Anies: Kalau Vicon Terus, Agak Sepi Ekonomi Kita di Jakarta

Menggunakan masker, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melaksanakan ibadah salat Jumat di Masjid Fatahillah Balai Kota, Jakarta di hari pertama masa PSBB transisi, Jumat (5/6).

UpdateInfoo.com -   Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pertemuan virtual via video conference (vicon) yang dilakoni berbagai pihak di masa pandemi ini membawa dampak terhadap sektor ekonomi Ibu Kota. Anies menuturkan maraknya pertemuan virtual membuat perekonomian di Jakarta sepi.

Awalnya Anies membahas soal hikmah di balik wabah Corona (COVID-19), di mana terjadi krisis di sektor kesehatan dan ekonomi, namun terjadi lompatan dari segi pemanfaatan teknologi. Hal itu disampaikan dia dalam seminar Pemerintah Daerah Pemerintah Pusat dan Masyarakat dalam Sistem Pendidikan Nasional yang disiarkan langsung YouTube Voxpopuli Institute Indonesia, Kamis (25/6/2020).

"Salah satu pelajaran menarik dari proses kita menghadapi pandemi, di satu sisi kita ada krisis kesehatan, ada krisis ekonomi tapi di sisi lain kita ada lompatan pemanfaatan teknologi," kata Anies.

Anies memberi contoh semisal acara yang diikutinya ini. Bila tak pandemi, lanjut Anies, tentu akan diselenggarakan secara tatap muka di hotel.

"FGD (focus group discussion) yang diselenggarakan oleh Voxpopuli Institute ini adalah salah satu contohnya. Bila tidak ada pandemi, rasanya seminarnya pasti di hotel, di ruang konvensi, kemudian kita semua datang ada coffee break, ada ngobrol, ada sarapan macem-macem lah itu. Jadi karena ada pandemi kita dipaksa untuk memanfaatkan teknologi yang sudah kita miliki," ujarnya.

"Rasanya laptop yang digunakan untuk acara ini pun adalah laptop yang sudah kita punya sejak dulu-dulu. Kameranya juga itu, TV-nya juga itu. Hanya dengan adanya pandemi ini kita dipaksa untuk memanfaatkan teknologinya," imbuh dia.

Anies kemudian mengungkapkan kekhawatiran soal sepinya geliat ekonomi jika pertemuan dilakukan secara virtual terus-menerus.

"Kalau vicon terus, kalau Kemendikbud bikin acara rembuk pendidikan itu se-Indonesia datang bisa dua sampai tiga ribu orang datang. Itu artinya pergerakan perekonomian di Jakarta gara-gara kita menggunakan vicon maka agak sepi ini ekonomi kita di Jakarta," tutur dia. (dtk)

Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Anies: Kalau Vicon Terus, Agak Sepi Ekonomi Kita di Jakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel