Inilah Beberapa Manfaat Minum Teh Sebelum Tidur, Perhatikan Cara Konsumsi yang Tepat

Updateinfoo.com - Teh merupakan salah satu jenis minuman herbal yang mempunyai berbagai macam khasiat kesehatan bagi tubuh. Dalam hal ini, teh secara khusus mempunyai kandungan antioksidan tinggi yang dapat membantu tubuh melawan senyawa radikal bebas. Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan dapat melawan berbagai serangan penyakit.

Tidak heran, jika konsumsi teh menjadi salah satu pola hidup sehat yang sudah ada sejak zaman dahulu. Bahkan dikatakan, konsumsi teh sebelum tidur dapat memberikan manfaat tersendiri. Dalam hal ini, teh dapat memberikan sensasi tenang atau rileks pada tubuh. Dengan begitu, tubuh akan lebih mudah mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Manfaat minum teh sebelum tidur ini tentu sayang untuk dilewatkan. Terutama bagi Anda yang sering kali mempunyai gangguan sulit tidur. Dengan mengonsumsi teh sebelum tidur bisa membantu memperbaiki waktu dan kualitas tidur menjadi lebih baik. Namun bagaimana cara yang baik agar manfaat minum teh sebelum tidur bisa didapatkan secara maksimal.

Selain itu, hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan mengonsumsi teh sebelum tidur? Dilansir dari situs Healthline, berikut kami telah merangkum penjelasan manfaat minum teh sebelum tidur beserta hal-hal lain yang perlu diperhatikan secara lengkap untuk Anda.

Kandungan Baik dalam Teh

Sebelum mengetahui penjelasan mengenai manfaat minum teh sebelum tidur, perlu diketahui pula nutrisi saja yang terkandung dalam minuman teh. Berikut beberapa kandungan baik dalam teh yang dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh:

Katekin : tidak lain adalah kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk melawan senyawa radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan antioksidan ini juga mempunyai banyak khasiat untuk pengobatan dan pencegahan penyakit.

Kafein : yaitu merupakan kandungan yang biasanya juga ditemukan pada minuman kopi, cokelat, dan teh. Kandungan ini bermanfaat untuk meningkatkan fungsi sel saraf, meningkatkan mood atau suasana hati, serta memori atau ingatan dalam otak.

Asam amino : merupakan kandungan theanine yang dinilai sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak, mengurangi stres, dan meningkatkan relaksasi pada tubuh. Ini merupakan salah satu kandungan yang dapat memberikan manfaat baik bagi tubuh untuk kualitas tidur yang baik. 

Manfaat Minum Teh Sebelum Tidur

Setelah memahami berbagai macam kandungan baik yang terdapat dalam teh, berikutnya akan diulas seperti apa manfaat minum teh sebelum tidur. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa konsumsi teh sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur menjadi lebih baik.

Dalam hal ini, kandungan theanine bekerja mengurangi hormon yang berhubungan dengan stres dan meningkatkan fungsi neuron kebahagiaan dalam otak. Bukan hanya itu, kandungan ini juga dapat meningkatkan perasaan tenang dan rileks pada tubuh.

Sehingga secara tidak langsung, melalui kandungan theanine tersebut Anda bisa mendapatkan kualitas dan kuantitas tidur yang lebih baik. Ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi gangguan tidur yang bisa dengan mudah dan efektif. Meskipun begitu, Anda juga perlu mengetahui efek lain yang ditimbulkan setelah mengonsumsi teh sebelum tidur. Berikut penjelasan yang perlu disimak.

Efek Lain yang Ditimbulkan

Meskipun diketahui bahwa manfaat minum teh sebelum tidur bisa membantu mendapatkan kualitas dan kuantitas istirahat yang baik. Namun ternyata terdapat beberapa efek lain yang ditimbulkan saat mengonsumsi teh sebelum tidur. Berikut beberapa efek lain yang perlu diperhatikan: 

1. Kafein Membuat Kesulitan Tidur

Meskipun kandungan theanine dapat membantu tubuh lebih rileks dan mendapatkan kualitas tidur lebih baik, namun bagi sebagian orang yang sensitif dengan kandungan kafein dapat menyebabkan kondisi sulit tidur. Dengan begitu, bagi orang yang sensitif terhadap kafein sebaiknya mengonsumsi teh rendah kafein. Atau bisa dengan merendam teh pada suhu ruangan bukan air mendidih, untuk mengurangi kandungan kafein di dalamnya. 

2. Sering Buang Air Kecil

Efek lain yang ditimbulkan saat minum teh sebelum tidur adalah sering buang air kecil. Hal ini umum terjadi terutama saat Anda mengonsumsi teh atau minuman berkafein lainnya kurang dari dua jam sebelum tidur. Efek ini tidak lain disebabkan oleh sifat diuretik yang dapat meningkatkan produksi urine.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Setelah mengetahui manfaat minum teh sebelum tidur beserta efek-efek lain yang ditimbulkan, dapat dipahami bahwa konsumsi teh sebelum tidur memang baik untuk membantu perbaikan kualitas tidur. Konsumsi teh juga dapat membantu tubuh lebih rileks dan membuat tidur lebih nyenyak.

Namun, sebaiknya konsumsi teh dapat dilakukan di siang hari atau sore hari. Sebab, jika konsumsi teh dilakukan kurang dari 2 jam sebelum tidur justru akan mengganggu kualitas tidur Anda. Di mana tubuh akan menampung lebih banyak cairan sehingga membuat Anda buang air kecil lebih sering. Ini menjadi hal yang perlu diperhatikan agar manfaat minum teh sebelum tidur bisa didapatkan dengan baik dan optimal.

Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Inilah Beberapa Manfaat Minum Teh Sebelum Tidur, Perhatikan Cara Konsumsi yang Tepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel