Ibu Hamil Wajib Tahu, 5 Pantangan di Trimester Pertama

Updateinfoo.com - Trimester pertama kerap disebut sebagai hamil muda. Ada banyak pantangan di trimester pertama yang diberlakukan kepada ibu hamil untuk menjaga keselamatan kehamilan dan janin.

Meski begitu, tak perlu menghindari semua hal yang katanya 'tidak baik' untuk kehamilan. Supaya tak salah, ini 5 pantangan di trimester pertama yang perlu Anda tahu, seperti dilansir dari Mayo Clinic.

1. Merokok dan minum alkohol


Merokok dan minum alkohol dapat membahayakan janin. Merokok ataupun terpapar asap rokok selama kehamilan dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah. Dan ibu yang minum alkohol selama kehamilan dapat menyebabkan bayi mengalami Fetal Alcohol Syndrome (FAS), yang berdampak pada gangguan pertumbuhan dan perkembangan bayi di masa depan.

Tak hanya di trimester pertama, dua hal ini juga sangat terlarang dilakukan di trimester berikutnya, bahkan hingga Anda melahirkan, menyusui, dan membesarkan anak.

2. Konsumsi makanan mentah

Makanan mentah, seperti steak setengah matang, telur mentah, susu yang tidak dipasteurisasi, bahkan sayuran mentah, dapat berpotensi menyebabkan cacat lahir maupun keguguran akibat bakteri atau kuman yang menempel di sana. Anda juga berisiko mengalami keracunan makanan karena mengonsumsi makanan mentah atau yang belum matang.

3. Sauna atau berendam dalam air panas


Meski dapat membantu Anda merasa lebih rileks, berendam dalam air panas ataupun sauna berbahaya untuk Anda yang sedang hamil muda. Penelitian menemukan bahwa melakukan hal-hal tersebut selama trimester pertama dapat meningkatkan risiko keguguran hingga dua kali lipat.

Berendam dalam air panas dapat meningkatkan suhu tubuh dan ini dapat menyebabkan masalah pada janin yang meningkatkan risiko cacat lahir.

4. Menggunakan sex toy


Sex toy atau alat bantu seks lainnya sangat tidak disarankan saat Anda sedang hamil muda. Anda tidak tahu seberapa higienis sex toy yang Anda gunakan. Jika alat tersebut tidak steril, maka berpotensi menyebarkan kuman lewat vagina.

5. Minum obat bebas sembarangan


Banyak obat bebas yang mencantumkan peringatan untuk ibu hamil. Oleh karena itu, berhari-hatilah jika Anda berencana mengonsumsi obat bebas, seperti obat pereda nyeri, obat batuk, bahkan obat sakit kepala.

Ketahui mana obat bebas yang aman untuk ibu hamil, dan mana yang harus dihindari. Anda bisa berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter. Ingat, apapun yang masuk ke dalam tubuh Anda akan sangat berpengaruh pada kondisi janin, termasuk obat-obatan. [sr]

Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Ibu Hamil Wajib Tahu, 5 Pantangan di Trimester Pertama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel