Berdasar Penelitian, Ini Manfaat Makan Malam Lebih Sore

Updateinfoo.com -  Jam makan malam merupakan sebuah hal yang menjadi perhatian bagi banyak orang. Jam makan malam yang tepat ini dipercaya bisa mempengaruhi berbagai macam hal termasuk berat badan.

Makan lebih malam terutama hingga tengah malam diektahui bisa membuat seseorang cepat gendut. Dilansir dari Medical Daily, sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa makan terlalu malam bisa mempengaruhi metabolisme ketika tidur.

Makan tengah malam berhubungan dengan munculnya obesitas dan sindrom metabolisme. Hal ini diketahui berdasar penelitian terbaru yang dipublikasikan pada Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism.

Pada penelitian tersebut, 20 partisipan yang sehat makan malam baik pada jam 10 malam atau jam 6 malam. Para partisipan juga diminta untuk mengubah jam tidur dari jam 11 malam hingga jam 7 pagi.

Kedua kelompok diminta mengonsumsi makanan makronutrisi dengan kandungan karbohidrat 50 persen, lemak 35 persen, serta kalori 35 persen. Partisipan penelitian diperiksa semalaman dengan melihat lemak tubuh, sample darah tiap jam, serta pola tidur. Mereka juga diminta mengonsumsi makanan dengan label non-radioaktif untuk mengukur jumlah lemak dibakar.

"Secara rata-rata, tingkat puncak glukosa setelah makan lebih malam adalah 18 persen lebih tinggi, serta jumlah lemak yang dibakar dalam semalam menurun hingga 100 persen dibanding makan malam lebih awal. Dampak yang muncul pada partisipan yang lebih sehat mungkin muncul dibanding orang dengan obesitas atau diabetes yang sebelumnya telah mengalami penyesuaian metabolisme," terang peneliti Chenjuan Gu, M.D., Ph.D. dari Johns Hopkins University.

Makan lebih malam bisa membuat waktu tubuh untuk mencerna makanan bertumpuk dengan siklus tidur dan ritme sirkadian alami. Partisipan yang makan lebih malam jumlah memiliki glukosa lebih tinggi ketika terbangun.

Perubahan pada tidur dialami oleh mereka yang terbiasa tidur ebih awal ketika makan lebih malam. Sedangkan pada mereka yang biasa begadang, makan lebih alam tidak memiliki dampak yang terlalu besar. 

Sumber: merdeka.com

Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Berdasar Penelitian, Ini Manfaat Makan Malam Lebih Sore"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel