Tempat Wisata Kembali Dibuka, Pengelola Diwajibkan Patuhi Protokol Kesehatan

Updateinfoo.com -  Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro mengatakan, pihaknya memperbolehkan kawasan wisata alam yang berada di zona hijau dan kuning dibuka kembali untuk umum di tengah pandemi Covid-19. Namun, pihaknya meminta agar tempat wisata membatasi pengunjung hingga 50 persen dari kapasitas.

"Jadi tidak boleh ada kerumunan dan selalu jaga jarak aman," kata dr Reisa di Gedung BNPB Jakarta Timur, Selasa (23/6).

Adapun Protokol kesehatan yang diatur dalam keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK. Nol 1.07/menkes/382/2020 tentang protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum yang disahkan pada 19 Juni 2020.

Dia mengatakan, dalam peraturan itu, pengelola harus untuk melakukan pembersihan secara berkala, termasuk desinfeksi terutama pada area sarana dan peralatan yang digunakan bersama. "Dan harus ada fasilitas cuci tangan pakai sabun yang memadai dan mudah diakses oleh pengunjung," katanya.

Selain itu, pengelola wajib melakukan pemeriksaan suhu tubuh di pintu masuk dan perbanyak informasi bagi pengunjung yakni wajib pakai masker apabila di keramaian, jaga jarak minimal 1 meter, dan cuci tangan.

Tak hanya itu, lanjutnya, para pekerja pun harus tahu dan memahami bagaimana cara melindungi diri dari penularan. Di mana harus hidup bersih dan jaga kesehatan.

"Konsumsi makanan bergizi, rutin olahraga, dan cukup istirahat," katanya.

Untuk pengunjung, ia menyarankan agar pengelola dapat menggunakan sistem online dalam pembelian tiket. Hal ini dimaksudkan agar tak terjadi kepadatan di pintu masuk. Namun, dalam hal ini ia menyarankan agar pengunjung kondisi sehat dan tak membawa anak kecil ke lokasi wisata.

"Pastikan menggunakan masker selama berada di lokasi daya tarik wisata, hindari mengajak anak yang belum bisa menggunakan masker dengan baik dan benar, hindari mengajak orang-orang yang rentan terhadap penularan Covid-19 terutama bagi mereka yang memiliki penyakit penyerta," pungkasnya. 

Sumber: merdeka.com

Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Tempat Wisata Kembali Dibuka, Pengelola Diwajibkan Patuhi Protokol Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel