik jika Anda bergerak dan menyiapkan makanan sendiri. Karena kemalasan memasak Anda dapat menyebabkan berbagai jenis kondisi medis seperti disebutkan sebelumnya.

Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Yuk Kenali 5 Bahaya Makanan Beku bagi Kesehatan Tubuh, Ubah Pola Makan Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel