Inilah Fakta Sebenarnya Soal Presiden Jokowi Masuk Masjid Memakai Sepatu?

Updateinfoo.com - Foto Presiden Joko Widodo atau Jokowi diklaim memakai sepatu di dalam masjid. Klaim foto Jokowi masuk masjid memakai sepatu itu berasal dari sebuah unggahan di grup Facebook

Akun Facebook Om Jay membagikan foto yang diunggah oleh akun Facebook M Nur ke grup "MEDIA POLITIK INDONESIA". Unggahan itu dibagikan pada Jumat (5/6/2020).

Tampak foto Jokowi meninjau sebuah masjid dan ada lingkaran merah yang ditambahkan di sana. Lingkaran merah itu menyoroti bagian telapak kaki Jokowi.

Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Akun Facebook Om Jay mengklaim Jokowi memakai sepatu di dalam masjid. Ia pun menulis narasi sebagai berikut.

"PRESIDEN menggunakan SEPATU didalam MESJID, #TerlaknaklahEngkau"

Benarkah Presiden Jokowi masuk masjid memakai sepatu?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Jumat (5/6/2020), klaim bahwa Presiden Jokowi mengenakan sepatu di dalam masjid adalah tidak benar.

Faktanya, di foto itu, Presiden Joko Widodo mengenakan kaus kaki berwarna putih, bukan sepatu.

Peristiwa dalam foto yang dibagikan akun Facebook Om Jay, terjadi saat Presiden Jokowi meninjau Masjid Baiturrahim di kompleks istana sebagai persiapan menuju ke tatanan normal baru.

Diamati dari video "Presiden Tinjau Kesiapan New Normal di Masjid Baiturrahim Istana" dalam kanal Youtube metrotvnews, (4/6/2020), terlihat Presiden Jokowi mengenakan sepatu berwarna hitam.

Sepatu warna hitam itu tampak, saat Jokowi turun dari mobil lalu berjalan sebelum memasuki masjid.

Sepatu ini identik dengan sepatu yang dikenakan oleh Jokowi ketika meninjau kesiapan penerapan prosedur standar New Normal di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Selasa (26/5/2020).

Sementara itu, foto yang sama sudah diunggah Jokowi di akun Twitternya pada 4 Juni 2020 dengan narasi:

"Pagi ini saya meninjau Masjid Baiturrahim di kompleks istana sebagai persiapan menuju ke tatanan normal baru. Ruangan masjid sudah ditata, juga sudah dibersihkan dengan disinfektan. Bila Salat Jumat sudah dimulai lagi di masjid-masjid, maka Masjid Baiturrahim juga sudah siap."

Video ketika Presiden Jokowi meninjau Masjid Baiturrahim juga diunggah di situs resmi Presiden RI dengan judul "Presiden Tinjau Kesiapan Kenormalan Baru di Masjid Istana Kepresidenan Jakarta".

Kesimpulan

Jadi, informasi yang dibagikan akun Facebook Om Jay itu termasuk dalam kategori Misleading Content atau konten yang menyesatkan.

Sumber: suara.com

Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Inilah Fakta Sebenarnya Soal Presiden Jokowi Masuk Masjid Memakai Sepatu?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel