Mal yang Langgar PSBB Proporsional Depok akan Disanksi Denda

Updateinfoo.com -  Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok akan menindak tegas mal yang kedapatan melanggar aturan selama PSBB Proporsional Depok. Pemerintah Kota Depok memperbolehkan kembali mal beroperasi pada Selasa (16/6).

Namun, ada mal yang diduga melakukan pelanggaran pada pembukaan dengan menggelar akustik, Kamis (18/6). Satpol PP langsung mendatangi pengelola dan meminta musik dihentikan.

"Ini untuk menghindari adanya kerumunan dan pencegahan penyebaran virus. Jadi harus dipatuhi bersama," kata Kepala Satpol PP Kota Depok, Lienda Ratnanurdianny, Sabtu (20/6).

Pihaknya akan melakukan tindakan tegas jika ditemukan mal yang melanggar aturan PSBB proporsional yang berlaku hingga 2 Juli 2020. Oleh karenanya, pihaknya terus melakukan pengawasan dan pemantauan ke seluruh mal di Kota Depok.

"Pengawasan terus kami lakukan dan juga mengingatkan kepada pengelola mal untuk bersabar dan lebih selektif mengadakan kegiatan, tidak boleh yang berpotensi menimbulkan kerumunan," tegasnya.

Jika pengelola pusat perbelanjaan tetap melakukan kegiatan tersebut, maka sanksi yang akan dikenakan adalah denda jutaan rupiah. Hal itu merujuk pada Peraturan Wali Kota Depok Nomor 37 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Secara ProporsionalSesuai Level Kewaspadaan sebagai Persiapan Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baruuntuk Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 di Kota Depok.

"Mengadakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pelanggaran, maka akan diberikan sanksi tertulis. Jika masih terus melanggar akan dikenakan sanksi administrasi maupun denda, seperti untuk pengelola mal mulai dari Rp5 juta hingga Rp25 juta," tegas Lienda.

Lienda menuturkan, sampai saat ini acara musik dalam bentuk akustik sekalipun belum diizinkan. Selain itu para tenant di mall juga tidak diperbolehkan menyelenggarakan diskon besar yang dapat menarik pengunjung datang lebih banyak.

"Jadi harus dipatuhi benar aturannya," ucap dia.

Sebelumnya, Pesona Square menggelar akustik pada pembukaan kembali setelah pandemik. Ketika dikonfirmasi, pihak pengelola menyebut acara kemarin bukan konser musik melainkan hanya acara akustik biasa.

"Adanya akustik bersama IMJ bukan merupakan konser besar yang bisa mengundang masyarakat datang menjadi berkerumunan, melainkan hanya seremonial penghantar untuk pembagian merchandise kepada 20 customer setia kami yang datang pertama ke Pesona Square, setelah selesai pembagian merchandise, akustik pun berhenti," kata Manager Marketing Pesona Square, Irfan Aziz.

Saat reopening kemarin, pihaknya memberikan apresiasi kepada 20 loyal customer pertama yang datang ke Pesona Square.

"Selama acara pembagian hadiah tersebut, atrium utama di meriahkan oleh iringan lagu persembahan dari IMJ (Insistut musik jalanan) yang tampil atraktif. Protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19 tetap ditegakkan sehingga atrium utama tetap tidak ada kerumunan pengunjung dan selalu menjaga jarak minimal 1,5-meter dengan yang lain," pungkasnya. 

Sumber: merdeka.com

Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Mal yang Langgar PSBB Proporsional Depok akan Disanksi Denda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel