Usai Pembunuhan George Floyd, Kepolisian Minneapolis Akan Dibubarkan

(FILES) In this file photo taken on May 27, 2020 Minneapolise Police officers stand in a line while facing protesters demonstrating against the death of George Floyd outside the 3rd Precinct Police Precinct in Minneapolis, Minnesota. - Members of the Minneapolis City Council announced on June 7, 2020 that they intend to disband the citys police department, US media reported. (Photo by Kerem Yucel / AFP)

UpdateInfoo.com -  Kepolisian Minneapolis di Amerika Serikat (AS) akan dibubarkan dan dibentuk kembali. Rencana untuk membubarkan Kepolisian Minneapolis ini didukung oleh mayoritas anggota Dewan Kota Minneapolis, yang sembilan orang di antaranya turut menghadiri unjuk rasa memprotes kematian George Floyd.

Floyd (46) tewas usai lehernya ditekan dengan lutut seorang polisi Minneapolis saat dia ditangkap atas tuduhan memakai uang palsu di sebuah toko setempat pada 25 Mei lalu. Terkait kasus ini, empat polisi Minneapolis telah dipecat, ditangkap dan didakwa atas pembunuhan Floyd.

Seperti dilansir AFP dan Associated Press, Senin (8/6/2020), Presiden Dewan Kota Minneapolis, Lisa Bender, merupakan salah satu yang ikut unjuk rasa di taman setempat pada Minggu (7/6) waktu setempat. Dalam unjuk rasa itu, dia dan 8 anggotanya berkomitmen 'untuk mengakhiri polisi yang kita kenal dan menciptakan ulang sistem yang benar-benar menjaga kita tetap aman'.

"Jelas bahwa sistem kepolisian kita tidak menjaga masyarakat tetap aman. Upaya kita untuk melakukan reformasi tambahan, telah gagal, titik," tegas Bender dalam unjuk rasa itu.

Dalam pernyataan kepada CNN, Bender menegaskan kembali komitmen tersebut. Dia bahkan menyebut bahwa 9 dari 13 anggota Dewan Kota Minneapolis memiliki hak veto mayoritas atas upaya tersebut.

"Kami berkomitmen untuk membubarkan kepolisian yang kita kenal di kota Minneapolis dan untuk membangunnya kembali dengan masyarakat kita, sebuah model baru untuk keselamatan publik yang benar-benar menjaga masyarakat tetap aman," tegas Bender kepada CNN.

Saat ini, Bender menyatakan dirinya dan anggotanya tengah mendengar pendapat dari konstituen. "Sekarang, departemen kepolisian kita tidak membuat masyarakat merasa aman," sebutnya.

"Dan komitmen kami adalah agar setiap anggota masyarakat mendapatkan keselamatan dan keamanan yang mereka perlukan," imbuh Bender, sembari menambahkan bahwa Dewan Kota akan bekerja bersama masyarakat dalam setahun ini untuk membangun sistem yang baru.

Saat ditanya lebih lanjut soal detail rencana pembubaran Kepolisian Minneapolis, Bender menyatakan pihaknya akan mengalihkan anggaran bagi kepolisian untuk kebutuhan lainnya dan memulai diskusi soal bagaimana menggantikan kepolisian yang ada saat ini.

"Gagasan tidak memiliki departemen kepolisian jelas tidak ada dalam jangka pendek," tegasnya.

Pembubaran seluruh departemen kepolisian pernah terjadi sebelumnya di AS. Associated Press melaporkan bahwa situasi tersebut pernah terjadi di Camden, New Jersey pada tahun 2012 lalu. Saat itu, Departemen Kepolisian Camden dibubarkan dan digantikan oleh satuan baru yang mencakup Camden County. Langkah serupa juga terjadi di Compton, California, tahun 2000, yang berujung pengalihan satuan kepolisian ke Los Angeles County. (dtk)

Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Usai Pembunuhan George Floyd, Kepolisian Minneapolis Akan Dibubarkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel