Selamat Tahun Baru Islam 1442 H, Inilah Beberapa Peristiwa Penting di Bulan Muharam

Updateinfoo.com - Muharam menjadi bulan pembuka dalam sistem penanggalan Islam yang akan mengalami pergantian pada Kamis (20/8/2020). Tahun Baru Islam 1442 H memberi banyak doa dan harapan bagi seluruh masyarakat.

Dalam haditsnya, Nabi Muhammad SAW telah menjelaskan istimewanya bulan Muharram dan ibadah yang dilakukan bagi umat Islam.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، - رضى الله عنه - قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ "‏ أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ ‏"

Artinya: Seperti dilaporkan Abu Huraira, Rasulullah SAW mengatakan, "Puasa terbaik setelah Ramadhan adalah bulan milik Allah SWT, Al-Muharram, dan sholat terbaik setelah yang wajib adalah yang dilakukan pada malam hari." (HR Muslim.)

Berbagai peristiwa penting terjadi di bulan pertama Tahun Baru Islam tepatnya pada 10 Muharram. Dalam keterangannya yang diterima detikcom, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU Jombang) menjelaskan peristiwa penting yang terjadi pada 10 Nabi.

Berikut peristiwa penting pada bulan Muharram di Tahun Baru Islam: 

1. Isthofa Adama.

Peristiwa ini adalah saat taubat Nabi Adam AS diterima Allah SWT setelah sempat berdosa dan diturunkan ke bumi. Berikut doa Nabi Adam AS hingga Allah SWT menerima taubatnya seperti tertulis dalam surat Al-A'raf ayat 23

قَالَا رَبَّنَا ظَلَمْنَآ أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ ٱلْخَٰسِرِينَ

Arab latin: Qala rabbana zalamna anfusana wa il lam tagfir lana wa tar-hamna lanakunanna minal-khasirin

Artinya: Keduanya berkata: "Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi. 

2. Allah SWT mengangkat Nabi Idris AS ke langit.

Sosok Nabi Idris AS disebutkan dalam Al Quran Al-Anbiya ayat 85 memiliki karakter yang istimewa dan sangat sabar

وَإِسْمَٰعِيلَ وَإِدْرِيسَ وَذَا ٱلْكِفْلِ ۖ كُلٌّ مِّنَ ٱلصَّٰبِرِينَ

Arab latin: Wa isma'ila wa idrisa wa zal-kifl, kullum minas-sabirin

Artinya: "Dan (ingatlah kisah) Ismail, Idris dan Dzulkifli. Semua mereka termasuk orang-orang yang sabar."

3. Berlabuhnya perahu Nabi Nuh AS di atas Gunung Judd saat air menggenangi bumi selama 150 hari.

Saat itu dikisahkan, air turun dari langit berwarna kuning dan keluar dari bumi dengan warna merah. Pada peristiwa di tanggal 10 Muharram ini, bangunan yang nantinya dikenal sebagai Ka'bah sempat roboh. 

4. Allah SWT mengangkat Nabi Ibrahim AS sebagai khalilullah atau kekasih Allah SWT.

Dalam tulisan berjudul Peristiwa Bersejarah di Bulan Muharram yang diupload di situs Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (UNWAHA), 10 Muharram juga merupakan momen saat Nabi Ibrahim AS diselamatkan dari api yang dinyalakan Raja Namrud. 

5. Pengampunan Allah SWT diterima Nabi Daud AS.

Kisah pengampunan Allah SWT kepada Nabi Daud AS adalah cerita yang sudah sangat terkenal. Dijelaskan dalam situs UNWAHA, Allah SWT menegur Nabi Daud AS yang merebut istri orang melalui dua malaikat yang menyamar sebagai orang biasa.

6. Nabi Sulaiman AS mendapatkan kembali kerajaannya setelah sempat hilang dan sang nabi kehilangan kekuatan.

Kisah Nabi Sulaiman AS yang sempat kehilangan kerajaan dan kekuatan disebutkan dalam Al Quran surat Shad ayat 34

وَلَقَدْ فَتَنَّا سُلَيْمَٰنَ وَأَلْقَيْنَا عَلَىٰ كُرْسِيِّهِۦ جَسَدًا ثُمَّ أَنَابَ

Arab latin: Wa laqad fatanna sulaimana wa alqaina 'ala kursiyyihi jasadan summa anab

Artinya: "Dan sesungguhnya Kami telah menguji Sulaiman dan Kami jadikan (dia) tergeletak di atas kursinya sebagai tubuh (yang lemah karena sakit), kemudian ia bertaubat." 

7. Allah SWT memberikan kesembuhan pada Nabi Ayub AS.

Nabi Ayub AS saat itu dikisahkan mengalami ujian berupa penyakit yang tidak juga sembuh. Namun dia tidak menyerah hingga Allah SWT memberinya kesembuhan pada 10 Muharram. Ayat yang dibaca Nabi Ayub AS tercantum dalam surat Al Anbiya ayat 83

وَأَيُّوبَ إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُۥٓ أَنِّى مَسَّنِىَ ٱلضُّرُّ وَأَنتَ أَرْحَمُ ٱلرَّٰحِمِينَ

Arab latin: Wa ayyuba iz nada rabbahu anni massaniyad-durru wa anta ar-hamur-rahimin

Artinya: Dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika ia menyeru Tuhannya: "(Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang." 

8. Nabi Yunus AS keluar dari perut ikan setelah berada di dalamnya selama 40 hari.

Kisah Nabi Yunus AS pada 10 Muharram mengajarkan jangan menyerah menghadapi kesulitan hidup dan tidak segan berkorban. Doa Nabi Yunus AS yang dibaca hingga keluar dari perut ikan tercantum dalam surat Al Anbiya ayat 87

وَذَا ٱلنُّونِ إِذ ذَّهَبَ مُغَٰضِبًا فَظَنَّ أَن لَّن نَّقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَىٰ فِى ٱلظُّلُمَٰتِ أَن لَّآ إِلَٰهَ إِلَّآ أَنتَ سُبْحَٰنَكَ إِنِّى كُنتُ مِنَ ٱلظَّٰلِمِين

Arab latin: Wa zan-nuni iz zahaba mugadiban fa zanna al lan naqdira 'alaihi fa nada fiz-zulumati al la ilaha illa anta sub-hanaka inni kuntu minaz-zalimin

Artinya: Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: "Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim."

9. Nabi Yusuf AS dan Nabi Yakub AS bertemu kembali setelah terpisah 40 tahun.

Kisah Nabi Yusuf AS dan Yakub AS memberi banyak pelajaran seputar kesabaran orang tua menghadapi anak-anaknya. Nabi Yakub AS memohon pengampunan pada anak-anaknya, setelah mencelakakan Nabi Yusuf AS dengan mendorongnya ke sumur. Kisah Nabi Yakub AS tercantum dalam surat Yusuf ayat 98:

قَالَ سَوْفَ أَسْتَغْفِرُ لَكُمْ رَبِّىٓ ۖ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلْغَفُورُ ٱلرَّحِيمُ

Arab latin: Qala saufa astagfiru lakum rabbi, innahu huwal-gafurur-rahim

Artinya: Ya'qub berkata: "Aku akan memohonkan ampun bagimu kepada Tuhanku. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." 

10. Lahir dan naiknya Nabi Isa AS ke langit atas kehendak Allah SWT.

Pada 10 Muharram, Allah SWT menunjukkan kuasaNya dengan menyelamatkan Nabi Isa AS dari kaumnya dengan mengangkatkan ke langit. Kisah ini tercantum dalam surat Ali Imran ayat 55

إِذْ قَالَ ٱللَّهُ يَٰعِيسَىٰٓ إِنِّى مُتَوَفِّيكَ وَرَافِعُكَ إِلَىَّ وَمُطَهِّرُكَ مِنَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ وَجَاعِلُ ٱلَّذِينَ ٱتَّبَعُوكَ فَوْقَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوٓا۟ إِلَىٰ يَوْمِ ٱلْقِيَٰمَةِ ۖ ثُمَّ إِلَىَّ مَرْجِعُكُمْ فَأَحْكُمُ بَيْنَكُمْ فِيمَا كُنتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ

Arab latin: Iz qalallahu ya 'isa inni mutawaffika wa rafi'uka ilayya wa mutahhiruka minallazina kafaru wa ja'ilullazinattaba'uka fauqallazina kafaru ila yaumil-qiyamah, summa ilayya marji'ukum fa ahkumu bainakum fima kuntum fihi takhtalifun.

Artinya: (Ingatlah), ketika Allah berfirman: "Hai Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku memutuskan diantaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya."

Sumber: detik.com

Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Selamat Tahun Baru Islam 1442 H, Inilah Beberapa Peristiwa Penting di Bulan Muharam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel