Inilah 10 Poin Terkait Pidato Presiden Jokowi 'Bajak Momentum Krisis'

Updateinfoo.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpidato dalam sidang tahunan MPR. Jokowi mengajak bangsa Indonesia menjadikan momentum krisis akibat pandemi virus Corona (COVID-19) untuk melakukan lompatan besar.

Sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD dalam rangka Peringatan HUT ke-75 RI digelar di Gedung Nusantara, Jakarta, pada jumat (14/8/2020). Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR-DPD RI yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi yang mengenakan baju adat Sabu memberi pidato seusai sambutan Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan Ketua DPR Puan Maharani. Jokowi menyampaikan sejumlah pernyataan.

Salah satu poin pidato Jokowi adalah ajakan untuk membajak momentum krisis ini menjadi lompatan besar. Dia juga bicara tentang penegakan hukum, pemberantasan korupsi, hingga menyentil pihak yang merasa paling agamis atau Pancasilais.

Berikut poin pidato Jokowi 'bajak momentum krisis': 

Sidang Tahunan Berubah Total

Jokowi menyebut sidang tahunan berubah total tahun 2020 ini. Jokowi menyoroti kursi-kursi di ruangan sidang tahunan yang sengaja dikosongkan karena COVID-19. Jokowi menyebut peringatan HUT ke-75 RI berubah total.

"Semestinya, seluruh kursi di ruang sidang ini terisi penuh, tanpa ada satu kursi pun yang kosong. Semestinya, sejak 2 minggu yang lalu, berbagai lomba dan kerumunan penuh kegembiraan, karnaval-karnaval perayaan peringatan hari kemerdekaan diadakan, menyelimuti suasana bulan kemerdekaan ke-75 tahun Indonesia merdeka," kata Jokowi.

"Namun, semua yang sudah kita rencanakan tersebut harus berubah total," imbuh Jokowi.

Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR-DPR-DPD (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR-DPR-DPD (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden) Foto: Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR-DPR-DPD (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Dalam sidang tahunan MPR-DPR-DPD 2020, tercatat 161 anggota dewan menghadiri secara fisik dan 274 hadir secara virtual dari tempat masing-masing.

Meski demikian, Jokowi meminta masyarakat tetap bersyukur di peringatan HUT ke-75 RI meski semuanya berubah. 

Bajak Momentum Krisis untuk Lompatan Besar

Jokowi mengajak bangsa Indonesia mengambil momentum krisis akibat pandemi COVID-19 untuk melakukan lompatan besar. Menurut Jokowi, saat ini merupakan waktu untuk melakukan transformasi besar di segala bidang.

"Inilah saatnya kita membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar, menjalankan strategi besar. Strategi besar di bidang ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial, kebudayaan, termasuk kesehatan dan pendidikan. Saatnya kita bajak momentum krisis untuk melakukan lompatan-lompatan besar," kata Jokowi. 

Perjuangan Hambat Corona Sudah Luar Biasa

Jokowi menyebut perjuangan untuk menghambat penyebaran virus Corona sudah luar biasa mulai dalam mengobati pasien COVID-19 hingga mencegah kematian.

"Perjuangan untuk menghambat penyebaran COVID-19 mengobati yang sakit, dan mencegah kematian sudah luar biasa kita lakukan," kata Jokowi.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di lokasi sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020).10 Poin Pidato Jokowi 'Bajak Momentum Krisis' Foto: ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY 

Penghargaan Tinggi untuk Tenaga Medis-Relawan

Jokowi lantas mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan tinggi kepada para dokter dan perawat.

"Perjuangan untuk menghambat penyebaran COVID-19, mengobati yang sakit, dan mencegah kematian sudah luar biasa kita lakukan. Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para dokter dan perawat," ujar Jokowi.

Selain itu, ucapan terima kasih juga disampaikan kepada seluruh pihak yang terlibat, di antaranya rumah sakit, tokoh masyarakat, TNI, Polri, hingga ASN.

Menurut Jokowi, dengan adanya pandemi, reformasi fundamental dalam sektor kesehatan perlu dipercepat. Dengan prioritas penguatan kapasitas SDM, pengembangan rumah sakit serta industri obat dan alat kesehatan. 

Pemerintah Tidak Main-main Berantas Korupsi

Jokowi menegaskan pemerintah tak pernah main-main untuk memberantas korupsi.

"Pemerintah tidak pernah main-main dengan upaya pemberantasan korupsi," ujar Jokowi.

Upaya pencegahan korupsi, kata Jokowi, terus ditingkatkan melalui tata kelola yang transparan dan efisien. Jokowi mengatakan hukum harus ditegakkan tanpa pandang bulu.

Penegakan Nilai Demokrasi Tidak Bisa Ditawar

Jokowi menegaskan penegakan nilai-nilai demokrasi tidak bisa ditawar. Dia meminta demokrasi di Indonesia harus berjalan dengan baik.

"Penegakan nilai-nilai demokrasi juga tidak bisa ditawar. Demokrasi harus tetap berjalan dengan baik, tanpa mengganggu kecepatan kerja dan kepastian hukum, serta budaya adiluhung bangsa Indonesia," kata Jokowi.

Presiden Joko Widodo membungkukkan badan untuk memberi hormat kepada pimpinan dan anggota dewan di Sidang Tahunan MPR, Jumat (14/8/2020).10 Poin Pidato Jokowi 'Bajak Momentum Krisis' Foto: Agung Pambudhy

Jokowi mengatakan agenda Pilkada 2020 harus tetap berjalan meskipun pandemi virus Corona (COVID-19) masih berlangsung. Pilkada 2020, kata dia, harus dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. 

Jangan Ada yang Merasa Paling Agamis-Pancasilais

Jokowi menjelaskan demokrasi di Indonesia menjamin kebebasan dan menghargai hak orang lain. Jokowi tidak ingin ada orang yang merasa paling agamis dan Pancasilais.

"Demokrasi memang menjamin kebebasan, namun kebebasan yang menghargai hak orang lain. Jangan ada yang merasa paling benar sendiri, dan yang lain dipersalahkan. Jangan ada yang merasa paling agamis sendiri. Jangan ada yang merasa paling Pancasilais sendiri," ujar Jokowi.

"Semua yang merasa paling benar dan memaksakan kehendak, itu hal yang biasanya tidak benar," imbuhnya.

Menurut Jokowi, bangsa Indonesia menjunjung tinggi kebersamaan serta penuh toleransi. Dengan demikian, masa-masa krisis saat ini bisa ditangani. 

Target Tidak Sekadar Keluar Pandemi, Tapi Lompatan Besar

Jokowi menyebut target Indonesia tidak sekadar keluar dari pandemi, tapi juga melakukan lompatan besar.

"Saatnya kita bajak momentum krisis untuk melakukan lompatan-lompatan besar. Pada usia ke-75 tahun ini, kita telah menjadi negara Upper Middle Income Country. 25 tahun lagi, pada usia seabad Republik Indonesia, kita harus mencapai kemajuan yang besar, menjadikan Indonesia Negara Maju," ujar Jokowi.

"Target kita saat ini bukan hanya lepas dari pandemi, bukan hanya keluar dari krisis. Langkah kita adalah melakukan lompatan besar memanfaatkan momentum krisis yang saat ini sedang terjadi," imbuhnya.
 
Menurut Jokowi, krisis memberikan momentum untuk mengejar ketertinggalan dan melakukan transformasi besar dengan melaksanakan strategi besar. Jokowi mengajak seluruh masyarakat untuk memecahkan masalah yang tengah dihadapi bangsa Indonesia.

Jokowi juga mengajak seluruh masyarakat menjadikan Indonesia maju. Dengan demikian, Indonesia bisa bersaing dengan negara maju lainnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di kompleks parlemen, Jakarta, untuk mengikuti sidang tahunan MPR-DPR, Jumat (14/8/2020). Jokowi mengenakan pakaian adat NTT, baju adat Sabu.10 Poin Pidato Jokowi 'Bajak Momentum Krisis' Foto: Agung Pambudhy

Media Semestinya Tidak dikendalikan untuk Dulang Klik

Jokowi berharap semua platform teknologi mendukung transformasi kemajuan bangsa. Peran media digital, kata Jokowi, harus diarahkan untuk membangun nilai kebangsaan.

"Saya ingin semua platform teknologi harus mendukung transformasi kemajuan bangsa. Peran media digital yang saat ini sangat besar harus diarahkan untuk membangun nilai-nilai kemanusiaan dan kebangsaan," kata Jokowi.

"Semestinya, perilaku media tidak dikendalikan untuk mendulang click dan menumpuk jumlah like, tapi seharusnya didorong untuk menumpuk kontribusi bagi kemanusiaan dan kepentingan bangsa," sambungnya. 

Apresiasi Lembaga Negara Lakukan Langkah Ekstraordinary saat Pandemi 

Jokowi berterima kasih kepada anggota lembaga-lembaga negara yang disebutnya melakukan langkah extraordinary saat pandemi COVID-19. Rasa terima kasih disampaikan mulai dari ke MPR/DPR/DPD hingga lembaga di bidang ekonomi dan hukum.

Sumber: detik.com

Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Inilah 10 Poin Terkait Pidato Presiden Jokowi 'Bajak Momentum Krisis'"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel