Cerita Menko Mahfud soal Meningkatnya Nasionalisme Bangsa di Tengah Pandemi

Updateinfoo.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam), Mahfud MD menyebut bahwa pandemi corona membuat nasionalisme bangsa kembali meningkat karena adanya de-globalisasi. Selama wabah ini berlangsung, persaingan antar negara begitu terasa, utamanya pada bulan Maret dan April lalu.

"Sekarang itu terasa munculnya peningkatan nasionalisme baru karena adanya de-globalisasi," kata Mahfud dalam webinar bertajuk 'Peran Aktif Pemerintah Daerah dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia', Jakarta, Selasa, (23/6).

Kala itu, semua negara memperebutkan alat pelindung diri (APD) dan berbagai alat kesehatan. Masing-masing negara berupaya mendapatkan untuk bertahan.

"Kita tidak punya peralatan (alat kesehatan), di luar negeri itu susah, rebutan dengan negara besar," kata dia.

Di tengah segala keterbatasan itu kata Mahfud, ternyata anak bangsa mampu menciptakan peluang. Mengganti penggunaan masker medis dengan masker kain. Masker pun diproduksi massal oleh banyak pihak baik oleh pelaku UMKM atau perusahaan besar.

Tak hanya masker, anak bangsa juga membuat ventilator sendiri dengan peralatan yang dimiliki. Begitu juga dengan sektor lainnya, masyarakat bisa mengembangkan berbagai hal karena Indonesia memiliki sumber daya manusia yang unggul.

"Oleh karena itu kita kembangkan ini, apalagi SDM kita luar biasa," kata Mahfud.

UMKM Terdampak


Sektor UMKM memang yang paling terdampak selama pandemi ini. Pemerintah pun telah mengarahkan mereka untuk berpindah ke platform digital. Pemerintah menargetkan 2 juta UMKM bermigrasi menjual produknya di e-commerce.

Sisi lain, pemerintah juga mendorong masyarakat untuk membeli produk buatan Indonesia. Sebab kualitasnya juga tak kalah dengan buatan luar negeri.

Hanya saja dia mengingatkan kepada penjual untuk menjaga kualitas produk secara konsisten. Sebab biasanya pelaku usaha di Indonesia kerap menurunkan kualitas produk jika produknya sudah laris di pasaran.

"Pedagang di kita ini kan seringnya kalau sudah laris kualitasnya dikurangi. Kalau enggak jangan dijual lagi," kata Mahfud.

Hal ini penting menjadi catatan agar pembeli tidak merasa tertipu. "Sehingga masyarakat tidak tertipu dan ini perlu ada kampanye besar-besaran" pungkasnya.

Sumber: merdeka.com

Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Cerita Menko Mahfud soal Meningkatnya Nasionalisme Bangsa di Tengah Pandemi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel