DPR Nilai Permintaan Anies Buka Jalan Tol untuk Pesepeda Tak Masuk Akal

Updateinfoo.com - Pemprov DKI Jakarta mengajukan izin agar satu ruas jalan tol dalam kota (Cawang-Tanjung Priok) dimanfaatkan sebagai jalur sepeda khusus di hari Minggu pagi.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Nurhayati Monoarfa menolak ide tersebut. Dia menilai wacana tersebut tidak masuk akal. Secara aturan kendaraan roda dua tidak bisa menggunakan jalan tol.

"Secara undang-undang tidak bisa di jalan tol untuk roda dua," kata Nurhayati saat dihubungi, Rabu (26/8).

Pada Peraturan Pemerintah No.44 Tahun 2009 Pasal 38 tentang Jalan Tol dijelaskan bahwa jalan tol diperuntukan bagi pengguna kendaraan roda empat atau lebih. Pada butir ayat berikutnya, disebutkan bisa dilengkapi khusus kendaraan bermotor roda dua secara terpisah dari jalur untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

Ditinjau dari sisi keamanan juga tidak mungkin jalan tol dipergunakan untuk jalur pesepeda. Nurhayati menilai akan berbahaya jika pesepeda melintasi jalan tol bersamaan dengan kendaraan yang melaju cepat. Ditambah lagi, ruas tol dalam kota Cawang-Tanjung Priok merupakan jalan layang.

"Secara keamanannya saja tidak aman apalagi nyaman tidak mungkin nyaman. Risiko tabrakan, ditabrak mobil lebih besar, kecelakaan di jalan tol saja banyak makan korban," kata Nurhayati.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajukan surat ke Kementerian PUPR. Dalam surat tersebut, Pemprov DKI memohon penggunaan satu ruas jalan tol dalam kota (Cawang-Tanjung Priok) untuk dimanfaatkan sebagai jalur sepeda khusus di hari Minggu pagi.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, membenarkan pengajuan surat tersebut. Salah satu alasannya setelah melihat tingginya antusiasme masyarakat dalam bersepeda.

"Pengguna sepeda di kawasan jalur sepeda sementara di Sudirman sampai Merdeka Barat sangat tinggi. Dan oleh sebab itu, kami dari Pak Gubernur mengusulkan kepada Pak Menteri PUPR untuk disiapkan satu ruas tol," kata Syafrin di Balai Kota, Jakarta Pusat.

Menurut Syafrin, jalur ini hanya dikhususkan untuk para pengguna sepeda road bike atau sepeda balap saja. Jalur yang diajukan yakni mulai di Kebon Nanas, Jakarta Timur sampai arah Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Sumber: merdeka.com

Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "DPR Nilai Permintaan Anies Buka Jalan Tol untuk Pesepeda Tak Masuk Akal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel