Survei Indikator soal Kepemimpinan: RK Unggul Komunikasi, Anies Paling Peka

Updateinfoo.com - Lembaga Indikator Politik melakukan survei terhadap sejumlah pemuka opini (opinion leaders) tentang sosok kepemimpinan di masa pandemi COVID-19. Dalam survei itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dinilai baik dalam penanganan COVID-19.

Survei dilakukan dengan mewawancara 304 pemuka opini dalam kategori akademisi, media massa, LSM, dan elite usaha yang tersebar di 20 kota di seluruh Indonesia. Survei dilakukan selama bulan Juli 2020 serta tidak memiliki kerangka sampel responden. Survei ini juga hanya mewakili suara dari 304 responden tersebut.

Menurut Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi, hasil survei menyebut pemerintah daerah dianggap lebih komunikatif ke masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19. RK mendapat urutan pertama sebagai kepala daerah yang dinilai komunikatif kepada warga dengan skor 73,4, kemudian diikuti Ganjar dengan skor 73,2, kemudian Anies dengan skor 72,1.

"Paling tinggi RK kemudian disusul Ganjar dan ketiga adalah Anies. Tapi selisih skor dari tiga nama ini tidak signifikan dalam membangun komunikasi. Tapi dibanding pemimpin daerah yang lain itu lebih baik," ujar Burhanuddin saat merilis hasil survei melalui diskusi daring bertema 'Efek Kepemimpinan dan Kelembagaan dalam Penanganan COVID-19' pada Kamis (20/8/2020).

Lebih lanjut, hasil survei itu juga mengungkapkan Anies, RK, dan Ganjar sebagai kepala daerah yang dianggap memiliki kepekaan terhadap krisis pandemi COVID-19. Menurutnya, Anies memiliki skor tertinggi dengan nilai 72,9, kemudian diikuti RK dengan skor 72,1, dan Ganjar dengan skor 71,0.

"Opinion maker memberi kredit lebih besar kepada pemerintah daerah dalam menunjukkan kepekaan dalam menghadapi krisis. Kalau dilihat nama-nama siapa di antara nama berikut yang memiliki sense of crisis. 100 artinya paling tinggi. Anies paling tinggi, tapi beda selisih sama RK yang diperingkat kedua dan Ganjar di peringkat ketiga tidak signifikan secara statistic," ucapnya.

Selain itu, menurut Burhanuddin, ketiga nama gubernur itu juga mendapat poin tertinggi terkait koordinasi selama bekerja menangani pandemi Corona. Dalam kategori ini, RK berada di posisi pertama dengan skor 72,4, diikuti Ganjar dengan skor 71,9, serta Anies dengan skor 71,6.

"Kalau ditanya siapa nama-nama berikut dari pemerintah pusat yang dianggap sukses membangun koordinasi kerja? Lagi-lagi tiga nama itu. Di sini Anies meskipun selisihnya tidak signifikan dibanding peringkat pertama dan peringkat kedua, itu berada dinomor 3," ucap Burhanuddin.

Sumber: detik.com

Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Survei Indikator soal Kepemimpinan: RK Unggul Komunikasi, Anies Paling Peka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel