Tetap Dibuka, Begini Kondisi Bisnis Prostitusi Sarkem Selama Masa Pandemi

Updateinfoo.com -  Merebaknya pandemi Corona tak membuat Sarkem, salah satu tempat legendaris di Jogja itu tutup. Tempat prostitusi terkenal di kota gudeg itu tetap buka walaupun para pengunjungnya tak seramai hari-hari biasa. Namun ada protokol tersendiri bila ingin memasuki Sarkem.

Seperti pada tempat-tempat umum lainnya, bila ingin masuk Sarkem, pengunjung wajib mengenakan masker. Selain itu di setiap rumah juga disediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer. Namun sayang tak ada protokol khusus lainnya yang diterapkan guna mencegah penularan Virus Corona antara pelanggan dengan penyedia jasa layanan.

“Ya kalau sudah di kamar, masker dilepas, itu sudah urusan masing-masing,” terang Jesika (nama samaran) dikutip dari Liputan6.com pada Jum’at (5/6).

Jesika pun menambahkan Sarkem sebenarnya sudah membatasi aktivitasnya selama pandemi. Itu artinya, jika ada tamu datang itu berarti dilayani secara sembunyi-sembunyi tanpa sepengetahuan pengelola.

Sarkem Saat Musim Pandemi


Tak ada bedanya dengan industri lainnya selama masa pandemi, sebenarnya bisnis di Sarkem juga meredup. Jumlah pengunjung sarkem menurun. Jumlahnya tak sampai 10 orang per hari.

Jesika mengatakan para pengunjung Sarkem itu didominasi orang lokal atau mereka yang tinggal di sekitar kampung. Akhirnya, jumlah pekerja seks yang mencapai 150 orang itu kesulitan mencari pelanggan.

Buka Sumbangan dari Para Donatur


Karena kondisi tersebut, sebagian pekerja seks memilih pulang ke kampung halamannya. Mereka yang tetap tinggal di Sarkem biasanya adalah mereka yang tak punya tujuan harus pulang ke mana. Akhirnya, mereka memutuskan untuk membuka donasi agar mereka bisa tetap hidup.

“Kami di sini sempat bikin dapur umum sumbangan dari para donatur. Jadi walaupun mereka tidak berpenghasilan yang penting mereka bisa makan,” terang Jesika dikutip dari Liputan6.com pada Jum’at (5/6).

Kembali Seperti Semula


Mendekati era “new normal” ini, aktivitas di Sarkem mulai kembali seperti semula. Para pekerja seks mulai kembali dari kampung halaman masing-masing, sementara jumlah pengunjung mulai mencapai belasan. Namun ada syarat yang harus dipenuhi apabila para pekerja seks itu mau ingin bekerja kembali di Sarkem.

Berdasarkan keterangan Jesika, mereka harus membawa surat keterangan sehat dari daerah asalnya. Tak hanya itu, mereka juga wajib menjalani rapid test dengan biaya sendiri untuk memastikan mereka terhindar dari Virus Corona.

Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Tetap Dibuka, Begini Kondisi Bisnis Prostitusi Sarkem Selama Masa Pandemi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel