Mahfud Md Pastikan Penyelidikan Kebakaran Kejaksaan Agung Tak Ditutup-tutupi

Updateinfoo.com  - Gedung utama Kejaksaan Agung terbakar, Sabtu (22/8). Beragam spekulasi bermunculan. Kekhawatiran berkas dan data yang dimiliki Kejaksaan Agung ikut hangus terbakar.

Apalagi saat ini Kejaksaan Agung tengah menangani kasus yang mencuri perhatian publik. Semisal kasus Djoko Tjandra dan keterlibatan Jaksa Pinangki. Adapula kasus Jiwasraya dan Asabri. Pihak Kejaksaan Agung meminta publik tidak berspekulasi dan menunggu hasil penyelidikan polisi.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menegaskan, pemerintah tidak akan menutupi pengungkapan kasus kebakaran Gedung Kejaksaan Agung. Terlebih, saat ini era keterbukaan publik.

"Agar masyarakat tenang mengikuti dan mengawasi penanganan kasus kebakaran ini. Silakan, pemerintah tidak bisa menghalang-halangi orang mencari informasi. Sekarang sudah tidak mungkin kita menggunakan cara-cara ci luk ba," tutur Mahfud dalam konferensi pers virtual, Minggu (23/8).

Mahfud enggan mengikuti arus. Tak ingin terbawa spekulasi mengenai penyebab kebakaran Gedung Kejagung yang dikaitkan oleh penanganan kasus Djoko Tjandra, Jaksa Pinangki, dan korupsi Jiwasraya.

"Pemerintah tidak mengaitkan dengan kasus-kasus tertentu karena nanti spekulatif. Ditunggu saja. Pemerintah transparan dan bisa diawasi. Tapi jangan berspekulasi," jelas dia.

Termasuk juga soal ikut terbakarnya bekas ruang kerja Jaksa Pinangki yang terlibat dalam kasus Djoko Tjandra, Mahfud meminta biarkan Bareskrim Polri dan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum (Jampidum) Kejagung bekerja.

"Kalau menyangkut kenapa ruangan Pinangki terbakar, itu sudah masuk spekulasi. Kita tunggu dulu," ucap Mahfud.

Sejauh ini, lanjut Mahfud, berkas perkara yang ditangani Kejagung dipastikan aman. Termasuk juga soal dua kasus besar yang masih hangat, yakni keterlibatan Jaksa Pinangki dalam perkara Djoko Tjandra dan korupsi Jiwasraya.

"Bahwa kasus Djoko Tjandra yang melibatkan Jaksa Pinangki atau jaksa lain-lain kalau ada, harus berproses secara transparan. Tidak mungkin pemerintah berbohong di saat seperti ini. Masyarakat punya alatnya sendiri untuk membongkar," jelas dia.

Sebelumnya, Kapuspenkum Kejagung, Hari Setiyono memastikan mempunyai data-data cadangan jika berkas-berkas yang disimpan kemungkinan hangus terbakar.

"Jadi kami punya backup data ya. Kami punya backup data dan itu sudah diantisipasi apabila terjadi sesuatu maka langkah pertama, langkah kedua, sudah diantisipasi. Karena kita semua tidak tahu yang namanya musibah," kata Kapuspenkum Kejagung, Hari Setiyono, di Gedung Kejagung, Jakarta Selatan, Minggu (23/8).

"Di era digital begini kami punya record center mudah-mudahan backup data itu masih bisa digunakan untuk kepentingan penerangan," sambungnya.

Dia mengungkapkan, di gedung yang terbakar tidak ada berkas yang terkait dengan penanganan perkara. Untuk data kepegawaian yang kemungkinan terbakar, Kejagung juga sudah mempunyai data yang tersimpan di tempat lain.

"Iya karena data kepegawaian itu tidak hanya di sini. Di masing-masing kejati, masing-masing kejaksaan negeri ada," ucapnya.

Hari belum mengetahui berapa kerugian yang dialami Kejagung akibat kebakaran tersebut. Dia juga tidak menjawab apakah sebelumnya Kejagung pernah melakukan simulasi kebakaran.

Hari Setiyono kembali menegaskan, tidak ada satu berkas perkara pun yang rusak akibat kebakaran hebat di gedung utama Kantor Kejaksaan Agung Republik Indonesia.

Termasuk, kasus-kasus besar yang menjadi perhatian masyarakat, seperti kasus Djoko Tjandra dan keterlibatan Jaksa Pinangki, kasus Jiwasraya, dan ASABRI.

"100 persen semua berkas perkara aman," tegas dia.

Dia menambahkan, berkas perkara korupsi dan perkara pidana umum aman dikarenakan letak dokumen terkait ada di gedung terpisah.

"Perkara korupsi ada di Gedung JAMPIDSUS, dan pidana umum ada di JAMPIDUM. Jadi sekali lagi dengan terbakarnya gedung ini tidak mempengaruhi penanganan perkara tindak pidana," tegas dia.

Sumber: Liputan6.com

Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Mahfud Md Pastikan Penyelidikan Kebakaran Kejaksaan Agung Tak Ditutup-tutupi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel