Imbas Pandemi Corona, Masjid Al Markaz Maros Tak Mampu Bayar Petugas

Poster

UpdateInfoo.com -  Kebijakan pemerintah yang mengizinkan Masjid Al Markaz Al Islami Maros disambut baik para pengurus masjid. Pasalnya imbauan untuk beribadah di rumah selama masa pandemi membuat penghasilan masjid berkurang dan pengurus tidak dapat digaji.

"Karena tidak ada aktifitas ibadah, secara otomatis juga pemasukan kita menurun drastis. Bahkan untuk gaji petugas kebersihan dan juga imam, itu kita sampai-sampai harus pinjam. Itupun gaji mereka kita bayarkan cicil," kata Ketua Harian Masjid Al Markaz Maros, Thamrin Ramli, Jumat (05/06/2020).

Dengan dibukanya kembali masjid Almarkaz itu, pengurus masjid mengaku bersyukur sekaligus lega. Pasalnya, sejak beberapa bulan terakhir, pemasukan untuk biaya pemeliharaan masjid yang didapatkan sangat minim bahkan tidak cukup untuk menutupi biaya operasional.

Untuk pembayaran gaji, mulai dari petugas kebersihan hingga muadzin, pengurus Almarkaz Maros harus mengeluarkan uang sebesar Rp 41 juta setiap bulan. Namun, saat masa pandemi, honor mereka banyak yang harus ditunda ataupun terpaksa hanya dibayar setengahnya.

"Ramadan ini kan kita sama sekali tidak buka untuk salat tarawih dan jumat. Pendapatan kita itu hanya sekitar Rp 10 jutaan, jauh dari tahun-tahun sebelumnya yang bisa mencapai Rp 300 jutaan. Makanya untuk gaji petugas itu kita pengurus ini ada yang patungan," terangnya.

Setiap pelaksanaan salat Jumat, pengurus masjid biasanya bisa menerima pemasukan baik dari kotak amal maupun kegiatan lainnya antara Rp 7 juta sampai Rp 10 jutaan. Namun pada jumat lalu, saat pertama kali buka, jumlah pemasukan hanya ada sekitar Rp 4 jutaan.

"Kalau Jumat biasa itu kita bisa dapat pemasukan antara Rp 7 juta sampai Rp 10 jutaan, baik dari kotak amal, sumbangan maupun kegiatan masjid lainnya. Tapi jumat lalu itu alhamdulillah kita dapat Rp 4 juta. Yah mungkin karena kondisi masyarakat kita karena covid ini," sebutnya. (dtk)

Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Imbas Pandemi Corona, Masjid Al Markaz Maros Tak Mampu Bayar Petugas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel