Kejar Setoran Lewat Pajak Restoran

Updateinfoo.com -  Perekonomian di Kota Bekasi, Jawa Barat kembali bergeliat lagi sejak awal Juni. Mal-mal di wilayah itu satu demi satu kembali membuka diri. Tenant-tenant rumah makan yang sebelumnya tutup atau hanya melayani take away hampir tiga bulan kembali beroperasi normal tapi dengan kebiasaan baru.

"Kami memiliki target dari pajak restoran senilai Rp 397 miliar," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi, Tedi Hafni pada Minggu (21/6).

Realisasi perolehan pajak restoran sempat lesu selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sejak Maret lalu. Sebab, selain banyak yang tutup, restoran hanya melayani dibungkus atau take away.

"Pandemi sangat berpengaruh pada perolehan pendapatan dari pajak restoran," kata dia.

Berdasarkan data, perolehan pajak restoran di triwulan pertama (Januari-Maret) mencapai Rp81,7 miliar artinya selama sebulan rata-rata pendapatan dari sektor itu sebesar Rp27 miliar lebih.

Sedangkan di triwulan kedua sampai dengan 19 Juni, realisasi pendapatan dari pajak restoran hanya sebesar Rp30,8 miliar, menurun hingga Rp50,9 miliar atau rata-rata dalam sebulan hanya Rp 10 miliar lebih. "Sekarang restoran sudah boleh dine in," kata dia.

Pajak Diprediksi Naik Lagi


Dengan begitu, pajak restoran diharapkan bisa naik lagi setelah lesu selama hampir tiga bulan.

Selain restoran, sumber pajak yang terpukul adalah hotel. Di triwulan pertama bisa mencapai Rp8,4 miliar. Sementara ketika pandemi, pemasukan dari sektor itu hanya Rp1,8 miliar.

Begitu juga sektor hiburan selama pandemi hanya mendapatkan Rp2 miliar, padahal sebelumnya bisa mencapai Rp15 miliar selama tiga bulan.

sumber: merdeka.com

Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Kejar Setoran Lewat Pajak Restoran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel