Gunakan Protokol Ketat, Rutan Bandung Siap Terima Tahanan di Masa Pandemi

Updateinfoo.com -  Pengelola Rumah Tahanan (Rutan) Bandung (Kebonwaru) mulai memfasilitasi kembali tahanan baru yang sempat terhenti di masa pandemi Covid-19. Mekanisme penerimaan kunjungan untuk warga binaan pun akan segera diatur dengan landasan protokol kesehatan dan pencegahan penyebaran virus.

Kepala Rutan Bandung Riko Stiven mengungkapkan, kebijakan ini tidak terlepas dari surat edaran penerimaan tahanan baru, namun untuk kategori tahanan pengadilan. Para tahanan ini harus melewati beberapa tahap pemeriksaan kesehatan secara ketat.

Tahanan baru harus melaksanakan rapid test, kemudian dicek kesehatannya oleh tim dokter Rutan Bandung. Jika hasilnya dinyatakan bisa masuk, tahanan tersebut tetap harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.

"Enggak boleh keluar kamar selama 14 hari. Lalu masuk masa transisi selama enam hari. Diawasi juga oleh tim medis rutan pagi, siang dan malam," tuturnya.

Para tahanan yang sudah berada di dalam rumah tahanan akan dibatasi aktivitas yang berpotensi menyebarkan virus. Di antaranya, tidak lagi diperbolehkan berkunjung ke blok lain. Kegiatan olahraga yang rawan kontak fisik ditiadakan sementara.

“Paling (yang diperbolehkan) berjemur, itupun jadwalnya kita atur. Jadi nggak bersamaan. Istilahnya kita terapkan lockdown lokal. (Wadah) untuk makan pakai kertas minyak yang sekali pakai untuk makanan," kata dia.

Siapkan Bilik Kaca untuk Kunjungan

Di luar itu, ia menyiapkan mekanisme kunjungan dari luar untuk para tahanan. Salah satu fasilitas yang kemungkinan disiapkan adalah bilik kaca. Meski masih dalam pembahasan, ia menyebut semua itu agar kerinduan tahanan untuk bertemu dengan keluarga bisa tetap bisa dilakukan.

"Walaupun video call disiapkan, tetapi kalau nggak ketemu kurang puas," imbuhnya.

Ruangan yang akan dilengkapi dengan bilik kaca itu kemungkinan dipasang di sebelah barat Rutan Bandung. Ada 19 bilik yang disiapkan dengan ukuran kecil hanya untuk dua pengunjung.

“Kita tidak buat lubang di kacanya, karena khawatir nanti disalahgunakan dengan memasukkan barang terlarang. Durasi kunjungan akan dibatasi dari semula 30 menit menjadi 20 menit,” kata dia.

Proses kunjungan tersebut memang belum diberlakukan. Pihaknya menunggu instruksi lanjutan dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM). "Kalau sudah ada lampu hijau, kita sudah siap nggak harus mempersiapkan lagi" pungkasnya.

Sumber: merdeka.com

Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Gunakan Protokol Ketat, Rutan Bandung Siap Terima Tahanan di Masa Pandemi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel