Jokowi Perintahkan Tata Niaga Untuk Beri Peluang Pemburu Rente Harus Dirombak

Updateinfoo.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menekankan pentingnya melakukan reformasi birokrasi yang terkait dengan perizinan dan tata niaga. Pasalnya, Jokowi mengatakan, tata niaga yang tidak sehat akan berdampak kepada masyarakat.

"Oleh karena tata niaga yang memberi kesempatan kepada pemberi rente harus dirombak," ungkap Jokowi.

Jokowi pun mengajak aparat penegak hukum untuk memberikan perhatian khusus kepada masalah tata niaga dan birokrasi perizinan. Efektivitas dan transparansi perlu diutamakan. Hal tersebut bertujuan untuk proses mempermudah masyarakat.

"Regulasi kita perbaiki, tata kerja birokrasi kita sederhanakan dan transparansikan serta pemanfaatan teknologi informasi, digitalisasi yang mudah diakses rakyat harus terus kita kembangkan," ungkap Jokowi.

Menurut dia, perizinan dan tata niaga harus mendapatkan pengawasan khusus. Sebab, hal tersebut akan berdampak terhadap pelaku usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM).

"Yang berkepentingan terhadap perizinan bukan hanya pelaku usaha besar, tapi juga pelaku usaha mikro, usaha kecil dan usaha menengah yang jumlahnya lebih dari 60 juta, yang menjadi penopang utama perekonomian kita," jelasnya.

Jokowi menyampaikan, pemerintah akan menyederhanakan organisasi birokrasi yang dinilai terlalu banyak jenjang dan divisi. Namun, dia memastikan hal ini tidak mengurangi pendapatan para birokrat.

"Eselonisasi harus kita sederhanakan tanpa mengurangi pendapatan, penghasilan dari para birokrat," ucapnya.

Dia menilai, banyaknya eselon akan semakin memperpanjang birokrasi dan memecah anggaran. Selain itu, pengawasan terhadap anggaran yang jumlah tak besar juga menjadi sulit.

Sumber: Merdeka.com

Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Jokowi Perintahkan Tata Niaga Untuk Beri Peluang Pemburu Rente Harus Dirombak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel