Harapan New Normal Bagi Pariwisata Malang yang Lumpuh Selama 3 Bulan

Kepala Disparbud Kabupaten Malang dr Made Arya Wedhantara

UpdateInfoo.com -  Sektor pariwisata di Kabupaten Malang mulai menyiapkan diri menyambut new normal setelah tiga bulan lumpuh akibat pandemi COVID-19. Penguatan Standar operasional prosedur (SOP) digodok yang nantinya bisa diterapkan saat pemerintah resmi membuka kembali destinasi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang dr Made Arya Wedhantara mengatakan hari ini pihaknya menggelar pertemuan dengan pelaku industri pariwisata dengan tema menyongsong masa transisi new normal pasca penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang berakhir pada 30 Mei 2020 nanti.

"Kita hari ini bertemu dengan pelaku industri pariwisata bagaimana kesiapan mereka memasuki new normal di tengah pandemi COVID-19. Kita juga butuh penguatan SOP jika nanti pemerintah kembali membuka destinasi pariwisata," ungkap Made ditemui di kantornya Jalan Raya Singosari, Kabupaten Malang, Jumat (29/5/2020).

Menurut Made, dunia pariwisata tentunya sangat mengharapkan dengan dibukanya kembali destinasi wisata nanti, justru tidak menambah jumlah warga yang terpapar virus.

Oleh karena itu, perlu dipikirkan langkah-langkah strategis bersama pelaku industri pariwisata bagaimana SOP yang akan diterapkan nantinya.

"Kalau secara keseluruhan untuk penerapan protokol kesehatan semua siap, seperti menyediakan sarana cuci tangan, hand sanitizer sampai kepada ketaatan mengenakan masker. Namun, yang perlu dipikirkan bagaimana SOP menata jaga jarak wisatawan yang berkunjung," tutur Made.

"Kan biasanya wisatawan datang bergerombol atau bersama keluarga. Bagaimana nanti kita mengatur jaga jarak dan mungkin nanti bisa sosialisasikan melalui media sosial untuk cepat diketahui masyarakat," sambung Made.

Dalam informasi terakhir yang diterima, lanjut Made, Kementerian Pariwisata memberikan sinyal kemungkinan kembali membuka destinasi wisata satu bulan pasca penerapan PSBB.

"Tentu kami menunggu secara resmi pemerintah kapan mulai membuka secara resmi destinasi pariwisata. Kalau informasi yang kita terima satu bulan setelah PSBB," tegas Made.

Made menambahkan, setidaknya hampir 5 ribu industri wisata di Kabupaten Malang berhenti beroperasi selama tiga bulan karena pandemi. "Semoga nanti terbayarkan ketika masuk new normal," pungkas Made.

Hadir dalam pertemuan membahas kesiapan industri pariwisata Kabupaten Malang menghadapi new normal diantaranya, PHRI, Perhimpunan Pramuwisata Indonesia, Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA), dan sejumlah pengelola destinasi wisata di Kabupaten Malang. (dtk)

Untuk Mendapatkan Update Berita TERBARU
Follow Kami Juga Di :

Facebook Klik : UPDATE INFO
Instagram Klik : UPDATE INFOO
Telegram Klik : UPDATE INFOO OFFICIAL
Twitter Klik : UPDATE INFOO

Budayakan Membaca Agar Kenali Fakta
Terima Kasih

0 Response to "Harapan New Normal Bagi Pariwisata Malang yang Lumpuh Selama 3 Bulan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel