Rumah Sakit Berlin Sebut Tokoh Oposisi Rusia Navalny Alami Gejala Keracunan

Updateinfoo.com - Rumah sakit Berlin yang merawat tokoh oposisi terkemuka Rusia Alexei Navalny mengatakan pada hari Senin bahwa hasil tes menunjukkan keracunan. Hal ini bertentangan dengan temuan dokter Rusia yang menyatakan Navalny sakit akibat gangguan metabolisme.

Kritikus Kremlin berusia 44 tahun dan juru kampanye antikorupsi dibawa ke ibu kota Jerman pada Sabtu setelah jatuh sakit di Siberia pekan lalu.

"Temuan klinis menunjukkan keracunan dengan zat dari kelompok penghambat cholinesterase," kata rumah sakit Charite terkenal di Berlin di Twitter seperti dikutip Times of Israel, Selasa (25/8).

Cholinesterase adalah enzim yang dibutuhkan agar sistem saraf pusat berfungsi dengan baik.

"Prognosis Alexei Navalny masih belum jelas; kemungkinan efek jangka panjang, terutama yang mempengaruhi sistem saraf, tidak bisa dikesampingkan," pihak rumah sakit menambahkan.

Juru bicara Kanselir Angela Merkel Steffen Seibert mengatakan kepada wartawan sebelumnya bahwa "kemungkinan besar" Navalny telah diracuni.

Tokoh oposisi Rusia yang paling menonjol itu dilarikan ke perawatan intensif di Siberia pada hari Kamis, setelah pesawatnya melakukan pendaratan darurat di kota Omsk.

Para pendukungnya mengatakan bahwa mereka yakin dia diracuni oleh sesuatu di dalam cangkir tehnya di bandara sebelum dia lepas landas. Mereka menuduh Presiden Vladimir Putin di balik peristiwa ini.

Kementerian kesehatan daerah Omsk mengatakan bahwa kafein dan alkohol ditemukan dalam urin Navalny, tetapi "tidak ada racun sintetis atau kejang yang terdeteksi".

"Kecurigaannya adalah seseorang secara serius meracuni Tuan Navalny, yang sayangnya, ada beberapa contoh dalam sejarah Rusia baru-baru ini, jadi dunia menanggapi kecurigaan ini dengan sangat serius," kata Seibert.

Navalny diterbangkan ke Berlin dengan pesawat medis yang disewa oleh LSM Jerman, Cinema for Peace, sebuah inisiatif yang dibiayai oleh sumbangan pribadi.

Pemindahan itu dilakukan setelah Merkel memperpanjang tawaran perawatan di Jerman, mengatakan berita tentang kondisi Navalny "benar-benar membuatku kesal."

Para dokter Charite telah berjanji untuk melakukan "diagnosis medis ekstensif".

Sempat Dilarang Dirawat di Jerman

Dokter yang merawatnya di Omsk awalnya menolak untuk membiarkan Navalny pergi, tetapi berubah pikiran setelah keluarga dan stafnya menuntut dia untuk diizinkan melakukan perjalanan ke Jerman.

Juru bicara Navalny, Kira Yarmysh, mengklaim penolakan Rusia untuk mengevakuasi dia adalah taktik untuk "bermain-main" dan membuat tidak mungkin melacak racun.

Pada konferensi pers pada hari Senin, dokter di Omsk membantah bahwa mereka ditekan oleh pejabat saat merawat Navalny.

"Tidak ada pengaruh pada perawatan pasien secara apriori dan tidak mungkin ada," kata Alexander Murakhovsky, kepala dokter di rumah sakit darurat No 1 Omsk.

Jaka Bizilj, kepala LSM Cinema for Peace, mengatakan kepada surat kabar Jerman Bild bahwa dia yakin Navalny akan bertahan, tetapi "pertanyaan krusialnya adalah apakah dia akan selamat tanpa cedera, dan terus memainkan perannya (sebagai tokoh oposisi)."

Navalny pingsan tak lama setelah pesawatnya lepas landas pada Kamis dari Tomsk di Siberia, tempat ia bekerja untuk mendukung kandidat oposisi menjelang pemilihan bulan depan.

Yarmysh mengatakan bahwa politisi itu tampak "baik-baik saja" sebelum naik ke pesawat, dan tidak minum alkohol atau minum obat apa pun.

Dia mengatakan dia yakin bahwa dia menderita "keracunan yang disengaja" dan menyalahkan Putin.

Navalny telah membuat banyak musuh dengan penyelidikan antikorupsinya, yang sering kali mengungkap gaya hidup mewah elit Rusia dan menarik jutaan penayangan online.

Para pemimpin Uni Eropa, termasuk Merkel dan Presiden Prancis Emmanuel Macron, telah menyuarakan keprihatinannya, setelah Navalny menghadapi serangan fisik dan penuntutan berulang kali.

Direktur Anti-Corruption Foundation yang didirikan Navalny, Ivan Zhdanov, mengonfirmasi di media sosial bahwa organisasi tersebut terus melanjutkan pekerjaannya.

Sumber: merdeka.com

Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Rumah Sakit Berlin Sebut Tokoh Oposisi Rusia Navalny Alami Gejala Keracunan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel