Bola Api Biru Misterius Lintasi Langit, Ada Meteor Jatuh ke Bumi?

Updateinfoo.com - Sebuah bola api berwarna biru melintas di langit malam Pilbara, Australia, pada Senin (15/6) dini hari waktu setempat. Kejadian ini kemudian membuat ilmuwan astronomi kebingungan.

Hingga saat ini, ilmuwan belum berhasil mengidentifikasi tentang objek apa menghasilkan bola api tersebut. Apakah itu adalah sampah luar angkasa yang jatuh ke Bumi, meteor yang masuk ke dalam atmosfer, atau bahkan UFO, ilmuwan belum berhasil menentukan.

“Ini sangatlah spektakuler,” ujar ilmuwan dari Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO)-NASA, Glen Nagle. “Orang-orang telah menangkap sesuatu yang sangat spesial di sini,” lanjut Nagle.

Video dan foto tentang bola api biru ini memang tersebar dan viral di media sosial. Salah satunya adalah Perth Observatory yang mengunggah foto bola api tersebut di akun Instagram-nya.
Beberapa teori pun bermunculan ihwal kejadian unik ini. Ada yang mengatakan bahwa bola api itu adalah hasil buatan manusia. Namun, peneliti dari Curtin University, Renae Sayers, membantahnya.

“Apa yang cenderung kita lihat, ketika objek seperti sampah luar angkasa, atau satelit yang terbakar, kita akan melihat percikan api,” terang Sayers, dilansir ABC.

“Hal tersebut terjadi karena banyak benda yang terbakar, maka Anda akan melihat panel surya hancur bertebaran, logam berhamburan dan terbakar melewati atmosfer,” lanjutnya.

Sayers berpendapat bahwa meteor menjadi kandidat yang lebih mungkin untuk menimbulkan bola api seperti itu.

Bentuk bola api tersebut yang memiliki ekor yang panjang mengindikasikan bahwa meteor menjadi objek yang menghasilkan bola api ini. “Garisnya cukup kuat, kita tidak melihat banyak fragmentasi,” ujar Sayers.

Sayers menyebut bahwa belum lama ini, sebuah penelitian pernah membahas tentang bola api yang mirip dengan apa yang terjadi di Australia.

“Pada awal tahun ini, kami membagikan hasil penelitian mengenai bola api yang benar-benar masuk ke dalam atmosfer bumi, terbakar 1.300 kilometer di langit Australia dan kembali ke luar angkasa begitu saja, itu amat mirip dengan apa yang kita lihat sekarang,” tutup Sayers.

Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Bola Api Biru Misterius Lintasi Langit, Ada Meteor Jatuh ke Bumi?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel