Penumpang-Pengantar 'Tumpah' di Bandara Kulon Progo, Begini Penjelasannya

Kerumuman penumpang dan pengantar di Bandara Kulon Progo, 1/6/2020

UpdateInfoo.com -  Ratusan calon penumpang memadati Bandara Yogyakarta International Airport/YIA Kulon Progo, Senin (1/6/2020) pagi tadi. Foto kerumunan massa tersebut viral di media sosial.

Kerumunan massa ini terjadi antara pukul 06.00 WIB hingga pukul 07.00 WIB pagi tadi. Ratusan calon penumpang antre dan berjubel di terminal keberangkatan Bandara YIA. Dalam foto itu para penumpang dan pengantar menjadi satu tanpa ada jarak.

"Mungkin seribuan orang ada, ramai banget," ujar Gopi warga Malaysia yang hendak mencari informasi penerbangan internasional ke Malaysia, kepada wartawan, Senin (1/6/2020).

Antrean panjang ini terjadi karena calon penumpang harus menjalani pemeriksaan dan kelengkapan dokumen. Sementara pihak bandara hanya menyediakan satu jalur saja dengan keterbatasan petugas yang mengurusi pemeriksaan.

"Mestinya ada jalur lagi dan petugas ditambah. Kasihan yang bawa anak atau hamil," ujarnya.

Pelaksana Tugas Sementara (Pts) General Manager Bandara YIA, Agus Pandu Purnama tidak menampik adanya kerumunan massa ini. Namun itu tidak berlangsung lama, karena langsung teratasi dengan kesigapan petugas di lapangan.

Kerumunan ini terjadi karena banyak pengantar yang ikut berjubel di terminal keberangkatan. Lokasi bandara yang jauh, dan bandara baru menjadikan banyak orang ingin mengantarkan. Apalagi hari ini ada sekitar 17 penerbangan, yang dibuka. Sebelumnya per hari dalam masa pandemi COVID-19 hanya sekitar 5 penerbangan saja.

"Tadi pagi memang sulit dikendalikan, kami sudah himbau agar pengantar tidak ikut berjubel," ujarnya.

Kerumunan ini sendiri hanya terjadi pada sisi luar terminal saja. Sedangkan di dalam cenderung normal dengan jarak antar penumpang yang tetap terjaga. Bahkan nyaris tidak ada antrean dan kerumunan di dalam terminal. "Di dalam kita panggil sesuai nomornya, semuanya normal," kata Pandu.

Agar kejadian tidak terulang, Pandu meminta pengantar untuk tidak ikut bergabung dengan penumpang. Cukup calon penumpang saja yang ada di terminal dan pintu masuk. Pengantar hanya sampai di drop zone saja. (dtk)

Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Penumpang-Pengantar 'Tumpah' di Bandara Kulon Progo, Begini Penjelasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel